SALAH satu penanda kehidupan budaya sebuah kota adalah literasi.Beberapa kota menghadirkan peristiwa literasi secara berkala, antara lain Ubud Writers & Readers Festival, Makassar International Writers Festival 2018, Â Borobudur Writers & Cultural Festival.
Di jaman now, pergerakan literasi tak dapat dipisahkan dari aktivitas blogger.Salah satunya Kompasiana. Sejumlah penulis di Kompasiana yang berdomisili di Malang dan sekitarnya menautkan diri dalam komunitas Bolang (Blogger Kompasiana Malang). Sebagai anggota Bolang, saya berusaha hadir dalam kegiatan off air yang dihelat Bolang.
Saya ingin mendapatkan asupan baru untuk kiat-kiat menulis di Kompasiana, lebih akrab dengan mitra kerjasama Bolang dan silaturahmi dengan anggota Bolang. Berdasarkan data dari salah satu pengurus Kompasiana, anggota Kompasiana di Malang tercatat 6 ribu orang. Wow !
 Â
"Kalau ingin maju, menulislah. Masa depan ada di pikiran, gagasan."
Inovasi Marketing Online adalah kegiatan Bolang Talkshow bekerjasama dengan JNE, salah satu jasa pengiriman. Untuk mengikuti Bolang Talkshow  mudah saja. Punya akun di Kompasiana. Sebisa mungkin gabung di WA Group Bolang-Ngumpul. Ini cara yang lebih praktis.  Sebelumnya, saya selalu mendaftar lewat Kompasiana kalau ingin hadir sebagai peserta dari kegiatan yang diadakan Bolang. Setelah mendaftar, harus sabar menunggu konfirmasi apakah lolos sebagai peserta atau tidak. Dengan menjadi anggota WA Group Bolang-Ngumpul, kepastian sebagai peserta kopdar Bolang lebih terjamin. Ingin gabung WA Group Bolang-Ngumpul ? Cukup mengirim tautan alamat Kompasiana dan dikirim ke nomor wa: 081803230472.
Bolang Talkshow: Inovasi Marketing Online menghadirkan narasumber  Sarifah Nazriah (Public relation JNE Malang), Niken Paramita (Pelaku bisnis online), Ikrom Zain (Kompasioner) dan Hariadi ( Bolang). Diadakan Minggu, 28 Oktober 2018 pukul 18.00-21.00 di Hotel Atria Jalan Letjen S.Parman 87-89 Malang.
Pak Yunus Muhammad Nasuha, Pimpinan Blogger Kompasiana Malang membuka acara. Singkat namun bernas. "Dengan semangat Bolang berbagi, acara ini diadakan sebagai wujud berbagi ilmu kepada sesama."
Sarifah Nazriah, Humas JNE Malang (menggantikan Bapak Whindiarto Yudhistira, Kabag Sales dan Marketing JNE) menguraikan data-data  dan layanan-layanan terbaru JNE. "Untuk menjadi anggota JNE LOYALTY CARD cukup registrasi melaui Jlc.jne.co.id. Dengan kartu JLC setiap mengirim paket melaui JNE akan mendapat 1 poin senilai 25 ribu, untuk transaksi sebanyak 250 ribu rupiah. Ada undian dengan hadiah menarik bagi pemegang kartu JLC,"papar Sarifah Nazriah.
![Poster Bolang Talkshow: Inovasi Marketing Online. Dok.Pribadi](https://assets.kompasiana.com/items/album/2018/11/07/whatsapp-image-2018-11-07-at-11-56-18-5be276cfc112fe460a1b0b04.jpeg?t=o&v=770)
Narasumber berikutnya adalah Ikrom Zain, anggota Bolang.Dalam forum Bolang-Talkshow: Inovasi Marketing Online, Ikrom Zain berbagi Tips Menulis Konten Kreatif di Kompasiana.Ada 5 poin yang disampaikannya: (1)Perjalanan Menulis, (2)Mengapa Memilih Kompasiana, (3) Konsistensi Ngeblog, (4) Menemukan Ide dan (5) Prinsip dasar konten kreatif dan berkualitas.Ikrom Zain menuturkan bahwa menulis dengan hati senang, bahagia, dan gaya sendiri adalah resep membuat konten berkualitas. Sepakat !
Ikrom Zain mulai menulis di Kompasiana sejak 1 Maret 2013. "Tutor Bimbel. Hanya seorang pribadi yang suka menulis. Tulisan lain bisa dibaca di www.ikromzain.com", begitu teks yang tertulis pada bio di akun https://www.kompasiana.com/ikromzzzt. Tulisan-tulisan Ikrom Zain menjadi langganan Artikel Utama dan memenangi kompetisi blog. Sebagai contoh tulisan bertajuk Sakit saat Kuliah Kimia, Bahan Alam Menyadarkanku akan Khasiat Lebih Tolak Angin menjadi salah satu pemenang Blog Competition Tolak Angin.
Tulisan-tulisan Ikrom Zain telah diterbitkan dalam buku berjudul  Menapak Bumi Menggapai Langit, Ikamisa Writing Project, Penerbit Gelaran Buku Jambu, 2017 dan Presiden Jokowi Harapan Baru Indonesia, Kompasiana, Elex Media Komputindo, 2014.
Sebagai narasumber pamungkas, Hariadi membawakan materi Optimalisasi konten di media sosial. Hariadi mulai menulis di Kompasiana sejak 3 September 2010. Pada akun  https://www.kompasiana.com/selamethariadi, dia menulis : HARIADI-Domisili Jawa Timur. Manusia yang ingin SELALU menulis segala sesuatu yang BERMANFAAT. Suka Mencarai Hal baru serta Sharing segala yang BERMANFAAT. Mari Bersahabat ! Follow@seHARIADI di Twitter. Weblog: www.SelametHariadi.Com.
Mas Selamet, demikian saya biasa menyapanya di Bolang, meminta pendapat dari tiga peserta tentang konten.Brian (Batu Local Guides), Ivon (Emak Blogger), Bu Majawati Oen (Balang).Mas Slamet merangkum bahwa untuk Optimalisasi konten di media sosial membutuhkan dua hal (1) konten yang memuat hal positif dengan data dan riset akurat, (2) konten bercerita yang membuat pembaca betah menikmati. Konten meliputi tulisan, foto dan video.
Pak Iwan Nugroho, anggota Bolang dan dosen Pascasarjana pada salah satu kampus di Malang menutup acara dengan nasihat bijak ,"Kalau ingin maju, menulislah.Masa depan ada di pikiran, gagasan."
Bolang Ngumpul makin mbois dengan berbagai souvenir yang disediakan JNE Malang dan Smartfren Community Malang.50 peserta mendapatkan goodiebag dan souvenir dari JNE dan Smartfren Community Malang.
Epilog
Saya mulai menulis di Kompasiana sejak 27 Juli 2014. Beberapa kali ikut kopdar Bolang di Malang. Baik yang diadakan Bolang maupun digelar Kompasiana dengan lokasi kegiatan di Malang.
(1)Kompasiana Nangkring bersama Lembaga Penjamin Simpanan "Pentingnya Mengelola Keuangan dalam Industri Kreatif", 19 Agustus 2017 di Hotel Santika Premiere Malang;
(2)Kompasiana Nangkring bersama Kementerian Agama tema Kenali #HalalKita, Jumat, 24 November 2018 di Ria Djenaka Jalan Bandung 5 Kota Malang;
(3)Kopdar Komunitas Bolang di Pasar Raya Baznas Kota Malang, Jalan Gajahmada, Minggu, 17 Desember 2017;
(4)Malang Sejuta Kopi, April 2018;
(5)Kampung Tematik Kota Malang, April 2018.
Semua kegiatan Bolang dan Kompasiana Nangkring yang saya ikuti menarik. Semuanya memberikan manfaat dalam proses menulis di Kompasiana.
Beberapa hal menarik dari kegiatan Bolang Talkshow: Inovasi Marketing Online bersama JNE di Hotel Atria Malang, Minggu, 28 Oktober:  (1)Tema aktual; (2) Dua narasumbernya dari Bolang; (3)Hotel Atria Malang sebagai tempat kegiatan sangat menarik. Fasilitasnya mewah. Lokasinya mudah dijangkau terletak di jalan raya Malang-Surabaya. Parkir luas. Menyediakan makan malam yang nikmat. Fasilitas wifi gratis. Ruang Private bar sebagai tempat kegiatan sangat nyaman. Tersedianya kopi dan teh selama kegiatan berlangsung; (4) goodiebag dan souvenir dari JNE Malang dan Smartfren Community Malang juga menarik; (5) silaturahmi dengan berbagai  komunitas blogger di Malang dan anggota Bolang.
Blogger Kompasiana Malang (Bolang) sebagai salah satu lini pergerakan literasi di Malang telah melakukan aktivitas kongkrit.
Di masa mendatang, Â boleh jadi kegiatan Blogger Kompasiana Malang akan menjadi inspirasi untuk perhelatan Malangkucecwara Writers & Cultural Festival. Bagaimana menurut Sampeyan?
Bagaimana menurut Sampeyan?
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI