Mohon tunggu...
Kristoforus Abun
Kristoforus Abun Mohon Tunggu... Guru - guru

hobi membaca, kontemplatif, olah rga.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Praktik Baik Mengatasi Masalah Pembelajaran

20 Februari 2024   08:41 Diperbarui: 20 Februari 2024   08:51 49
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Oleh

Kristoforus Abun

Latar belakang maslah dari praktik pembelajaran ini adalah :

Pembelajaran masih berpusat pada guru

Sumber belajar yang digunakan siswa masih terbatas pada buku teks

Penggunaan media pembekajaran yang masih terbatas

Penggunaan TIK pembeljaran belum maksimal

Masih rendahnya hasil belajar siswa Praktik pembelajaran ini sangat penting karena :

Praktik pembelajaran ini dapat dijadikan contoh penerapan pembelajaran inovatif oleh para guru di sekolah yang ingin memanfaatkan media dan teknologi dalam kegiatan pembelajaran

Pembelajaran bisa berpusat pada siswa sehingga pengetahuan dari proses mencoba dalam kelas bisa lebih efektif

Praktik pembelajaran ini bisa memotivasi saya untuk membuat inovasi baru dalam embelajaran

Pembelajaran ini bisa membangkitkan jiwa kompetensi antar siswa

Adapun peran dan tanggung jawab saya dalampraktik pembelajaran ini adalah sebagai guru mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Poco Ranaka, saya berkewajiban memberikan praktik baik dalam penggunaan

media teknologi kepada guru-guru lain dalam proses belajar mengajar. Dengan media baru, beban guru dalam mengajar bisa berkurang, selin itu hasil belajar siswa bisa lebih baik

  sebagai imbas dari keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran yang diberikan.

Tantangan

  Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat?

Berdasarkan analsis eksplorasi masalah pada LK 1.2 didapatkan tantangan dari kegiatan ini adalah :

Guru lebih mementingkan penyampaian materi ajar dan target yang telah ditetapakan dari pada pengetahuan yang akan didapatkan oleh murid

Metode mengajar guru masih menggunakan cara lama yaitu metode ceramah

Media pembelajaran yang masih terbatas

Konten materi yang tidak menarik bagi siswa atau tidak sesuai dengan latar belakang sosial budaya siswa

Guru masih enggan menggunakan alat pembelajaran berbasis TIK yang kekinian

Berdasarkan tantangan tersebut di atas, tantangan yang dihadapi guru belajar menjadi fasilitator dalam kelas, mempelajari metode mengajar yang baru dan inovatif, meningkatkan kompetensi dan menciptakan

  hubungan baik dengan siswa.

Aksi :

Lankah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/strategi apa yang digunakan/bagaima prosesnya, siapa saja yang terlibat/apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Berdasarkan tantangan yang dihadapi guru, langkah-langkah yang harus dilakukan adalah:

Menambah sumber belajar bagi siswa :

Siswa diperbolehkan menggunakan hp

Mengakses materi pada link tertentu

Media cetak (koran, majalah, dll) hal ini dilakukan untuk mempermudah proses pembelajaran.

Memilih model pembelajaran yang inovatif, seperti penerapan model PJBL dan cooperative learning untuk meningkatkan partisipasi aktif siswa

Menggunakan metode pembelajaran yang interaktif

Menggunakan alat pembelajaran

               berbasis TIK

Refleksi Hasil dan Dampak 

Bagaimana hasil dan dampak dari langkah- langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa?

 Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, apa yang menjadi faktor  

 keberhasilan dan strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut?

Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang dilakukan ternyata sangat positif untuk siswa. Haltersebut tampak dari :

Respon atau tingkat keaktifan siswa terhdap pembelajaran menggunakan model PJBL dan Cooperative Learning sangat baik.

Siswa lebih cepat memahami konten materi yang kontekstual (dekat atau sesuai dengan latar belakang sosial budaya siswa)

Siswa lebih percaya diri dan sangan fokus dalam mengikuti kegiatan pembelajaran

Hasil belajar siswa menunjukan peningkatan, di mana diskusi berjalan sangat lancar, siswa mampu menghasilkan tulisan yang baik dengan beragam topik.

Faktor keberhasilan dari pembelajaran ini ditentukan oleh kesiapan atau tersedianya media pembelajaran, alat pembelajaran yang berbasis TIK, sumber belajar yang bervariasi, dan juga konten materi yang menarik.

Berdasarkan proses yang telah saya laksanakan, pembelajaran dengan model dan metode yang bervariasi lebih menantang dan menyenangkan dalam kegiatan pembelajaran, sehingga proses pebelajaran menjadi lebih efektif dan menarik. Karena itu, pemilihan model pembelajaran harus sesuai dengan materi yang akan diajarkan kepasa siswa sehingga tujuan pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik dan dapat meningkatkan motivasi dan kemampuan belajar siswa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun