Jika kamu seorang manajer pemasaran bagaimana dapat mengetahui efektivitas pemasaran produk atau layanan? Apakah cukup puas dengan kinerja yang ada? Langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk memaksimalkan pemasaran?
Sebenarnya ada dua pendekatan yang dilakukan yaitu melalui market research atau riset pasar dan marketing research atau riset pemasaran. Meskipun dua pendekatan ini mirip namun ada beberapa perbedaan.Â
Ruang lingkup riset pasar lebih sempit yaitu terkait dengan pasar. Sedangkan riset pemasaran lebih luas, yaitu terkait dengan proses pemasaran meliputi produk, harga, distribusi dan promosi.
Yuk, kita akan pelajari riset pemasaran
Marketing Research Menurut AMA (American Marketing Association, 2017)
Riset pemasaran adalah fungsi yang menghubungkan konsumen, pelanggan, dan publik dengan pemasar melalui informasi-informasi yang digunakan untuk mengidentifikasi dan mendefinisikan peluang dan masalah pemasaran; menghasilkan, memperbaiki, dan mengevaluasi tindakan pemasaran; memantau kinerja pemasaran; dan meningkatkan pemahaman tentang pemasaran sebagai suatu proses.
Riset pemasaran menentukan informasi yang diperlukan untuk mengatasi masalah ini, merancang metode untuk mengumpulkan informasi, mengelola dan menerapkan proses pengumpulan data, menganalisis hasil, dan mengomunikasikan temuan dan implikasinya.
Fokus peningkatan pelanggan, tuntutan produktivitas dan ketatnya persaingan telah mendorong para manajer pemasaran untuk melakukan riset pemasaran.Â
Manajer tidak dapat hanya menunggu informasi secara pasif, namun harus melakukan riset formal baik dari dari internal maupun eksternal organisasi.
Riset pemasaran bukan menjadi bagian dari baruan pemasaran, melainkan bantuan dari manajemen dalam membuat keputusan mengenai bauran pemasaran dan segmentasi pasar.Â