Bagian Research and Development (R&D) mempunyai peranan penting dalam organisasi bisnis, untuk mengembangkan produk unggul dan unik
Tanpa mengembangkan produk maka tidak akan mampu bersaing di pasar. Selain itu produk tidak akan dapat memuaskan konsumen. Sedangkan kepuasan konsumen menjadi penentu dalam kinerja penjualan yang bermuara pada keuntungan perusahaan.
Untuk dapat secara terus menerus melakukan inovasi produk, dibutuhkan kreativitas karyawan baik yang berada di bagian R&D maupun di bagian produksi.
Metode SCAMPER
Metode untuk mengembangkan kreativitas adalah dengan cara SCAMPER yang merupakan singkatan dari Substitute, Combine, Adapt, Modify, Put to anather use, Eliminate and Reverse.
Metode SCAMPER akan membantu dalam menemukan ide-ide yang baru dengan cara yang sederhana. Ide itu berguna untuk menghasilkan inovasi produk baru dan menerapkannya.
Salah satu organisasi bisnis yang membutuhkan inovasi terus menerus (continuous innovation) adalah industri properti. Kenapa? Karena perilaku konsumen cukup dinamis, ditambah dengan persaingan yang ketat antar sesama pengembang.
Seperti diketahui industri properti mempunyai multiplier effect terhadap 140 sektor. Mulai dari semen, pasir, keramik, besi, baja, kayu, aluminium, keramik, paving, genteng sampai dengan paku.
Sehingga dalam ekosistem bisnis ada keterikatan yang saling berhubungan antara ekonomi dan industri properti. Kondisi ekonomi meningkat maka industri properti bertumbuh sebaliknya industri properti bergairah maka ekonomi menggeliat.
Berikut ini contoh sederhana penerapan metode SCAMPER dalam proyek perumahan: