1. M : Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?Â
Secara umum yang saya pikirkan sebelum mempelajarai topik ini status sosial ekonomi merupakan kedudukan yang dimiliki seseorang yang dapat dilihat dari kondisi finansial dan keadaan sosial mereka. Biasanya kondisi finansial dilihat dari penghasilan dan pekerjaan yang akan mempengaruhi keadaan sosialnya dimasyarakat.
2. E : Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?Â
Dari Eksplorasi Konsep yang saya pelajari yakni konsep Status sosial ekonomi (SES) adalah kedudukan sosial atau kelas individu atau kelompok yang dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya pendidikan pendapatan, pekerjaan, dan kekayaan. SES dapat berdampak pada kesejahteraan dan kinerja akademik siswa.Â
Status sosio ekonomi (SES) dalam pendidikan dipengaruhi kedudukan sosial dan ekonomi keluarga. Faktor-faktor seperti pendidikan orang tua dan pendapatan, latar belakang budaya juga  berpengaruh terhadap prestasi pendidikan siswa. Penelitian menunjukkan bahwa status sosio ekonomi dapat mempengaruhi akses ke sumber daya pendidikan, kesempatan belajar, kesehatan dan akhirnya hasil pendidikan individu.
3. R : Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?Â
Pada ruang kolaborasi melalui beberapa video dan sebuah jurnal penelitian kita mempelajari mengenai kesenjangan sosial, ekonomi dan politik yang di alami oleh peserta didik. Video peserta didik yang memiliki status sosial yaitu lingkungan sekitar kurang peduli dengan anak yang tidak mendapat imunisasi 2 tahun pertama merupakan faktor penting mengingat ketika imunisasi tersebut dilengkapi, anak tentu akan mendapatkan antibodi dan terhindar dari berbagai virus.Â
Selain berpengaruh pada kesehatan, ternyata imunisasi lengkap juga bisa membuat anak lebih cerdas sehingga berpengaruh terhadap proses belajar. Selanjutnya ekonomi yang kurang baik dimana siswa yang kurang beruntung terus tertinggal karena kondisi lingkungan yang kurang baik disebabkan sanitasi dan kurangnya air bersih.Â
Faktor ekonomi juga menjadi penyebab anak dapat melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Faktor politik dengan adanya bantuan dari pemerintah secara merata baik berupa PKH, beras sejahtera dan bantuan pangan non tunai sangat bermanfaat bagi keluarga berekonomi yang kurang.
4. D : Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?
Setelah proses demonstrasi kontekstual yang saya pelajari tentang materi tersebut pentingnya peran pemerintah dalam memeratakan bantuan ekonomi dari segi lapangan kerja maupun bantuan dana keluarga pra sejahtera, kemudian untuk kesehatan seperti penyuluhan tentang dampak dan pentingnya vaksi maupun imuniasi, pemberian bantuan pendidikan berupa beasiswa, dan peran komite sekolah yang merupakan narahubung antara wali murid dan sekolah.Â
Selain itu pemilihan komite sekolah sebaiknya tidak asal ditentukan karena komite sekolah sebaiknya dari orang yang dianggap mampu (dari segi background pendidikan dan paham tentang masalah psikologis siswa) agar dapat membantu dan mengarahkan jika terjadi masalah sosial di sekolah.
5. E: Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?
Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ?
Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?
- Sejauh ini yang telah saya pahami adalah faktor sosio ekonomi sangat berpengaruh terhadap pendidikan seorang anak. Status sosial ekonomi seperti pendidikan orang tua dan pendapatan secara langsung berpengaruh terhadap prestasi dan pendidikan siswa. Prinsip kesetaraan dan keadilan juga harus digaungkan pemerintah dalam hubungan kemasyarakatan agar memberikan keterampilan hidup dan pendidikan yang layak serta merata bagi seluruh siswa.
- Yang baru saya pahami adalah peran kementerian ternyata aktif dalam memberikan bantuan sosial kepada masyarakat yang kurang mampu, namun mungkin saja untuk pendistribusian bantuan tersebut di setiap daerah terdapat oknum-oknum yang kurang bertanggung jawab sehingga dalam realisasinya mengalami keterlambatan atau bahkan pengurangan sehingga masyarakat tidak mendapatkan haknya secara penuh dan merata.
- Yang ingin saya ketahui lebih adalah peran komite dalam permasalahan yang berkaitan dengan SES dan langkah strategis yang komite sekolah dalam mengatasi masalah- masalah yang terjadi di sekolah.
6. K: Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain? Koneksi materi mata kuliah ini sangat relevan dengan matakuliah PPL I karena di dalam PPL I sebagai seorang guru harus memperhatikan SES siswa.Â
Ketika kita terjun dalam PPL pengaplikasian materi perkuliahan ini sangat bermanfaat bagi kami karena sebelum masuk dalam kegiatan pembelajaran kita sebagai pengajar harus memperhatikan kondisi dan latar belakang siswa dari segi sosial, budaya, ekonomi maupun politik untuk selanjutnya dapat melangkah merancang kegiatan belajar yang relevan dan mendukung siswa.
 Degan mempelajari materi ini kita juga bisa melakukan pendekatan-pendekatan yang relevan terhadap masalah terkait siswa di sekolah sehingga solusi permasalah dapat ditentukan dengan baik.
7. Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?
Sangat bermanfaat agar menjadi guru yang memiliki kompetensi profesional yang baik, materi pembelajaran ini sangat menunjang untuk saya meraih hal tersebut. Materi ini merupakan salah satu fondasi yang harus ditanamankan secara kuat sebelum saya melangkah untuk menjadi guru agar saya mampu mengambil solusi terbaik dari permasalah di kelas dikemudian harinya.
Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya? saya menilai diri saya dengan angka 7,5 karena saya masih perlu belajar dalam hal teori maupun dalam implementasinya. Saya perlu menggali permasalah-permasalahan terkait perspektis sosiokultural di sekolah sehingga saya bisa belajar dari pengalaman tersebut meskipun guru terbaik adalah pengalaman yang dilakukan sendiri.
Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal? yang saya perlu persiapkan adalah data siswa dan berkomunikasi dengan siswa untuk memahami latar belakangnya melalui observasi dalam PPL I. Menjalin kedekatan dan bonding dengan peserta didik juga adalah salah satu upaya yang perlu saya lakukan untuk bisa memahami dan mencari solusi permasalahan dalam kelas.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H