Mohon tunggu...
Sanad
Sanad Mohon Tunggu... Mahasiswa/Pelajar -

Penulis Cerita Pendek

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen | Saya Mau Jadi Nelayan, Bu!

7 April 2017   11:27 Diperbarui: 7 April 2017   19:00 594
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber ilustrasi: https://statik.tempo.co

Sejak  kecil,  Taslim  memang  sudah  bercita  -  cita  menjadi  seperti  itu.  Ketika  beberapa  anak  -  anak  disekolah  dasar  memilih  untuk  menempuh  cita  -  cita  yang  menginjak  tanah  (Read :  Cita  -  cita  yang  tak  berhubungan  dengan  laut  dan  perairan),  ia  memilih  jalur  ekstreem  yang  juga  sekaligus  menggaruk  geli  perut  kawan  -  kawannya,  yaitu  Nelayan.

Sekarang  puluhan  tahun  kemudian  Taslim  benar  -  benar  mewujudkan  cita  -  citanya.  Ia  begitu  bangga,  juga  membanggakan  hasil  jerih  payahnya  selama  ini,  "Menempuh  dan  meraih  cita  -  cita  itu  tidak  gampang!"  katanya  suatu  kali  dalam  rapat  terpadu  nelayan  se  kabupatennya,  "Bermimpi,  berusaha,  dan  juga  berdoa  untuk  segala  usaha  kita!"  tambahnya  ketika  menutup  pidatonya

~~~~

Di  tepi  pantai  sore  itu,  dengan  pemandangan  ombak  besar  dan  cuaca  buruk  yang  menghimpit  pendapatan  para  nelayan,  Taslim  duduk  menyandarkan  bahunya  di  buritan  perahu.  Selesai  menambal  perahunya  yang  bolong  karena  menabrak  karang  kemarin  malam,  ia  kembali  mengingat  masa  -  masa  kecilnya  dengan  menghembuskan  asap  tembakau  dari  lubang  hidungnya,  masih  ia  ingat  betul  bagaimana  ia  ditertawakan  oleh  kawan  -  kawannya  ketika  menyampaikan  keinginannya  untuk  jadi  seorang  nelayan.  

"Saya  mau  jadi  nelayan,  bu!"  ia  mengacungkan  tangan  selepas  guru  ilmu  sosial  itu  menempelkan  secarik  kertas  dipapan  tulis  berisi  lima  gambar  berbeda.  Ada  polisi,  ada  dokter,  ada  tentara,  ada  astronot,  juga  ada  dukun.  Taslim  tak  memilih  satu  diantara  kelima  yang  di  sediakan  ibu  gurunya  itu,  ia  memilih  jalan  lain.  Meski  sejak  saat  itu  ditertawakan  oleh  teman  -  teman,  bahkan  gurunya  sendiri,  ia  tetap  memeluk  erat  cita  -  citanya  itu  seperti  guling  dan  seorang  lelaki  kesepian  dimalam  hari,  dan  dikabulkannya  beberapa  puluh  tahun  kemudian.

Kabur  dalam  bayang  -  bayang  ingatannya,  ia  masih  bisa  menemukan  Kusnadi  disana,  di  dalam  memorinya.  Teman  sebangkunya  itu  tak  pernah  sependapat  dengan  Taslim  dalam  segala  hal,  termasuk  cita  -  cita.  Kusnadi  menjerumuskan  dirinya  dalam  angan  -  angan  bakal  menjadi  seorang  dokter  spesialis  kesurupan,  maklum  pada  waktu  itu  di  desa  meraka  tinggal  tak  pernah  ada  orang  yang  sakit  lalu  kemudian  berserah  diri  pada  jarum  suntik  dan  resep  obat  dari  dokter.  Kebanyakan  penduduk  dikampung  itu  masih  percaya  pada  ramuan  -  ramuan  tradisional  dan  juga  dukun,  juga  karena  pada  waktu  itu  tak  pernah  ada  dokter  yang  mengunjungi  tempat  itu,  jika  ada  maka  dokter  itu  hanya  akan  sibuk  mengurusi  kekaguman  semua  orang,  karena  untuk  pertama  kali  bersentuhan  dengan  peradaban  kota.  

Kusnadi  pada  akhirnya  berbelok  arah,  dan  memutuskan  untuk  mengubur  seluruh  mimpinya  menjadi  dokter.  Kini  ia  seorang  pegawai  negeri,  berseragam  rapi  setiap  pagi,  dengan  senyum  ramah,  juga  kerja  keras  yang  menguras  otak  dan  tenaga,  untuk  membuat  laporan  keuangan  setiap  harinya.  

Tak  jauh  -  jauh  dari  bayang  -  bayang  tentang  Kusnadi,  dan  setelah  menghembuskan  asap  kretek  selanjutnya,  Taslim  teringat  pada  Wita.  Perempuan  yang  dulunya  bunga  desa  itu  kini  seorang  Makelar  proyek  -  proyek  politik,  Wita  menganggap  dirinya  sebagai  orang  lapangan  dari  pemerintah,  setiap  hari  keluar  masuk  dusun  di  perkampungan  terdalam  dipojok  Sulawesi  untuk  mengumpulkan  data  -  data  diri  dari  orang  yang  akan  mendapatkan  beras  murah.  Meski  terlihat  sederhana,  pekerjaan  itu  ternyata  merenggut  semerbak  wangi  bunga  desa  dari  diri  Wita,  ia  kini  tampil  berbeda  jauh  dengan  ketika  waktu  itu  ia  dengan  penuh  ambisi  bercita  -  cita  akan  menjadi  istri  seorang  polisi,  menjadi  istri  cukup  baginya,  karena  ia  tak  mau  menggenggam  senjata,  terlalu  berbahaya  untuk  suaminya  kelak.  Taslim  tersenyum  geli,  membayangkan  tingkah  laku  Wita  yang  sudah  melewati  masa  pubertasnya  dimasa  -  masa  sekolah  dasar  saat  itu.

~~~~

Angin  dari  utara  mengehempas  rimbunan  daun  ketapang  ditepi  pantai  itu,  salah  satu  dari  rombongan  daun  jatuh  ke  arah  Taslim,  menabrak  lamunannya,  dan  membuat  lelaki  itu  terperanjat  memandang  sekililing.  Ada  seorang  lelaki  lain  disana,  lelaki  itu  sedang  tersenyum  memandang  ke  arah  Taslim,  Taslim  membalas  senyum  itu,  kemudian  lelaki  itu  melanjutkan  senyum  itu  dengan  tawa,  Taslim  kebingungan  dan  lelaki  itu  semakin  menertawakannya.  

"Kamu  kenapa  Lim?"  kata  lelaki  itu  menepuk  bahu  kawannya  yang  hampir  tertidur  di  buritan  perahu,  "Ketawa  -  ketiwi  sendiri,  senyum  -  senyum  seperti  orang  sinting  pula!"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun