Mohon tunggu...
Sri Kuntoro Jati
Sri Kuntoro Jati Mohon Tunggu... Akuntan - Work hard, pray and always be grateful

Interested to Accounting,Finance and Tax

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Apa Aja Sih Skill Komputer yang Dibutuhkan Tenaga Akuntansi?

14 November 2021   18:58 Diperbarui: 15 November 2021   10:44 1482
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dewasa ini, banyak sekali lulusan diploma akuntansi dan sarjana akuntansi. Tentunya peluang untuk bekerja dibidang terkait dengan jurusannya adalah 50% menjadi staff akuntan, dan 50% nya menjadi staff finance, atau bekerja di staff bank.

Dengan kita lulusan akuntansi, kita tentunya bercita-cita setelah lulus menjadi staff akuntan disebuah perusahaan. Dimana staff akuntan ini dinilai memiliki peluang besar karena disetiap perusahaan sangat membutuhkan staff akuntan.

Staff akuntan ini biasanya mengerjakan transaksi-transaksi disebuah perusahaan baik dari kas kecil, kas besar, maupun transaksi dibank. Staff akuntan harus membuat laporan keuangan sebuah perusahaan dalam setiap periode tertentu.

Bagaimana bisa sukses didalam posisi staff akuntan ini, tentunya harus memiliki bekal ilmu, skill,dan tentunya pengalaman didunia kerja. Ilmu tentu kita dapatkan di bangku perkuliahan, skill kita dapatkan melalui pendidikan perkuliahan yaitu hardskill,dan juga melalui organisasi-organisasi seperti softskill. Softkill tersebut terdiri dari ilmu public speaking,kepemimpinan,dan ilmu time management. Pengalaman bisa kita dapatkan dalam dunia magang dan dunia pekerjaan.

Skill hardskill jurusan akuntansi yang harus dimiliki yaitu harus menguasai Microsoft Office. Apasih Microsoft office itu? Microsoft Office adalah Program aplikasi pengolah data. Seperti Microsoft Word pengolah kata,Microsoft Excel pengolah angka, dan Microsoft Power Point untuk menampilkan data dalam bentuk animasi presentasi.

Lulusan Akuntansi ini harus menguasai Microsoft office semuanya. Tetapi, dalam dunia kerja lulusan akuntansi sering menggunakan Microsoft Excel. Rumus Microsoft Excel yang sering digunakan dalam pekerjaan akuntansi yaitu :

1.Fungsi dasar yaitu Fungsi Statistik seperti SUM, AVERAGE,MAX, MIN dan COUNT.

2.Fungsi String seperti LEFT,MID,RIGHT,LEN,LOWER,UPPER,dan PROPER.

3.Fungsi Logika seperti HLOOKUP dan VLOOKUP.

Ketiga fungsi diatas sering sekali digunakan tenaga akuntansi dalam pekerjaannya. Berikut rumus dan kegunaan ketiga fungsi diatas :

1.Fungsi Statistik

=SUM(Range), digunakan untuk menjumlahkan data dalam range

=AVERAGE(Range), digunakan untuk mencari nilai rata-rata dalam range

=MAX(Range), digunakan untuk mengetahui berapa nilai yang terbesar dalam range

=MIN(Range), digunakan untuk mengetahui berapa nilai terkecil dalam range

=COUNT(Range), digunakan untuk mengetahui jumlah data dalam range

2.Fungsi String

=LEFT(Range), digunakan untuk mencari angka disebelah kiri

=MID(Range), digunakan untuk mencari angka ditengah

=RIGHT(Range), digunakan untuk angka disebelah kanan

=LEN(Range), digunakan untuk menjumlahkan berapa angka/huruf didalam range

=LOWER(Range), digunakan untuk mengecilkan tulisan data

=UPPER(Range), digunakan untuk membesarkan tulisan data

=PROPER(Range). digunakan untuk membesarkan huruf awal tulisan data

3.Fungsi Logika

=IF(ekspresi_logika,perintah 1,perintah 2), digunakan jika ada pernyataan ekspresi logika yang mempunyai perintah diantara salah atau benar, missal "true/false"

=OR(logical1;logical 2;,,), digunakan untuk menguji beberapa kondisi pada saat bersamaan. Rumus OR akan menghasilkan TRUE jika beberapa argument bernilai benar dan FALSE jika semua argument salah.

=AND(logical1;logical2;,,,), digunakan untuk menghasilkan nilai TRUE, jika semua argument yang diuji bernilai benar. Jika FALSE, maka semua atau salah satu argument bernilai salah.

=VLOOKUP(Nilai_kunci,letak_table,nomor_kolom,tipe_data), digunakan pembacaan dalam bentuk vertical.

=HLOOKUP(Nilai_kunci,letak_table,nomor_baris,tipe_data), digunakan pembacaan dalam bentuk horizontal.

Mempelajari rumus-rumus excel tersebut menjadi keharusan apabila kita ingin bekerja dibidang apapun terutama anda sebagai lulusan Akuntansi yang ingin bekerja menjadi Staff Akuntan. Bahkan, sekarang ini melamar pekerjaan didalam proses wawancara kerja, pertanyaan mengenai Skill Microsoft Excel pasti akan ditanyakan dan menjadi sebuah pertimbangan oleh HRD atau User dalam suatu perusahaan.  

Selain Skill Microsoft Office yang harus dikuasai, Software Akuntansi harus dikuasai juga oleh lulusan Akuntansi. Software Akuntansi digunakan untuk mencatat transaksi seperti menjurnal,pembukuan dan menyusun laporan keuangan dengan otomatis.

Lalu ada apa saja di software akuntansi?

Yang pertama, Software Accurate.

Software ini menawarkan dua  paket software akuntansi, yaitu Accurate Online dan Accurate 5 Desktop untuk profesional bisnis yang ingin mengotomatisasi manajemen keuangan. Dengan Accurate 5 Desktop, pelanggan hanya perlu berlangganan  dan menyimpan data ke sistem cloud setiap bulan, tetapi Accurate 5 Desktop mengharuskan pengguna untuk membeli software ini terlebih dahulu dan menyimpan data ke komputer mereka. Meskipun Accurate lebih cocok  sebagai sistem akuntansi back office, software ini juga dapat digunakan untuk manajemen penjualan. Fitur terpenting dari software ini termasuk manajemen surat penawaran, manajemen pesanan penjualan, pembuatan dokumen perjalanan, pembuatan faktur, dan manajemen piutang. Accurate dapat membaca kode batang (barcode) melalui pemindai (scanner), tetapi sistem ini tidak dapat mencetaknya.

Kedua, Software MYOB.

Sebelum munculnya Software Accurate dan Zahir, software ini telah menguasai pasar software keuangan Indonesia, dan pernah digunakan sebagai tempat magang di lab akuntansi di beberapa lokasi besar. Namun, banyak perusahaan telah beralih dari MYOB ke Accurate karena fitur yang diproduksi dari luar negeri. Hal ini karena Accurate merilis pembaruan perangkat lunak sehingga dapat merespon lebih cepat terhadap perubahan peraturan akuntansi dan perpajakan Indonesia.

Ketiga, Software Zahir.

Software Zahir merupakan salah satu software akuntansi yang banyak digunakan di Indonesia yang menawarkan fitur dan modul yang hampir sama dengan Accurate Software. Yang membedakan disini yaitu, Accurate Software  menjual paket lengkap, sedangkan Zahir menjual software untuk setiap modul yang dibutuhkan perusahaan. Selain itu, Zahir menggunakan dongle (sejenis USB) yang perlu disambungkan ke komputer untuk mengontrol penggunaan lisensi. Ini berbeda dari Accurate yang hanya tinggal memasukkan nomor kode lisensi ke dalam program. Software Zahir  juga banyak digunakan sebagai mata kuliah magang di laboratorium komputer akuntansi di beberapa universitas.

Nah, itu tadi merupakan software - software yang dibutuhkan dalam bidang akuntansi. Jadi, untuk calon akuntan, harus menguasai Skill Microsoft Excel dan mengenal software akuntansi serta mempelajarinya agar dapat menjadi akuntan yang profesional.

Semoga bermanfaat!

Penulis,

1.Sri Kuntoro Jati (201011250113)

2.Tiara Adilia Nirwana Putri (201011250108)

Dosen : Mawardin Nurullah S.E.,M.Pd

Universitas Pamulang

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun