Mohon tunggu...
KRS Igloohome
KRS Igloohome Mohon Tunggu... Wiraswasta - Kunci Rumah Sistema

Igloohome Authorized Reseller

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Menjaga Kualitas Perhotelan dengan 4 Teknologi Tercanggih

4 Agustus 2020   14:58 Diperbarui: 6 Agustus 2020   18:18 376
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Teknologi canggih dapat membantu menjaga dan meningkatkan kualitas operasional hotel, terutama dalam kondisi pandemi.

Selama masa pandemi Covid-19, tidak sedikit perusahaan memutuskan untuk para karyawan bekerja di rumah atau Work from Home (WFH). Hal ini dapat dilakukan dengan bantuan teknologi canggih seperti gadget terkini dan berbagai aplikasi yang dapat menunjang WFH.

Namun, untuk industri perhotelan, hal ini justru merugikan. Industri perhotelan adalah salah satu bisnis yang terkena dampak signifikan akibat pandemi Covid-19.

Dampak Buruk Pandemi Covid-19 Pada Industri Perhotelan

Kondisi pandemi global Covid-19 membuat pemerintah di berbagai negara membatasi atau bahkan menutup perjalanan ke luar kota maupun luar negeri untuk wisata juga bisnis, guna mencegah penyebaran Covid-19. Oleh karena itu, industri hotel menjadi salah satu bisnis yang terkena dampak buruk yang signifikan.

Untuk mengakali situasi ini, hotel-hotel merevisi beberapa kebijakan sebagai cara untuk memprioritaskan keselamatan tamu. Untuk mendorong perjalanan yang bertanggung jawab, kebijakan pembatalan di beberapa hotel besar seperti The Hilton, The Hyatt, dan Marriott telah dimodifikasi untuk mengesampingkan biaya penalti.

Selain itu, beberapa hotel sudah mulai mengajukan inovasi baru dengan menggunakan teknologi canggih. Tidak hanya untuk meningkatkan pengalaman tamu, tetapi juga untuk memastikan keamanan dan keselamatan tamu yang merupakan prioritas utama. Berikut ini adalah teknologi tercanggih yang dapat digunakan pada hotel Anda.

Check-in Otomatis

Check-in secara otomatis sebetulnya sudah ada sejak sebelum masa pandemi. Namun, hal ini masih cukup asing dan tidak familiar bagi sebagian orang. Untuk mengurangi penyebaran dan penularan Covid-19, kontak antar manusia perlu dikurangi, sehingga check-in otomatis adalah solusi tepat untuk perhotelan.

Salah satu hotel yang telah mengadopsi sistem check-in secara otomatis untuk para tamu adalah Hotel Hilton, yang memungkinkan tamu untuk check-in menggunakan smartphone mereka. Para tamu dapat memverifikasi kode booking melalui Hilton Worldwide Honors App yang dapat diakses melalui smartphone mereka. Para tamu akan mendapat kunci digital untuk akses masuk kamar mereka saat kedatangan, tanpa perlu kontak dengan manusia.

Kunci Virtual

Teknologi canggih lain yang dapat dimanfaatkan industri perhotelan adalah kunci virtual. Melalui smartphone, kunci virtual memungkinkan tamu untuk mengakses dan mengatur jadwal penginapan mereka. Selain hal ini mengurangi kontak dengan manusia, hotel juga dapat mengurangi penggunaan plastik dengan menghilangkan kartu fisik. Ditambah lagi, penggunaan kunci virtual dinilai sebagai cara yang lebih cepat dan meningkatkan proses operasional menjadi digital.

Pelayanan Menggunakan Robot

Menjaga jarak adalah hal yang penting untuk memastikan keselamatan tamu dan staf. Namun, sulit menjaga jarak jika layanan pribadi terlibat. Untuk menghindari kontak antara tamu dan staf, robot pelayan memiliki peran penting.

Pengiriman layanan kamar, keperluan rumah tangga, dan lainnya, dapat diserahkan pada teknologi tercanggih, yaitu robot. Dengan adanya robot untuk melakukan tugas-tugas yang monoton dan memakan waktu, staf dapat lebih fokus pada para tamu.

Concierge Virtual

Concierge atau pramutamu umumnya bertugas untuk membantu tamu membuat pemesanan restoran, kamar hotel, mengatur layanan spa, memesankan transportasi, dan lain-lain. Lalu bagaimana tugas concierge dilakukan saat pandemi dimana manusia harus saling menjaga jarak?

Jawabannya adalah dengan menggunakan concierge virtual. Dengan menggunakan teknologi ini, para tamu dapat mengkomunikasikan kebutuhan mereka. Waktu tunggu untuk mendapatkan jawaban juga relatif lebih singkat dibandingkan dengan menelepon resepsionis. Hal ini juga menjadi integrasi hotel yang dapat menciptakan pengalaman yang lebih personal untuk para tamu.

Itulah 4 teknologi tercanggih yang dapat membantu meningkatkan standar layanan hotel dan kepuasan tamu, juga menjaga keselamatan para tamu dan staf. Dalam masa pandemi pun, inovasi harus tetap berjalan dalam industri perhotelan agar bisnis terus berlangsung.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun