Mohon tunggu...
Christian Patience
Christian Patience Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Beginner

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Sejarah Internet dan Pemanfaatannya di Dunia Bisnis

4 September 2021   14:51 Diperbarui: 4 September 2021   14:53 232
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : http://guruprasad.net/wp-content/uploads/2015/12/internet2.jpg

Dewasa ini penggunaan internet sudah tidak terpisahkan dari keseharian manusia. Beragam informasi dalam jumlah yang banyak dapat kita terima maupun kita sampaikan kepada pengguna internet lainnya. 

Berbagai aspek kehidupan didukung dengan penggunaan internet salah satunya dalam dunia Bisnis. Agar dapat lebih memahami internet beserta implikasinya di dunia perdagangan online, mari kita simak sejarahnya!

Sejarah awal mula Internet

Internet sendiri merupakan singkatan dari Interconnected-networking yang merupakan jaringan komputer di seluruh dunia yang saling terhubung melalui str Internet Protocol Suite atau lebih dikenal dengan (TCP/IP) dan berfungsi melayani penggunanya di seluruh dunia (Ghani, 2013, h. 68).

Pada 1957 Departemen Pertahanan Amerika Serikat membangun ARPA atau Advanced Research Projects Agency.

Pada awalnya ARPA hanya digunakan sebatas keperluan militer saja, namun pada pertengahan tahun 1960-an ARPA mulai melakukan kerjasama dengan beberapa Universitas terkemuka. 

Universitas-universitas tersebut seperti UTAH, UCLA, UCSB, SRI dan kemudian membangun jaringan yang mengubungan empat universitas tersebut yang disebut dengan ARPANET.

Pada 1980 ARPANET terus mengalami peningkatan pesat, seperti masuknya jaringan tambahan khususnya LAN (Local Area Network) yang berfungsi menghubungkan perangkat yang berada dalam daerah jangkauan 200 meter. 

Setelah kemunculan LAN kemudian disusul dengan DNS (Domain Naming System) yang dapat mempermudah memetakan penamaan host.

Dan pada awal 1990-an jangakauan internet semakin luas dengan adanya bantuan dari fitur WWW atau World Wide Web. Dengan adanya WWW makan sebuah situs dapat memuat gambar, teks, video dan suara dengan cara menempatkan link yang menuju ke halaman lainnya. 

Perkembangan tersebut membawa lebih banyak orang untuk menggunakan internet dan terus berkembang hingga sekarang. (Sumargono, 2011).

Pemanfaatan Internet dalam Dunia Bisnis

Di era perkembangan teknologi saat ini, terdapat salah satu hasil dari implementasi internet yang berguna dalam dunia bisnis yaitu, electronic commerce atau biasa disingkat e-commerce. E-commerce sendiri merupakan proses jual-beli produk, jasa maupun informasi yang dilakukan melalui jaringan internet (Wibowo, 2014, h. 96).

Dalam e-commerce para pelaku perdagangan mendapat beberapa keuntungan dalam proses jual-beli yang dilakukan. 

Keuntungan-keuntungan tersebut diantaranya adalah, jangkauan yang luas, distribusi produk cepat, bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja  selama berada dalam jangkauan jaringan internet serta adanya pemangkasan biaya operasional.

Selain itu beberapa perusahaan juga menawarkan sistem pembayaran yang lebih mudah melalui e-wallet yang merupakan penyimpanan uang secara online dan dapat digunakan untuk transaksi online.

Dengan adanya e-commerce maka tingat keberhasilan suatu produk dapat dengan mudah ditingkatkan dengan kemudahan-kemudahan transaksi yang ditawarkan bagi kedua pihak. 

E-commerce juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas perekonomian negara karena jangkauannya tidak hanya dalam satu wilayah saja, namun dapat menjangkau negara-negara di seluruh dunia.

Contoh-contoh e-commerce yang beroperasi di seluruh dunia seperti Amazon, eBay, Shoppee, Tokopedia dan lainnya.

Selain melalui e-commerce kegiatan perdagangan online juga dapat dilakukan melalui situs web dan juga melalui media sosial (seperti Facebook, Instagram dan Twitter). 

Pemasaran produk melalui media online dinilai lebih menguntungkan dibandingkan dengan pemasaran secara offline.

Oleh karena itu para pelaku bisnis pada masa kini biasanya tidak hanya memasarkan produknya secara langsung, tapi juga menggunakan media internet seperti e-commerce, media sosial, situs web ataupun media lainnya yang berbasis internet.

Daftar Pustaka

Gani, Alcianno. (2013). Sejarah dan Perkembangan Internet di Indonesia. Beranda, 5(2), 68-71.

Sumargono. (2011). Sejarah dan Perkembangan Internet dan Kebutuhan Informasi dalam Dunia Pendidikan. Teknologi, 1(1).

Wibowo, E. (2014). Pemanfaatan Teknologi E-Commerce dalam Proses Bisnis. Equilibria, 1(1), 95-108.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun