Semakin menarik dan mencerahkan dalam webinar Diklat online tentang Merancang Kelas Berbasis Proyek sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila hari ketiga (Day#3) dengan Narsum : Ibu Nurul Bahirah, MA.
Dengan pengalaman beliau di Newcastle University sebagai tim riset tentang dampak dari pembelajaran berbasis proyek sangat luar biasa dan menambah kejelasan yang selama ini gamang apa itu pembelajaran berbasis proyek, apakah bedanya dengan proyek yang selama ini sudah dilakukan oleh guru.
Sebenarnya proyek atau kegiatan pembelajaran yang di programkan guru bermula dari menjelaskan masalah baru siswa akan melaksanakan proyek, tinggal merubah konsepnya yaitu siswa diberikan masalah kemudian siswa mengajukan solusi melalui proyek untuk menyelasaikan masalah tersebut. Peran guru sebagai jembatan atau fasilitator siswa.
Sedangkan dalam PjBL yang membedakan secara fundamental berkualitas tinggi ada 3 yaitu :
Kemudian yang lebih gamblang tentang Proses PjBL diberikan contoh proyek dan simulasi proyek oleh Volunter dari peserta secara live/lanhsunh untuk mengisi form yang telah diaediakan, hal ini sangat membantu kepada kita semuanya bagaimana untuk memulai menyusun proyek.
Sedangkan cara menyusun proyek sebagai berikut :
Sehingga guru akan memudahkan untuk mengaplikasikan perencanaan proyek.
Tugas akhir dari proyek adalah asesmen terhadap siswa melalui rubrik.
 Materi berikutnya ada di Day#4.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H