1. M : Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?Â
Secara umum yang saya pikirkan sebelum mempelajarai topik ini status sosial ekonomi merupakan kedudukan yang dimiliki seseorang yang dapat dilihat dari kondisi finansial dan keadaan sosial mereka. Biasanya kondisi finansial dilihat dari penghasilan dan pekerjaan yang akan mempengaruhi keadaan sosialnya dimasyarakat.
2. E : Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?Â
Dari Eksplorasi Konsep yang saya pelajari yakni konsep Status sosial ekonomi (SES) adalah kedudukan sosial atau kelas individu atau kelompok yang dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya pendidikan pendapatan, pekerjaan, dan kekayaan. SES dapat berdampak pada kesejahteraan dan kinerja akademik siswa.Â
Status sosio ekonomi (SES) dalam pendidikan dipengaruhi kedudukan sosial dan ekonomi keluarga. Faktor-faktor seperti pendidikan orang tua dan pendapatan, latar belakang budaya juga  berpengaruh terhadap prestasi pendidikan siswa. Penelitian menunjukkan bahwa status sosio ekonomi dapat mempengaruhi akses ke sumber daya pendidikan, kesempatan belajar, kesehatan dan akhirnya hasil pendidikan individu.
3. R : Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?Â
Pada ruang kolaborasi melalui beberapa video dan sebuah jurnal penelitian kita mempelajari mengenai kesenjangan sosial, ekonomi dan politik yang di alami oleh peserta didik. Video peserta didik yang memiliki status sosial yaitu lingkungan sekitar kurang peduli dengan anak yang tidak mendapat imunisasi 2 tahun pertama merupakan faktor penting mengingat ketika imunisasi tersebut dilengkapi, anak tentu akan mendapatkan antibodi dan terhindar dari berbagai virus.Â
Selain berpengaruh pada kesehatan, ternyata imunisasi lengkap juga bisa membuat anak lebih cerdas sehingga berpengaruh terhadap proses belajar. Selanjutnya ekonomi yang kurang baik dimana siswa yang kurang beruntung terus tertinggal karena kondisi lingkungan yang kurang baik disebabkan sanitasi dan kurangnya air bersih.Â
Faktor ekonomi juga menjadi penyebab anak dapat melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Faktor politik dengan adanya bantuan dari pemerintah secara merata baik berupa PKH, beras sejahtera dan bantuan pangan non tunai sangat bermanfaat bagi keluarga berekonomi yang kurang.
4. D : Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?
Setelah proses demonstrasi kontekstual yang saya pelajari tentang materi tersebut pentingnya peran pemerintah dalam memeratakan bantuan ekonomi dari segi lapangan kerja maupun bantuan dana keluarga pra sejahtera, kemudian untuk kesehatan seperti penyuluhan tentang dampak dan pentingnya vaksi maupun imuniasi, pemberian bantuan pendidikan berupa beasiswa, dan peran komite sekolah yang merupakan narahubung antara wali murid dan sekolah.Â