Mohon tunggu...
Kris Banarto
Kris Banarto Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pemerhati Bisnis dan Humaniora

Penulis buku: Transformasi HRD dalam Bisnis (Deepublish, 2021). Ketika Kita Harus Memilih (Gunung Sopai, 2022). Rahasia Sukses Bisnis Modern (Deepublish, 2022). Merajut Keabadian (Bintang Semesta Media, 2023). Kupas Tuntas Bisnis Properti (Deepublish, 2024). Website: www.ManajemenTerkini.com.

Selanjutnya

Tutup

Money Artikel Utama

HRD Jantungnya Perusahaan, Apakah Benar?

4 November 2020   07:12 Diperbarui: 5 November 2020   15:53 1539
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto oleh August de Richelieu dari Pexels 

HRD (Human Resources Development) kalau diibaratkan manusia adalah organ Jantung. Yang mempunyai fungsi vital dalam kehidupan manusia. Ia akan memompa darah ke seluruh bagian tubuh dan menampungnya kembali setelah di bersihkan paru-paru.

HR (Human Resources) atau sumber daya manusia yang menggerakkan seluruh departemen yang ada. Membuat road map organisasi, merancang sistem, SOP (Standar Operasional Prosedur), KPI (Key Performance Indicator), renumerasi. Kemudian merekrut, memberikan pelatihan, promosi, demosi, mutasi sampai mengembangkan bisnis.

Manajemen puncak sebaiknya menempatkan pimpinan HR yang berpengalaman, kapabel dan memiliki pengetahuan yang memadai.

Pimpinan HR harus menguasai bidang keuangan, sales & marketing, operasional, IT (Information Technology), hukum perburuan dan perusahaan, psikologi, pelatihan dan pengembangan SDM.

Selain mempunyai kapasitas tersebut di atas, pemimpin puncak harus memberikan wewenang yang leluasa dan proporsional. Pimpinan HR hendaknya dibantu staf ahli untuk membantu dan menerapkan strategi organisasi.

Understanding the Internal Environment

Seorang pimpinan HR harus memahami lingkungan internal yang meliputi departemen marketing dan sales, operasi, IT, karyawan, keuangan dan akuntansi. 

HRD harus memahami perspektif mitra bisnis, menciptakan komunikasi dan kolaborasi, mengidentifikasi kebutuhan internal dan permasalahan yang muncul.

dokpri
dokpri

#1. Marketing & Sales

Bagian pemasaran dan penjualan yang terpenting adalah menerapkan bauran pemasaran 7P yaitu product, price, promotion, place, people, process dan phisical evident.

Produk yang dapat bersaing dengan pasar, harga yang sesuai dengan barang atau layanan, promosi untuk mengenalkan produk atau layanan, distribusi yang merata.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun