Mohon tunggu...
Krisnina Maharani
Krisnina Maharani Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNDIP

Mahasiswa Ilmu Komunikasi - Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN UNDIP Ajak Pelaku UMKM dan Perintis Usaha untuk Memanfaatkan Internet sebagai Media Promosi

10 Agustus 2022   23:19 Diperbarui: 10 Agustus 2022   23:30 81
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

 

Digital Marketing adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah merek atau produk menggunakan media digital atau internet dengan tujuan untuk menarik konsumen atau calon konsumen secara cepat dan tepat sasaran. Penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sangat luas sehingga tidak heran kegiatan pemasaran secara digital dijadikan pilihan utama oleh para pelaku usaha akibatnya mereka saling berkompetisi membuat konten yang menarik untuk ditampilkan dalam pemasarannya di dunia maya. Contoh teknik pemasaran yang termasuk dalam digital marketing adalah SEO (Search Engine Optimization), periklanan online seperti FB ads dan Google Ads, promosi media cetak, iklan televisi dan radio, billboard elektronik, email marketing, mobile marketing, dan lainnya.

Foto Bersama dengan Peserta (sumber: dok. pribadi)
Foto Bersama dengan Peserta (sumber: dok. pribadi)

Dalam rangka melaksanakan kegiatan KKN di Desa Bajomulyo, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, mahasiswa Universitas Diponegoro, Krisnina Maharani pada 29 Juli 2022 memberikan sosialisasi mengenai digital marketing pada masyarakat sekitar. Dalam kegitan tersebut mahasiswa mengajak masyarakat untuk memanfaatkan media sosial dan internet sebagai media promosi yang murah dan efektif untuk merintis sebuah usaha.

Materi yang disampaikan pada kesempatan tersebut adalah cara menentukan target pasar, cara mengoptimalkan media sosial, bagaimana melakukan branding produk, pembuatan konten yang menarik, dan strategi yang efektif dalam memasarkan produk secara online. Mahasiswa juga membuat poster untuk mendukung kegiatan yang kemudian ditempel pada papan informasi yang tersedia di balai desa.

Kunjungan UMKM
Kunjungan UMKM "BEN BANDENG JUWANA" (sumber: dok. pribadi)

Membantu UMKM
Membantu UMKM "BEN BANDENG JUWANA" (sumber: dok. pribadi)

Selain sosialisasi tentang digital marketing pada masyarakat, mahasiswa juga melakukan kunjungan UMKM di Desa Bajomulyo pada 5 Agustus 2022. Pada kesempatan tersebut, mahasiwa mengunjungi UMKM "Ben Bandeng Juwana" dengan menanyakan sejauh mana perkembangan sebuah usaha telah berjalan, melihat dan membantu secara langsung produksi olahan ikan bandeng.  Mahasiswa juga melakukan foto produk dan membantu membuatkan akun media sosial instagram @benbandeng.juwana untuk mempromosikan usaha aneka olahan ikan bandeng.

Harapan dengan adanya kegiatan KKN ini masyarakat dan pelaku usaha dapat lebih berinovasi dan kreatif memanfaatkan ketersediaan internet sebagai solusi dalam mengembangkan bisnis atau usahanya menjadi lebih baik lagi kedepannya.

(sumber: dok. pribadi)
(sumber: dok. pribadi)

Penulis: Krisnina Maharani -- Mahasiswi Ilmu Komunikasi/FISIP UNDIP

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun