Mohon tunggu...
Kris Banarto
Kris Banarto Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pemerhati Bisnis dan Humaniora

Penulis buku: Transformasi HRD dalam Bisnis (2021). Ketika Kita Harus Memilih (2022). Rahasia Sukses Bisnis Modern (2022). Merajut Keabadian (2023). Kupas Tuntas Bisnis Properti (2024). Website: www.ManajemenTerkini.com.

Selanjutnya

Tutup

Money Artikel Utama

Inilah 10 Kesalahan Manajer Perusahaan yang Dapat Menghambat Tujuan Berbisnis

3 April 2021   07:56 Diperbarui: 5 April 2021   04:37 2732
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi manajer| Sumber: www.freepik.com via sonora.id

"Pemimpin terbesar belum tentu orang yang melakukan hal-hal besar. Dia adalah orang yang membuat orang melakukan hal-hal besar." -- Ronald Reagan

Salah satu keberhasilan organisasi bisnis, ketika pemimpin di tingkat menengah terdiri dari orang-orang hebat. Para manajer sebagai pemimpin di tingkat menengah akan menjadi pilar-pilar penopang bangunan bisnis.

Mungkin ada organisasi bisnis yang lemah di tingkat manajemen puncak. Namun, jika para manajer dapat menjalankan job description dengan baik, maka mereka ini akan mampu menutupi kelemahan pimpinan.

Organisasi bisnis dengan 4 departemen, misalnya penjualan dan pemasaran, sumber daya manusia, produksi dan keuangan. Berarti akan ada 4 manajer yang membawahi para supervisor dan staf.

Perusahaan akan menemui masalah serius manakala pemimpin puncak dan para manajer tidak menjalankan SOP (Standar Operasional Prosedur) dan job description dengan baik.

Pemimpin puncak harus pintar merekrut para manajer yang berpengalaman, mempunyai pengetahuan dan keahlian yang cukup, memiliki integritas moral dan kemampuan kepemimpinan.

Karena tugas seorang manajer tidak ringan. Ia harus mampu memimpin tim, dapat mengarahkan anggota, mengawasi, memotivasi dan bekerja sama dengan siapa pun untuk mencapai tujuan perusahaan.

Seorang manajer harus dapat menjembatani keinginan pimpinan perusahaan dengan kemauan para karyawan. Karena pimpinan perusahaan akan menemui kesulitan manakala harus berkomunikasi dengan semua karyawan.

Organisasi yang baik membutuhkan komunikasi. Baik secara vertikal antara atasan-bawahan dan bawahan-atasan. Juga secara horizontal yaitu antar manajer di departemen lain dan rekanan perusahaan.

Para bawahan dan staf membutuhkan teladan dari atasan. Terkadang contoh tindakan atau perbuatan manajer lebih efektif dibandingkan dengan banyaknya kata-kata yang keluar.

Ilustrasi Manajer Perusahaan (Image by a href/pixabay.com)
Ilustrasi Manajer Perusahaan (Image by a href/pixabay.com)
Berikut ini kesalahan-kesalahan manajer yang dapat menghambat organisasi bisnis dalam mencapai tujuan.

#1. Tidak ada rencana kerja

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun