Banyak perusahaan hanya berfokus untuk meningkatkan keuntungan perusahaan dengan memaksimalkan strategi bisnis, mereka percaya dengan keuntungan yang meningkat bisa melakukan apa saja termasuk mempertahankan pelanggan.
Hal ini tidak salah sepenuhnya tetapi jangan sampai terjebak dengan premis itu, keuntungan perusahaan yang besar tidak otomatis perusahaan akan bertahan lama.
Di era teknologi informasi seperti saat ini sebuah produk dan organisasi bisnis tidak saja diawasi oleh pelanggan, tetapi diawasi juga oleh masyarakat umum yang tidak ada kepentingan dengan produk.Â
Kedewasaan pemahaman masyarakat akan pentingnya tata kelola perusahaan, isu lingkungan dan produk-produk ramah lingkungan menjadi perhatian masyarakat modern.
Produk yang dicintai pelanggan dan masyarakat, tidak cukup bahwa produk itu mempunyai nilai bagi pelanggan tetapi juga bagaimana perlakuan perusahaan terhadap karyawan, lingkungan dan produk yang mendukung pelestarian alam.Â
Apabila perusahaan ingin dicintai pelanggan dan perusahaan berkelanjutan untuk jangka panjang, maka tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) harus dimasukkan ke dalam strategi bisnis.
Praktik perusahaan berkelanjutan
Perusahaan seperti Unilever telah berhasil menanamkan keberlanjutan ke dalam bisnis inti mereka, ada banyak perusahaan lain yang berjuang dengan penerapan strategi keberlanjutan perusahaan. Yang pasti, setiap perusahaan menyajikan kasus unik dan memerlukan tinjauan komprehensif strategi, operasi, dan tujuannya untuk memajukan praktik berkelanjutan.
Tidak ada jalur tunggal untuk mengadopsi keberlanjutan, tetapi ada langkah-langkah kritis yang dapat membantu untuk berhasil meng-integrasikan keberlanjutan ke dalam strategi bisnis.Â
Meningkatkan kesadaran perusahaan berkelanjutan (sustainable corporate), tentang manfaat keberlanjutan adalah langkah awal yang penting sebelum membuat peta jalan. Beberapa kemajuan dapat dilaporkan dalam masalah ini, karena semakin banyak direktur atau CEO yang menyadari manfaat dari penerapan perusahaan berkelanjutan.
Keberlanjutan perusahaan menuntut pandangan luas tentang masalah dan dampak, serta pemahaman kerja tentang apa yang dilakukan perusahaan dan bagaimana melakukannya.Â
Menanamkan keberlanjutan berarti menggabungkan keduanya bersama melalui serangkaian langkah nyata, berikut ini beberapa cara untuk menciptakan perusahaan modern berkelanjutan dan jangka panjang: