Mohon tunggu...
CalZado ShoP
CalZado ShoP Mohon Tunggu... -

kristin sidabutar 30109331\r\n\r\ndita fitriani 30109307\r\n\r\nvivi grace 30109254\r\n\r\npaidu sitinjak 30109465

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Model E-Business

30 Maret 2011   09:01 Diperbarui: 26 Juni 2015   07:17 2573
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

B2B ( Bussines to Bussines )
B2B adalah transaksi secara elektronik antara entitas atau obyek bisnis yang satu ke obyek bisnis lainnya, dengan melakukan transaksi antar perusahaan yang menggunakan EDI dan email untuk pembelian barang dan jasa.

B2C (Bussines to Consumer)

B2C adalah kegiatan E-businesses dalam pelayanan secara langsung kepada konsumen melalui barang atau jasa. Dengan penjualan langsung di internet dan pemesanan dapat langsung dilakukan oleh konsumen karena biaya sudah tercantum.

Keuntungan B2C
Keuntungan bagi badan bisnis

-Akses ke pasar global secara langsung

-Penghematan waktu dan tempat

-Pengurangan biaya yang sangat berarti

-Kesediaan penuh : 24 jam perhari dan 7 hari permingg

Keuntungan bagi konsumen

-Berbelanja secara on-line tidak sesulit dari apa yang biasa didapat di pasar tradisional

-Mudah dalam penggunaannya, tidak memerlukan kepandaian khusus

-Banyak pilihan yang didapat dengan mudah ditambah dengan kerahasiaan yang dijamin

-Product-on-demand ( apa yang anda perlukan akan anda dapatkan )

Keuntungan B2C dalam membantu UKM

-Memperluas jaringan usaha.

-Memperbanyak pelanggan.

-Dapat melihat perkembangan usaha diseluruh dunia.

-Mempermudah dalam proses pengoprasian.

-Mempermudah dalam transaksi pembayaran.

C2C ( Consumer to Consumer )
C2C adalah konsumen menjual produk secara langsung kepada konsumen lainnya. Biasanya individu mengiklankan produk, jasa, pengetahuan, maupun keahliannya disalah satu situs lelang atau classified ads.Contohnya meliputi www.bekas.com dan www.classified2000.com.

C2B (Consumer-to-business)

C2B adalah individu yang menjual produk atau jasa kepada organisasi, serta individu yang mencari penjual, berinteraksi dengan penjual tersebut, dan melakukan transaksi.

Selain model E-Business yang diatas terdapatmodel E- business lainnya yaitu :

Virtual Storefront

Virtual Storefront adalah model e-business yang menjual produk fisik atau jasa secara online, sedangkan pengirimannya menggunakan sarana – sarana tradisional. seperti jasa posdan kurir.

Contohnya : Amazon,Virtual vineyards,Security first, dan Network bank

Marketplace Concentrator

Marketplace Concentratoradalah model e-business yang memusatkan mengenai informasi produk dan jasa dari beberapa produsen pada satu titik sentral. Pembeli dapat mencari, membanding – bandingkan dan kadangkala juga melakukan transaksi pembelian.

Contohnya : Internet mall,DealerNet, Industrial marketplace,Insuremarket

Information Brokerme

Information Brokerme adalah model e-bisnis yangmenyediakan informasi mengenai produk, harga dan ketersedianyang menyediakan fasilitas transaksi. Namun nilai utamanya adalah informasi yang disediakan.Contohnya : Partnet, Travelocity, Auto by Tei

Transaction Broker

Transaction Broker adalah pembeli dapat mengamati berbagai tarif dan syarat pembelian, namun aktifitas bisnis utamanya adalah memfasilitasi transaksi.

Contohnya : Etrade, Ameritrade

Electronic Clearinghouses

Electronic Clearinghouses adalah model e-business yang menyediakan suasana seperti tempat lelang produk, dimana harga dan ketersediaan selalu berubah tergantung pada reaksi konsumen.

Contohnya : Bid, Onsile

Reverse auction

Reverse auction adalah konsumen mengajukan tawaran kepada berbagai penjual untuk membeli barang atau jasa dengan harga yang disfesifikasi oleh pembeli.

Digital Product Delivery

Digital Product Deliveryadalah model e-business yang menjual dan mengirim perangkat lunak, multimedia, dan produk digital lainnya lewat internet.

Content Provider

Content Provideradalah model e-business yang memperoleh pendapatan melalui penyediaan kontan, pendapatan dapat dihasilkan dari biaya langganan atau biaya akses.

Online Service Provider

Online Service Provider adalah model e-business yang menyediakan layanan dan dukungan bagi para pemakai perangkat lunak dan perangkat keras.

Contohnya : Telkomnet speedy, Indosat m2

Alur Kerja E-Business

Untuk dapat menangkap dimensi ruang lingkup pengertian e-business, cara yang sering digunakan adalah menggunakan prinsip 4W, yaitu :

a.What = menjelaskan tentang aktifitas apa saja yang ada dalam e-business

b.Who = menjelaskan siapa saja yang terlibat dalam aktifis e-bussiness

c.Where= menjelaskan dimana saja aktifitas bisnis dapat dilakukan

d.Why = menjelaskan mengapa para praktisi bisnis diseluruh dunia sepakat mengimplementasikan e- business

Kelebihan E-Business

-Revenue Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan dan tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional.

-Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).

-Menurunkan biaya operasional (operating cost).

-Melebarkan jangkauan (global reach).

-Meningkatkan customer loyality.

-Memperpendek waktu produksi.

-Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan)

Kelemahan E-Business

-Pencurian informasi rahasia yang berharga.Gangguan yang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban.

-Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan.Kesalahan ini bersifat kesalahan non teknis seperti aliran listrik tiba-tiba padam atau jaringan yang tidak berfungsi.

-Kehilangan kepercayaan dari para konsumen.Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha yang di lakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut.

-Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak.Misalkan pembobolan sebuahsistem

perbankan oleh hacker,kemudian memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnyasendiri.

-Kerugian yang tidak terduga.Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja, ketidakjujuran, praktek bisnis yang tidak benar, dan kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik.

http://eboni.blogdetik.com/2008/03/22/manfaat-dari-metode-b2c/

http://fashionidiotic.blogspot.com/2010/03/alur-kerja-e-bussiness.html

http://teknologi.kompasiana.com/internet/2011/03/28/alur-kerja-model-e-business/

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun