Mohon tunggu...
Krismas Situmorang
Krismas Situmorang Mohon Tunggu... Guru - Teacher, Freelancer Writer, Indonesian Blogger

Observer of Social Interaction, Catechist in the Parish.

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Kecemasan Sosial di Era Digital: FOMO, Budaya Flexing dan Perilaku Konsumtif

14 September 2024   23:26 Diperbarui: 14 September 2024   23:26 200
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Perkembangan teknologi informasi secara digital yang pesat membawa keuntungan bagi para penggunanya. Komunikasi terjalin menjadi lebih mudah. Selain itu, individu lebih mudah terhubung dengan individu lainnya. Media Sosial dan Teknologi dengan platform seperti Instagram, Facebook, atau TikTok semakin diminati banyak orang khususnya para generasi milenial.

Namun, pernahkan disadari bahwa orang-orang terus-menerus terpapar dengan kehidupan orang lain, terutama pada momen-momen yang terlihat menyenangkan, sukses, atau menarik. Situasi ini memperkuat kesan bahwa ada hal-hal penting yang sedang kita lewatkan.

Fear of Missing Out (FOMO)

Secara alami, manusia cenderung membandingkan diri mereka dengan orang lain. Ketika kita melihat orang lain "menikmati" hidupnya, entah itu melalui perjalanan, karier, atau hubungan, kita mungkin merasa hidup kita kurang menarik atau tidak sebaik mereka.

Dalam banyak budaya, ada ekspektasi untuk selalu terlibat dalam berbagai aktivitas sosial atau tren terkini. Ketika kita merasa tidak dapat mengikutinya, kita merasa tertinggal, tidak relevan, atau tertekan secara sosial.

Sebagai makhluk sosial, manusia memiliki kebutuhan untuk merasa terhubung dengan komunitas atau lingkungannya. Ketika ada kebutuhan untuk merasa terhubung, perasaan cemas atau takut akan kehilangan sesuatu bisa muncul. Perasaan seperti ini dikenal dengan sebutan Fear of Missing Out (FOMO).

Perasaan FOMO seringkali dipicu oleh informasi yang didapatkan di media sosial seperti liburan, pertemuan sosial, atau pencapaian karier. Informasi ini kemudian menimbulkan perasaan iri atau cemas bahwa mereka tertinggal atau tidak ikut merasakan pengalaman tersebut.

Gejala FOMO biasanya berupa rasa cemas ketika tidak terlibat dalam suatu kegiatan yang terlihat menyenangkan atau penting. Muncul kecenderungan untuk terus mengikuti perkembangan di media sosial sekedar memastikan bahwa tidak ada hal penting yang terlewatkan. Orang-orang dengan gejala ini merasa tidak puas atau iri dengan kehidupan orang lain yang tampak lebih menarik di media sosial.

Kondisi bisa tentu dapat berdampak negatif pada kesejahteraan mental seseorang seperti peningkatan stres, rasa cemas, dan perasaan tidak berharga.

Flexing

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun