Mohon tunggu...
Kris Banarto
Kris Banarto Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pemerhati Bisnis dan Humaniora

Author: Transformasi HRD dalam Bisnis (2021). Ketika Kita Harus Memilih (2022). Rahasia Sukses Bisnis Modern (2022). Merajut Keabadian (2023). Kupas Tuntas Bisnis Properti (2024).

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Pemasaran Buntu, Terapkan 8 Konsep Pemasaran dari Philip Kotler

20 Juli 2020   07:39 Diperbarui: 2 November 2021   10:34 4376
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Konsep Marketing oleh Philip Kotler | Sumber: dokpri

Menghadapi ke tidak pastian dunia, membuat para pelaku pemasaran bingung membuat strategi pemasaran. Selain harus mencermati para pesaing, tetapi juga bagaimana membaca potensi pasar. 

Terkadang pelaku bisnis kehabisan ide untuk mengembangkan bisnisnya, berikut ini kita akan belajar konsep dari Philip Kotler untuk merencanakan kembali pemasaran dengan berpijak pada definisi pemasaran modern.

Philip Kotler, bapak marketing dunia, profesor dari Harvard University, mendefinisikan pemasaran modern adalah proses sosial dan manajerial yang mana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuh kan dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran produk dan nilai dengan orang lain.

Konsep Marketing oleh Philip Kotler | Sumber: dokpri
Konsep Marketing oleh Philip Kotler | Sumber: dokpri

Analisis yang detail dari definisi ini perlu diungkapkan dalam 8 (delapan) konsep inti pemasaran (core marketing concepts) sebagai berikut :

1. Needs (kebutuhan)

Adanya kebutuhan yang tidak terpenuhi adalah peluang untuk melakukan kegiatan pemasaran. Pemasaran berusaha memuaskan kebutuhan konsumen, kebutuhan manusia adalah keadaan hilangnya suatu kepuasan.

Orang-orang membutuhkan makanan, tempat tinggal, pakaian, penghargaan, kepemilikan, dan juga hal lainnya. Perhatikan bahwa kebutuhan tidak dibuat, tetapi sudah ada sebelumnya dalam diri manusia.

2. Wants (keinginan)

Keinginan adalah pilihan untuk memenuhi kebutuhan tertentu. Mereka menginginkan kepuasan tertentu untuk memenuhi kebutuhan spesifik. Kepuasan maksimum dari kebutuhan konsumen tergantung pada ketersediaan pilihan yang lebih baik.

Kebutuhan terbatas, tetapi keinginan banyak, untuk setiap kebutuhan ada banyak keinginan. Pemasar dapat memengaruhi keinginan, bukan kebutuhan. Dia berkonsentrasi untuk menciptakan dan memuaskan keinginan.

3. Demand (permintaan)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun