Mohon tunggu...
Sanad
Sanad Mohon Tunggu... Mahasiswa/Pelajar -

Penulis Cerita Pendek

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen | Saya Mau Jadi Nelayan, Bu!

7 April 2017   11:27 Diperbarui: 7 April 2017   19:00 594
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber ilustrasi: https://statik.tempo.co

"Maksudmu?"  

"Ya,  seharusnya  ia  berkata  jujur,  bahwa  sulit  untuk  anak  -  anak  di  desa  ini  akan  menjadi  seperti  apa  yang  ada  di  kertas  bergambar  lima  orang  itu"  Taslim  menarik  asap  sisa  kreteknya  dalam  -  dalam.

"Mungkin  seharusnya  begitu"  temannya  itu  hanya  menambahkan  saja,  tak  berani  mengguggat  Taslim,  apalagi  lelaki  itu  adalah  nelayan  paling  radikal  di  desa  itu,  taslim  seperti  seorang  Robin  Hood  bagi  pemerintah  yang  berkuasa,  dan  ia  tak  mau  menjadi  bahan  gonggongan  Taslim  sore  itu.

~~~~

Taslim  dikenal  baik  oleh  penduduk  kampung  sebagai  seorang  nelayan  bermental  karang,  karena  bukan  hanya  ombak  yang  dilawannya,  juga  kekuasaan  yang  menjepitnya,  seperti  angin  kencang  dan  ombak  besar  di  bulan  -  bulan  pasang  ia  tak  gentar  melawan,  pernah  suatu  kali  ia  begitu  marah  saat  mendapati  anaknya  menangis  sepulang  dari  sekolah  karena  di  tertawakan  bercita  -  cita  menjadi  petani.  

Meski  geram  ia  tetap  sabar,  sosok  nelayan  selalu  menjadi  momok  paling  tenang  di  tengah  badai  perkara,  pengalaman  mereka  bersama  samudra  memberikan  banyak  pelajaran  mental,  dan  Taslim  sudah  telaten  dengan  hal  itu.  

"Ketauhilah  nak!"  katanya  sore  itu,  suaranya  teduh  seperti  samudra  tidur,  lembut  seperti  buih  gelombang,  sambil  mengusap  air  mata  anaknya  ia  tersenyum,  lalu  berkata  "Tak  banyak  orang  yang  tahan  menghadapi  kesendirian,  semua  orang  suka  dengan  keramaian,  selalu  berharap  hidup  dengan  banyak  pertolongan,  beda  dengan  ayahmu  ini  yang  selalu  sendiri  di  tengah  lautan,  ditertawakan  ombak  dan  gelap  malam,  dan  ayah  tetap  tegar  setegar  karang,  kamu  peluk  cita  -  cita  itu  nak,  jangan  menyerah,  karena  perut  manusia  negeri  ini  tergantung  padamu  kelak!"  

Anak  itu  diam  dipelukan  Taslim  yang  hangat,  sedang  Taslim,  terus  melawan  getirnya  rasa  tidak  mampu  untuk  mewujudkan  cita  -  cita  anaknya,  jika  saja  anaknya  itu  ingin  menjadi  seorang  dokter.

"Saya  mau  jadi  Petani  Pak!"  kata  anak  itu  tersenyum  pada  Taslim.       

       

       

   

               

          

          

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun