Mohon tunggu...
Sanad
Sanad Mohon Tunggu... Mahasiswa/Pelajar -

Penulis Cerita Pendek

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen | Saya Mau Jadi Nelayan, Bu!

7 April 2017   11:27 Diperbarui: 7 April 2017   19:00 594
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Taslim  hanya  tersenyum,  di  tariknya  lagi  sebatang  kretek  dari  saku  celananya.  Kretek  sebelumnya  telah  habis  menjadi  abu,  diam  -  diam  terbawa  kabur  oleh  angin  kencang  dan  ia  tidak  memperdulikannya  seperti  tidak  memperdulikan  tawa  teman  -  temannya  dalam  ingatannya  itu.    

"Saya  membayangkan  waktu  kita  masih  muda  dulu,  soal  cita  -  cita  kita  itu,  apa  kamu  masih  mengingat  itu  semua?"  katanya  menjawab  teka  -  teki  senyum  dan  tawa  yang  merasuki  kepala  temannya  itu.  

"Tentu,  tapi  ada  beberapa  yang  sudah  samar  dikepala!"  sambung  temannya  lagi.

Taslim  kembali  menyungging  senyum,  di  hisapnya  lagi  asap  kretek  yang  menggantung  ditangannya,  lalu  menghembuskan  gumpalan  awan  kecil  dari  bibirnya,  seperti  melepaskan  beban,  juga  kekesalan  bertahun  -  tahun  yang  terpendam.  

"Apa  menurutmu,  aku  tidak  salah  memilih  cita  -  cita?"  Taslim  mengajukan  pertanyaan  yang  membuat  sesak  tiba  -  tiba  menggerogoti  dada  temannya  itu.  

"Maksudmu?"  

"Ya,  soal  cita  -  cita  menjadi  nelayan  itu?"  sambung  taslim  seperti  menyelidik.  

"Ha  Ha  Ha"  temannya  itu  terbahak  -  bahak,  seolah  tau  apa  yang  ada  di  kepala  Taslim,  ia  tiba  -  tiba  saja  membelah  percakapan  serius  itu  dengan  tawa  lebar,  seperti  sekongkol  dengan  ombak  dan  angin  untuk  membuat  keributan.  

"Ada  yang  lucu?"  Taslim  menyela,  seperti  tidak  terima  walau  memang  pada  kenyataannya  itu  memang  lucu  jika  dibayangkan  kembali.  

"Tidak,  tidak  lucu,  hanya  saja  waktu  itu  kita  terlalu  polos  untuk  sadar  bahwa  kota  dan  kemajuan  terlalu  jauh  dari  tempat  ini"  temannya  itu  tiba  -  tiba  saja  menghela  nafas,  seperti  berada  dibatas  antara  tawa  yang  membahana,  juga  kesedihan  yang  dalam  mengingat  semua  kejadian  polos  dimasa  -  masa  itu.  

"Ternyata  pahit  juga,  mengetahui  ibu  guru  kita  itu  menipu  dengan  bahagia  anak  -  anak  kecil  seperti  kita  saat  itu"  tambah  Taslim,  menyambung  perkara  kenangan  tentang  cita  -  citanya  itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun