Mohon tunggu...
Kun Ali Afridi
Kun Ali Afridi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah seorang mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pasar Ritel, Persaingan, Strategi Penjualannya

27 Oktober 2023   05:01 Diperbarui: 27 Oktober 2023   05:07 89
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Apa itu Pasar ritel?

Pasar ritel atau bisnis ritel merupakan usaha yang didalamnya terdapat penjualan barang dan jasa kepada konsumen dengan cara di ecer atau satuan.

Pasar ritel memiliki beberapa karakteristik sebagai berikut :

1.Transaksi secara langsung

Bisnis ritel merupakan bisnis yang dimana kita harus melakukan transaksi secara langsung dengan para konsumen,  sehingga bisnis ini sekaligus menjadi cara untuk kita mengetahui karakter konsumen dan keadan pasar secara langsung.

2.Memerlukan Sistem pembayaran yang mudah

Bisnis ini memerlukan sistem pembayaran yang mudah karena kita dihadapkan secara langsung dengan konsumen sehingga memerlukan proses transaksi yang cepat dan mudah agar konsumen tidak lama menunggu.

3.Perlu pemahaman tentang harga pasar

Untuk terjun dibisnis perekonomian tentunya kita harus paham tentang harga pasar. Begitu juga dalam bisnis ritel, kita harus bisa memahami harga dan persaingan didalam pasar. Jika kita tidak paham terhadap harga pasar maka kita akan mengalami kesulitan dalam penjualan.

4.Memiliki potensi yang cukup besar

Pasar ritel sangat berpotensi mengingat bisnis ini memiliki konsumen perorangan yang selalu bertambah.  Bahkan, pasar ritel di Indonesia berhasil berada diperingkat 4 pada global retail development indeks.

Persaingan pasar ritel di Indonesia

Persaingan pada pasar ritel merupakan persaingan yang sangat ketat, terutama pada pasar ritel di Indonesia. Industri ritel di indonesia sudah sangat berkembang sejak tahun 1960-an, dengan toko sarinah sebagai toko departemen modern pertama di Jakarta.semenjak saat itu, orang orang mulai ikut terjun dalam bisnis pasar ritel dan menciptakan ide-ide baru seperti toserba dan minimarket. Bahkan ada pebisnis asing yang juga bergerak di bidang pasar ritel tertarik masuk kedalam bisnis pasar ritel di indonesia. Mereka menawarkan format baru yang mengusung konsep one-stop shopping/ belanja satu atap dalam bentuk hypermart. pasar ritel di Indonesia mulai meningkat semenjak perluasan bisnis ritel yang menjamah hingga ke kota-kota dan para kaum kelas menengah yang hobi berbelanja di toko ritel.

Ada beberapa poin dalam persaingan pasar ritel di Indonesia :

1.Ketatnya persaingan

Persaingan pasar di Indonesia sangatlah ketat dan kompetitif, dengan banyaknya orang yang menawarkan format ritel dalam berbagai jenis yang berbeda.

2.Pebisnis asing

Pebisnis asing yang masuk kedalam bisnis ritel di Indonesia sangat berpengaruh terhadap persaingan pasar. Karena mereka membawakan konsep-konsep yang masih baru.

3.Konsumen kelas mengengah

Seperti yang kita tahu, kebanyakan konsumen pasar ritel merupakan para kaum kelas mengengah sehingga itu menimbulkan persaingan pada pasar ritel di Indonesia.

4.Meningkatnya toko ritel

Salah satu penyebab meningkatnya persaingan pasar ritel di Indonesia adalah karena perluasan toko ritel di kota-kota yang bahkan sampai keluar pulau jawa.


Strategi penjualan pada pasar ritel

Strategi penjualan merupakan sesuatu yang dipikirkan oleh suatu perusahaan untuk memperkenalkan produk dan layanan yang mereka jual. Ada beberapa strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan di pasar ritel, yaitu :

1.Menetapkan harga

Penetapan harga sangat berpengaruh pada penghasilan pasar. Jadi kita perlu menetapkan harga yang pas untuk meningkatkan penjualan dan sekaligus untuk menarik para konsumen.

2.Branding

Branding merupakan salah satu cara untuk meningkatkan penjualan pasar ritel. Branding juga dapat membantu kita untuk membedakan diri dari perusahaan lainnya.

3.Layanan yang baik

Layanan yang baik tentunya sangat dibutuhkan dalam menangani para konsumen sehingga para konsumen merasa nyaman saat melakukan transaksi jual beli. Hal ini tentunya juga sangat berpengaruh pada penghasilan pasar.

4.Teknologi

Hal yang satu ini akan sangat membantu meningkatkan penghasilan pasar jika dikeloa dan digunakan dengan baik. Beberapa contoh teknologi yang digunakan seperti social media managment, website dan toko online.

Dengan mengikuti tren dan menganalisis pasar ritel, perusahaan yang bergerak dibididang pasar ritel dapat mempertahankan daya saingnya dan dengan evaluasi strategi pemasaran mereka pasti akan berkembang.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun