Mohon tunggu...
Kris Banarto
Kris Banarto Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pemerhati Bisnis dan Humaniora

Penulis buku: Transformasi HRD dalam Bisnis (Deepublish, 2021). Ketika Kita Harus Memilih (Gunung Sopai, 2022). Rahasia Sukses Bisnis Modern (Deepublish, 2022). Merajut Keabadian (Bintang Semesta Media, 2023). Kupas Tuntas Bisnis Properti (Deepublish, 2024). Website: www.ManajemenTerkini.com.

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

STP Process, Gunakan Ini Memasuki Tatanan New Normal

28 Mei 2020   08:05 Diperbarui: 15 Januari 2021   13:01 1464
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Image Shutterstock.com

Segmentation, Targeting dan Positioning (STP) perlu dilakukan baik pada perusahaan yang akan meluncurkan produk baru atau produk yang sudah dipasarkan. STP dilakukan supaya strategi bisnis lebih terarah, khususnya dalam menentukan positioning produk, segmentasi pasar yang akan dituju dan lebih spesifik adalah target pasar. 

Apabila STP dapat direncanakan dengan baik maka organisasi bisnis menjadi efektif dan efisien, dan akan meningkatkan penjualan. Didalam menyusun STP terlebih dahulu mempelajari industri apa yang akan dimasuki, kinerja pesaing, ukuran pasar (market size) dan karakteristik konsumen, ini menjadi penting supaya kita tahun gambaran bisnis secara keseluruhan.

Image dokpri kris banarto
Image dokpri kris banarto
1. Segmentasi Pasar

Segmentasi Pasar : Proses memilih suatu pasar ke dalam berbagai kelompok pelanggan yang berperilaku sama atau memiliki kebutuhan serupa.

Manfaat segmentasi pasar

  • Perusahaan dapat menciptakan penawaran produk atau jasa yang lebih selaras dan harga yang pantas bagi kelompok sasaran tertentu
  • Pemilihan saluran distribusi dan komunikasi jauh lebih mudah
  • Perusahaan menghadapi lebih sedikit pesaing pada segmen tertentu

Segmentasi Pasar meliputi :

A. Segmentasi Geografis :

  • Segmentasi Geografis : Berdasarkan wilayah misalnya Jawa-Bali, Sumatra, Kalimantan dan sebagainya, atau berdasarkan kepadatan di kota metropolitan, pinggiran kota atau desa.
  • Iklim meliputi dataran tinggi & dataran rendah, untuk produk makanan akan berbeda untuk dataran tinggi dan rendah.
  • Didasarkan pada karakteristik terukur dari populasi, seperti usia, jenis kelamin, penghasilan, pekerjaan, pendidikan, generasi, kelas sosial, agama, dan suku
  • Segmentasi berdasarkan penghasilan.
  • Segmentasi berdasarkan pendidikan dan pekerjaan

B. Segmen Psikologis

Proses pengelompokan orang dalam arti kepribadian dan gaya hidupnya, para pemasar telah menggunakan variabel kepribadian untuk melakukan segmentasi pasar. Contoh : Levi's memberi kesan kepribadian muda, santai dan bersifat barat. 

Gaya hidup : perilaku yang konvensional, modern, penggemar alam terbuka, pencari status, pengguna sosial media & suka foto.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun