Mohon tunggu...
Krisanti_Kazan
Krisanti_Kazan Mohon Tunggu... Guru - Learning facilitator in SMA Sugar Group

Mencoba membuat jejak digital yang bermanfaat dan bercita² menghasilkan karya buku solo melalui penerbit mayor. (Learning facilitator di Sugar Group Schools sejak 2009, SMA Lazuardi 2000-2008; Guru Penggerak Angkatan 5; Pembicara Kelas Kemerdekaan di Temu Pendidik Nusantara ke 9; Pemenang Terbaik Kategori Guru Inovatif SMA Tingkat Provinsi-Apresiasi GTK HGN 2023; Menulis Buku Antologi "Belajar Berkarya dan Berbagi"; Buku Antologi "Pelita Kegelapan"; Menulis di kolom Kompas.com; Juara II Lomba Opini Menyikapi Urbanisasi ke Jakarta Setelah Lebaran yang diselenggarakan Komunitas Kompasianer Jakarta)

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Keunggulan Gallery Walk pada Pembelajaran Berbasis Proyek

28 Februari 2024   16:18 Diperbarui: 28 Februari 2024   16:21 234
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Oleh: Krisanti_kazan

Pembelajaran berbasis proyek merupakan pendekatan yang menekankan pada pengalaman langsung dan penerapan konsep dalam situasi dunia nyata. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam konteks pembelajaran berbasis proyek adalah Gallery Walk. 

Gallery Walk adalah suatu teknik di mana siswa berkeliling ruangan untuk melihat dan memberikan tanggapan terhadap proyek atau karya yang telah dibuat oleh teman-teman sekelas. Berikut adalah langkah-langkah Gallery Walk dan keunggulan metode ini dalam pembelajaran berbasis proyek.

Langkah-langkah Gallery Walk:

  1. Persiapan Materi.

    • Guru menyiapkan proyek atau karya siswa yang akan dipamerkan.
    • Setiap proyek atau karya diberi nomor atau label untuk memudahkan identifikasi.
  2. Penyajian Awal.

    • Guru memberikan instruksi awal mengenai tujuan dari Gallery Walk dan memberikan konteks singkat tentang setiap proyek.
  3. Penyelenggaraan Pameran.

    • Proyek atau karya ditempatkan di berbagai sudut ruangan atau dipasang di dinding dengan nomor atau label yang sesuai.
  4. Pertanyaan dan Tanggapan.

    • Siswa berkeliling ruangan dan melihat setiap proyek.
    • Mereka dapat mengajukan pertanyaan kepada pembuat proyek atau memberikan tanggapan tertulis.
  5. Refleksi dan Diskusi.

    • Setelah selesai berkeliling, siswa kembali ke tempat awal.
    • Guru memfasilitasi diskusi reflektif, di mana siswa dapat membagikan pengalaman dan pemahaman mereka.

Baca juga: Memunculkan Momen "WOW dan AHA" Melalui Proyek AMBAK

dokpri
dokpri

Keunggulan Metode Gallery Walk pada Pembelajaran Berbasis Proyek:

  1. Aktifkan Pembelajaran Kolaboratif.

    • Gallery Walk mendorong interaksi antar siswa.
    • Siswa dapat saling bertukar ide, memberikan umpan balik, dan belajar dari proyek-proyek rekan mereka.
  2. Peningkatan Keterlibatan. 

    • Kegiatan fisik berkeliling ruangan dapat meningkatkan tingkat keterlibatan siswa.
    • Mereka lebih aktif dan terlibat secara langsung dengan hasil-hasil proyek.
  3. Pemberian Tanggapan Konstruktif.

    • Siswa memiliki kesempatan untuk memberikan tanggapan konstruktif kepada teman sekelas.
    • Proses ini dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran.
  4. Promosi Kreativitas.

    • Melalui Gallery Walk, siswa dapat melihat beragam pendekatan dan solusi kreatif dari teman-teman mereka.
    • Ini dapat merangsang kreativitas dan pemikiran inovatif.
  5. Pengembangan Kemampuan Presentasi.

    • Siswa yang membuat proyek harus siap menjelaskan dan mempertahankan ide-ide mereka kepada teman sekelas.
    • Ini membantu mengembangkan keterampilan presentasi dan komunikasi.
  6. Evaluasi Formatif.

    • Gallery Walk dapat menjadi bentuk evaluasi formatif yang berguna bagi guru.
    • Guru dapat memantau pemahaman siswa dan menyesuaikan instruksi berdasarkan tanggapan yang diberikan.

Baca juga: Contoh Pertanyaan Refleksi dalam Proses Project-Based Learning

Dengan menerapkan langkah-langkah Gallery Walk, guru dapat meningkatkan interaksi siswa, mempromosikan keterlibatan aktif, dan memperkaya pengalaman pembelajaran berbasis proyek. Metode ini membantu menciptakan lingkungan kelas yang dinamis dan mendukung pengembangan berbagai keterampilan siswa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun