Mohon tunggu...
Kris Banarto
Kris Banarto Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pemerhati Bisnis dan Humaniora

Penulis buku: Transformasi HRD dalam Bisnis (2021). Ketika Kita Harus Memilih (2022). Rahasia Sukses Bisnis Modern (2022). Merajut Keabadian (2023). Kupas Tuntas Bisnis Properti (2024). Website: www.ManajemenTerkini.com.

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Key Performance Indicators (KPI) Ibarat Dashboard dalam Mobil

20 April 2021   06:45 Diperbarui: 20 April 2021   09:25 3312
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi skala KPI (sumber Harmony.co.id)

Organisasi bisnis yang tidak melakukan evaluasi kinerja akan kesulitan membuat strategi bisnis. 

Data kinerja organisasi ibarat dashboard dalam mobil yang berisi matriks, angka dan data yang bertujuan pengemudi dapat memutuskan dengan cepat dan tepat. 

Apakah harus tambah gas atau rem, mengisi BBN dan melakukan service.

Tanpa memegang data kinerja para manajer perusahaan akan kesulitan melakukan tindakan pada bawahannya, tidak tepat membuat strategi bisnis dan berakibat tujuan organisasi tidak akan tercapai.

Pengertian KPI

Key Performance Indicators (KPI) atau indikator kinerja utama adalah sebuah perangkat untuk mengukur kinerja organisasi baik departemen maupun individu.

Menurut Banerjee dan Buoti (2012), KPI merupakan sebuah ukuran dengan skala kuantitatif (berdasarkan jumlah atau banyaknya) untuk mengevaluasi kinerja perusahaan dan menentukan tujuan secara terukur untuk menentukan keputusan dan mencapai target perusahaan.

KPI bertujuan untuk mengetahui skor kinerja dan menentukah langkah perbaikan departemen atau melakukan tindakan kepada karyawan baik yang berprestasi, berada pada rata-rata dan berkinerja buruk.

Jenis-Jenis KPI

KPI dibagi menjadi dua yaitu KPI Finansial (keuangan) dan KPI Non Finansial.

#1. KPI Finansial

KPI yang berkaitan dengan keuangan perusahaan meliputi:

  • Pertumbuhan pendapatan dibandingkan tahun sebelumnya
  • Persentase biaya operasional perusahaan terhadap pendapatan
  • Pertumbuhan laba perusahaan
  • Perkembangan aset perusahaan
  • Jumlah hutang perusahaan

KPI finansial ini akan menjawab pertumbuhan perusahaan dan efektivitas organisasi.

#2. KPI Non Finansial

KPI ini tidak berhubungan langsung dengan keuangan organisasi bisnis. Misalnya:

  • Kepuasan pelanggan dan keluhan pelanggan
  • Tingkat loyalitas pelanggan dan kehilangan pelanggan
  • Turn over atau jumlah karyawan karyawan
  • Persentase market share atau pangsa pasar
  • Jumlah produksi dan produk yang laku di pasar

KPI non finansial ini akan menjawab keadaan organisasi, posisi produk atau merek dan pangsa pasar.

Merencanakan Strategi Organisasi

Setelah melakukan KPI langkah selanjutnya adalah membuat strategi perencanaan bisnis dengan memperhatikan kaidah SMART (Specific, Measurable, Achievable, Reliable, Time bound).

  • Tujuan dari organisasi bisnis bersifat spesifik (khusus)
  • Pencapaian kinerja secara terukur
  • Apakah target perusahaan dapat tercapai (tidak muluk-muluk)
  • Apakah data-data yang ada dapat dipercaya dan realistis?
  • Ada target waktu dalam pencapaian tujuan

Implementasi Strategi

Strategi yang bagus menjadi sia-sia jika tidak dapat diimplementasi dengan baik. Berikut ini adalah kiat-kiatnya:

  • Pimpinan perusahaan harus dapat menyatukan semua departemen yang ada menuju satu sasaran organisasi
  • Pimpinan perusahaan memberikan wewenang penuh kepada masing-masing pimpinan departemen untuk mengeksekusi strategi yang ada
  • Adanya kolaborasi antara manajemen dengan pemangku kepentingan seperti distributor, pemasok, pelanggan dan pemerintah

Contoh KPI

Berikut ini adalah contoh matriks KPI untuk departemen penjualan & pemasaran pada perusahaan pengembang properti dengan target 1 tahun sebesar Rp 240 miliar, pertumbuhan penjualan dibandingkan tahun lalu sebesar 10%, pembatalan 15%, biaya pemasaran terhadap penjualan 5%, cash in sebesar 90% dari target penjualan dan menekan jumlah komplain.

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi

Keterangan:

  • Kolom Kinerja Utama merupakan tanggung jawab pokok manajer penjualan dan pemasaran.
  • KPI merupakan kinerja yang terukur (sebaiknya antara 5 hingga 10 item).
  • Bobot disesuaikan dengan urgensi masing-masing KPI (total bobot 100).
  • Target ditentukan oleh manajemen
  • Skor diperoleh dari Realisasi dibagi Target x 100 (target positif) atau Target dibagi Realisasi x 100 (target negatif).
  • Skor Akhir merupakan hasil dari Skor x Bobot dibagi 100.

Kesimpulan:

Dengan total skor 92 berarti pemimpin departemen penjualan dan pemasaran walaupun tidak mencapai target, namun masih dalam kategori baik. Jabatan tersebut masih dipertahankan dan perlu ada langkah-langkah perbaikan sesuai skor yang ada.

***

Penerapan KPI akan bervariasi sesuai dengan produk atau jasa yang dipasarkan dan seberapa besar perusahaan. Namun, yang penting adalah organisasi sebaiknya melakukan KPI baik untuk kinerja departemen dan individu.

Dengan demikian organisasi akan mendapatkan peta organisasi secara lengkap, melakukan analisis dan merancang strategi bisnis. Agar tujuan organisasi dapat tercapai sesuai dengan visi dan misi perusahaan.

Rujukan:

1. Karyaone.co.id

2. Manajemenkinerja.com

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun