Mohon tunggu...
Kukhairi
Kukhairi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Kukhairi

Kukhairi adalah seorang pelajar dan juga merupakan seorang penulis pemula. Jejak bisa ditemukan di akun instagram @kukhairi_ dan akun twitter @kkhri012.

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Cara Ampuh dalam Mengelola Waktu

16 November 2021   12:12 Diperbarui: 16 November 2021   20:40 372
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Waktu adalah uang. Ungkapan tersebut bermakna bahwa waktu sangatlah berharga. Di masa pandemi ini, kita dituntut agar bisa mengelola waktu dengan baik dan efisien. Lalu, apa sebabnya? 

Dalam sehari kita memiliki waktu yang terbatas, yaitu selama 24 jam. Nah, jika dalam sehari kita harus melakukan berbagai aktivitas seperti belajar atau kerja, bersosialisasi, dan tidur, maka akan sulit untuk bisa melaksanakan ketiganya secara maksimal.

Dalam buku berjudul The One Thing karya Gary Keller dan Jay Papasan, mengatakan bahwa kita tidak mungkin bisa melakukan semua hal sekaligus. Kita harus mencari satu hal yang dianggap paling penting dan menjadi prioritas. 

Maka dari itu, kita harus bisa memiliki sistem pengelolaan waktu yang baik, agar bisa lebih efektif dalam menentukan kegiatan mana yang harus didahulukan atau diprioritaskan.

Nah, cara terbaik agar kita bisa mengatur atau mengelola waktu dapat dilakukan dengan atur fokus terlebih dahulu. Kenapa demikian? Ya, karena jika kita bisa atur fokus ke satu hal terlebih dahulu dengan baik, maka kemungkinan untuk mendapatkan hasil yang maksimal akan lebih besar dibandingkan kalau melakukannya secara multitasking. 

Kenapa multitasking tidak disarankan? Karena hasil yang didapat tidak akan maksimal, meskipun kita dapat menyelesaikan suatu pekerjaan dengan lebih cepat.

Jika sudah bisa atur fokus dengan baik, maka kita dapat lebih mudah dalam membagi waktu antara belajar atau kerja, bersosialisasi, dan tidur, tanpa harus meninggalkan salah satu dari aktivitas tersebut. Terus, bagaimana sih caranya? Nah, berikut ini adalah cara ampuh dalam mengelola waktu yang dapat dipraktikkan oleh semua orang.


1.Cari tahu atau kenali apa tujuanmu


Mencari tahu atau mengenal apa tujuanmu dapat membantu kita dalam menentukan apa yang ingin dicapai. Tujuan sangat berpengaruh dalam hidup kita. Tanpa tujuan yang jelas, kita tidak mungkin bakal melangkah maju untuk mengejar ketertinggalan dari orang lain. 

Begitu pula dalam mengelola waktu. Dalam mengelola waktu, tentunya kita harus memiliki tujuan yang jelas, entah itu agar harimu bisa lebih produktif ataupun lain sebagainya.


2.Buatlah skala prioritas yang sesuai denganmu


Cara yang kedua yaitu membuat skala prioritas. Membuat skala prioritas memang cukup ribet dan sepele, tetapi hal ini sangat perlu untuk dilakukan. Tentunya dengan membuat skala prioritas, kita dapat mengelompokkan aktivitas mana yang penting, mendesak, atau tidaknya. Kita dapat membuat skala prioritas dengan menggunakan Eisenhower Technique.

Teknik ini merupakan metode yang telah dikembangkan oleh salah satu petinggi negara di Amerika Serikat dengan nama Dwight D. Eisenhower. Untuk bisa menggunakan teknik ini, buatlah terlebih dahulu daftar semua tugas dan aktivitas yang akan dilakukan ke dalam empat kategori seperti pada tabel di bawah ini.

Dokpri
Dokpri

Nah, di kuadran satu kita bisa isi dengan aktivitas-aktivitas penting serta mendesak, seperti mengerjakan tugas dari guru dan lain sebagainya. Di kuadran dua sendiri, kita bisa melakukan atau mengeksekusinya setelah menyelesaikan aktivitas pada kuadran satu. 

Selain itu, kuadran tiga juga bisa dilakukan sebelum ataupun sesudah menyelesaikan aktivitas pada kuadran dua, tetapi itu semua tergantung pada keinginan masing-masing. 

Untuk kuadran empat sendiri, kita bisa isi dengan aktivitas-aktivitas yang kurang penting dan kurang mendesak, seperti mencari sebuah hiburan. Namun, untuk lebih jelasnya bisa kalian simak pada contoh berikut ini.

Dokpri
Dokpri

3. Fokus ke satu hal yang penting dan lakukan dengan terorganisir


Fokus ke satu hal yang penting akan dapat membantumu supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk bisa melatih fokus itu membutuhkan usaha lebih dengan mencoba menjauhkan hal-hal yang dapat mengganggu konsentrasi kita terlebih dahulu. 

Selain itu, kita juga perlu melakukannya secara terstruktur dan terorganisir. Hal ini bertujuan supaya kita dapat mencapai target tanpa adanya penghambat dalam menjalankannya.

Itu dia beberapa cara ampuh dalam mengelola waktu yang dapat dipraktikkan oleh semua orang. Jika dirasa masih susah dalam mengatur waktu, cobalah bangun lebih pagi, agar kita punya kesempatan untuk merencanakan apa yang harus dilakukan di hari itu, seperti nang dikatakan oleh Gary Keller dan Jay Papasan. 

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan pada artikel kali ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua. Sekian dan terima kasih.

Referensi:

Unknown. 2021. "Eisenhower's Urgent/Important Principle -- Time Management Skills -- Mind Tools." https://www.mindtools.com/pages/article/newHTE_91.htm, 28 September.


Unknown. 2021. "Time Management -- List of Top Tips for Managing Time Effectively." https://corporatefinanceinstitute.com/resources/careers/soft-skills/time-management-list-tips/, 28 September.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Life Hack Selengkapnya
Lihat Life Hack Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun