Apabila anda memiliki sebuah perusahaan namun sayangnya perusahaan tersebut sedang dalam masa stuck pada penjualan. Mungkin saat ini adalah waktu yang sangat tepat dengan melibatkan peran dari konsultan digital marketing. Mereka akan memberikan banyak sekali manfaat untuk perusahaan anda, mulai dari team building hingga meningkatkan penjualan. Akan tetapi, perlu anda ingat juga bahwa ada beberapa cara memilih konsultan digital marketing yang harus anda perhatikan dengan baik.
Perlu anda ketahui sebelumnya, profesi sebagai seorang konsultan digital marketing sendiri bukanlah hal yang main main. Karena mereka akan sangat berpengaruh pada masa depan perusahaan anda. Jika anda ternyata salah dalam memilih seorang konsultan digital marketing ini. Uang dan waktu yang anda keluarkan pun akan terbuang begitu saja tanpa menghasilkan keuntungan apapun untuk anda. Karena itulah, untuk menghindari anda dari kesalahan tersebut. Berikut adalah cara memilih konsultan digital marketing yang harus anda perhatikan dengan baik.
Jangan Sembarangan, Inilah Panduan Cara Memilih Konsultan Digital Marketing
Perhatikan Tingkat Pemahaman Konsultan Tersebut Pada Bisnis Anda
Faktanya, cara memilih konsultan digital marketing ini merupakan cara mendasar dan sudah sepastinya anda perhatikan dengan baik. Jika seorang konsultan digital marketing akan membantu perkembangan perusahaan anda, mereka tentunya harus memahami dengan baik seluk beluk dari perusahaan tersebut. Dengan begitu, konsultan digital marketing akan lebih mudah lagi dalam membuat sebuah strategi yang dapat menguntungkan perusahaan tersebut.
Anda dapat memberikan beberapa pertanyaan langsung kepada konsultan tersebut dalam sebuah sesi wawancara, dan dari jawaban itulah. Anda dapat memperkirakan seberapa kompetennya konsultan digital marketing tersebut dalam menangani bisnis anda. Pastikan bahwa konsultan tersebut mampu memberikan jawaban yang memuaskan terhadap pertanyaan tersebut. Karena hal ini juga akan berhubungan langsung dengan pekerjaan mereka selanjutnya.
Perhatikan Jasa yang Mereka Tawarkan Kepada Perusahaan
Perlu anda ketahui juga, tidak hanya konsultan digital marketing saja yang menawarkan jasa untuk membantu perkembangan perusahaan. Karena, saat ini terbilang cukup banyak juga seseorang yang akan membantu penjualan dari perusahaan, namun mereka tidak menawarkan diri sebagai seorang konsultan. Nah, ada beberapa istilah yang harus anda pelajari dalam hal ini. Seperti:
Content marketing : Jasa ini lebih focus terhadap pembuatan sebuah konten yang nantinya akan membantu perusahaan anda untuk meningkatkan penjualan. Umumnya, seseorang yang menawarkan diri sebagai content marketing ini cenderung menggunakan website ataupun blog. Yang kemudian akan mereka bagikan melalui sosial media.
Digital marketing agency : Perlu anda ketahui, saat ini tak sedikit juga beberapa orang yang salah mengartikan agency dengan seorang konsultan. Karenanya, untuk membantu anda dalam cara memilih konsultan digital marketing ini. Digital agency merupakan sebuah bentuk perusahaan yang menawarkan jasa pembuatan strategi marketing, dan membantu anda dalam eksekusi strategi tersebut. Itulah mengapa hingga saat ini tak sedikit juga yang salah mengartikan mereka dengan seorang konsultan.
Sosial media marketing : Sesuai dengan nama tersebut, mereka adalah sosok yang sangat focus dalam melakukan pengelolaan terhadap sosial media. Karenanya, mereka pun memiliki banyak sekali kemampuan dan pengetahuan terhadap sosial media. Mulai dari proses kampanye iklan, pembuatan konten yang tepat, cara memperoleh audiens melalui sosial media, dan lain lain.
Perhatikan Dengan Baik Pengalaman Konsultan Digital Marketing
Dalam profesi konsultan digital marketing sendiri, pengamalan merupakan satu hal penting yang bisa menjadi penentu utama seorang konsultan tersebut. Sehingga, cara memilih konsultan digital marketing selanjutnya adalah dengan memperhatikan pengalaman yang mereka miliki dalam profesi ini.
Ada baiknya juga apabila anda bekerja sama dengan seorang konsultan yang sebelumnya pernah membantu perusahaan yang memiliki bidang sama dengan perusahaan anda. Jangan ragu untuk meminta mereka menjelaskan seluruh pengalaman dan Riwayat pekerjaan mereka, sebelum anda bekerja sama.
Buatlah Sebuah KPI Untuk Konsultan Tersebut
Selanjutnya, cara memilih konsultan digital marketing yakni dengan menentukan KPI. merupakan sebuah tolok ukur penting yang harus anda perhatikan jika ingin bekerja sama dengan seorang konsultan. Sehingga, ada baiknya jika anda menentukan sebuah KPI terlebih dahulu dan mengkomunikasikannya dengan konsultan tersebut. Seperti:
- Traffic website organic : seberapa banyak orang yang mengunjungi website perusahaan melalui hasil pencarian Google;
- Social media growth : berapa besar pertumbuhan dan perkembangan followers pada sosial media anda;
- Lead generation : berapa banyak prospek baru yang berhasil perusahaan anda dapatkan melalui sosial media dan website;
- Engagement : sebesar apa interaksi konsumen dengan website dan sosial media perusahaan anda.
Cobalah untuk membuat sebuah parameter terlebih dahulu untuk memastikan kinerja dari konsultan digital marketing.
Perhatikan Layanan Apa yang Mereka Tawarkan
Layanan yang mereka tawarkan tentunya seputar pemasaran dan bagaimana anda dapat memperoleh penjualan sebanyak mungkin. Akan tetapi, ada baiknya juga apabila anda berkomunikasi terlebih dahulu dengan konsultan tersebut agar tidak terjadi kesalah pahaman saat proses kerja sama berlangsung. Layanan tersebut juga bisa saja meliputi hal, seperti:
- Pembuatan strategi pemasaran;
- Menjalankan strategi pemasaran tersebut;
- Melakukan evaluasi agar menemukan strategi yang maksimal.
Pastikan semua layanan yang mereka berikan ini sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan anda. Selain itu, pastikan juga bahwa layanan tersebut sudah sesuai dengan KPI yang anda buat sebelumnya.
Sebanyak Apa Client dan Karyawan Mereka
Kemudian, cara memilih konsultan digital marketing yakni dengan menanyakan jumlah karyawan dan client mereka. Mungkin anda merasa tidak enak atau segan dalam menanyakan hal tersebut. Akan tetapi, kedua pertanyaan ini nyatanya memberikan gambaran yang cukup besar terhadap kualitas dari pekerjaan mereka nantinya.
Misalnya saja saat mereka memiliki banyak sekali client namun karyawan yang mereka miliki tidak sesuai dan dapat dibilang terlalu kecil untuk jumlah client tersebut. Pastinya, kinerja pekerjaan yang mereka berikan untuk perusahaan anda pun tidak akan maksimal dan konsultan digital marketing ini akan sulit dalam memberikan hasil yang berkualitas.
Background Check Terhadap Pekerjaan Mereka Sebelumnya
Terakhir, cara memilih konsultan digital marketing yakni dengan melakukan background check pada Riwayat pekerjaan mereka. Anda dapat mencoba untuk memanfaatkan adanya platform sosial media, dan mencari tahu lebih dalam lagi mengenai konsultan tersebut. Tak hanya itu, anda juga bisa memanfaatkan mesin pencari Google untuk memperoleh beragam informasi tambahan seperti review dan ulasan dari pekerjaan mereka.
Selain itu, umumnya konsultan digital marketing sendiri akan memiliki website atau blog resmi yang dapat meningkatkan profesionalitas mereka. Nah, dari website atau blog itulah, anda dapat mempelajari kinerja dan kualitas dari seorang konsultan tersebut. Tak hanya itu, anda mungkin bisa saja mempelajari Teknik marketing yang mereka gunakan, yang terdapat dalam website ataupun blog tersebut.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H