Kurniadi Wina Prasetya (46121110099)
Mata Kuliah Kewirausahaan 1Â
Dosen Prof. DR. Apollo Daito, M.Si.Ak.
Sahabat Kompasiana, kali ini Saya akan menyampaikan proposal bisnis CEKER KREZ NYESZ dengan strategi bisnis menggunakan analisa bisnis STP dan 5P.Â
A. Pertama kita bahas tentang STP, yakni singkatan dari Segmentation, Target dan Positioning.Â
1. Segmentation
Pada bagian segmentation saya memilih membidik pasar anak-anak sampai usia dewasa. Pertimbangannya karena Indonesia kaya akan anak-anak dan dewasa. sehingga memiliki pangsa pasar yang luas. Saya memiliki keyakinan bahwa produk  Ceker Kresz Nyesz akan mampu di terima oleh lidah semua kalangan anak usia. Mengenai kelas ekonomi, saya memilih pangsa pasar ekonomi menengah ke bawah. Meski demikian Ceker Kresz Nyesz akan terasa mewah untuk penikmat kalangan ekonomi tersebut.
2. Target
Target penjualan Ceker Kresz Nyesz adalah orang-orang yang melintas untuk ke kantor atau pulang kerja yang menggunakan moda transportasi LRT baik yang ada di Harjamukti Cibubur maupun Dukuh Atas, Jakarta. Pilihan lokasi ini, selain karena sedang booming juga karena pertimbangan kedua tempat ini menjadi ikonnya penduduk muda dengan mobilitas pengguna tranportasi massal yang tinggi. Masih ingatkah Citayam Fasion Week?. Ini salah satu pertimbangannya. Selain itu, target lainnya adalah para driver OJOL baik motor ataupun mobil yang menunggu penumpang. Serta para Gamer yang menghendaki cemilan.
3. Positioning
Ceker Kresz Nyesz memposisikan produknya sebagai cemilan mewah bagi kalangan ekonomi menengah ke bawah, dengan cita rasa resto bintang lima harga kaki lima. Â Ceker Kresz Nyesz akan menjadi teman setia dikala gabut, sendirian atau bersama teman. Saat anda berpikir sendiri itu sedih, maka Ceker Kresz Nyesz akan menghibur anda dengan suaranya yang renyah, rasa yang gurih, elmbut dan nikmat, yang akan membuat anda lebih asoyy dan enjoy.
B. Berikutnya saya akan sampaikan strategi 5P untuk suksesi Ceker Kresz Nyesz ini.Â
1. Product
Ceker Kresz Nyesz terbuat dari ceker ayam pilihan, sehat, halal dan diolah secara higienis, dimasak secara presto sehingga menjadi mudah di gigit dan dikunyah oleh siapa saja yang memakannya. Terdapat tiga varian rasa utama yakni original, keju dan pedas. Produk akan dikemas dalam plastik klip berstiker logo Ceker Kresz Nyesz sehingga memudahkan untuk membawa dan higienis.
2. Place
Saya memilih lokasi penjualan di area stasiun LRT Harjamukti Cibubur dan Dkuh Atas Jakarta. Lokasi tersebut banyak dikunjungi anak-anak hingga orang dewasa yang berpotensi mencoba makanan baru. Jika dirasa cocok maka potensi repeat order akan meningkat. Selain itu area tersebut juga terintegrasi dengan pusat keramaian lainnya seperti perkantoran, mall dan tentunya para driver penunggu penumpang.
3. Person
Sebagai dasar dan awalan bisnis ini minimal akan dijalan kan oleh 3 orang. masing-masing bertugas sebagai pengolah makanan, pengirim makanan, dan penjual makanan.Â
4. Promotion
Media promosi yang akan dipakai antara lain banner, plastik stiker, suara speaker " Ceker Kresz Nyesz..gurih, Nikmat,,Asoooyy!!". Selain itu gerobak dorong juga akan ditempel stiker yang menarik. Sebagai langkah awal akan diberikan spesial promo dengan mengadakan promo buy 1 get 2 untuk pembeli 100 pertama yang dipasang di IG dan buy 1 get 3 bagi yang subscribe medsonya Ceker Kresz Nyesz.
5. Price
Sebagai produk rasa resto bintang lima harga kaki lima Ceker Kresz Nyesz di jual dengan harga Rp. 1.500,-/ceker. Hrapannya dengan harga ini akan mampu menjual 100 ceker per hari.Â
Demikian proposal bisnis ini saya sampaikan. Semoga bisa menjadi inspirasi yang baik bagi sahabat Kompasiana sekalian. Terima kasih.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H