Bisnis merupakan kegiatan dan dunia yang penuh resiko berbahaya apabila anda tidak siap dan melakukan hal ini dengan cara yang salah. Karena itulah, sebagian orang sangat takut untuk memulai suatu bisnis dan lebih memilih untuk menjadi karyawan biasa saja. Namun, perlu anda ketahui juga jika anda bisa memanfaatkan segala peluang dan kesempatan yang ada dalam bisnis anda, maka kesuksesan pun akan seratur persen menjadi milik anda.Â
Selanjutnya, untuk anda yang masih ragu dalam melakukan kegiatan bisnis, anda bisa mencari ilmu atau referensi dari PAKAR DIGITAL MARKETING yang professional atau melakukan konsultasi dengan seorang konsultan digital marketing. Anda juga bisa mencari sumber informasi melalui media sosial seperti facebook atau melalui youtube dan google.Â
Selanjutnya, pada artikel ini, anda akan menemukan 4 cara ampuh yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan dan mengembangkan bisnis anda. Simak baik baik ya!
1. Perhatikan Customer Lama yang Senang Dengan Layanan Anda
Peningkatan omset dan penjualan tidak hanya berfokus kepada customer baru saja. Banyak dari pebisnis yang masih mendapatkan omset dari customer yang senang dengan pelayanan yang mereka berikan.Â
Mereka yang puas tentu saja akan memilih bisnis anda lagi apabila membutuhkan suatu barang atau jasa. Karena itulah anda bisa mencoba untuk berbicara kepada customer lama anda dan perhatikan apakah mereka bisa diajak untuk bekerja sama lagi dengan anda atau tidak.
2. Jaga Hubungan Anda Dengan Pelanggan Lama
Seperti yang telah dibahas sebelumnya, peningkatan omset sendiri tidak hanya berfokus kepada customer baru saja. Karena itulah, anda harus menjaga hubungan baik anda dengan customer saat ini, maupun customer lama anda. Berikan mereka informasi seperti produk terbaru, diskon, dan promo terbaru lainnya yang bisnis anda adakan saat ini.Â
Perhatikan juga review mereka untuk meningkatkan kualitas pelayanan dari bisnis anda. Selanjutnya, customer tersebut bisa saja membagikan bisnis anda kepada teman, keluarga, dan kenalan mereka lainnya apabila mereka sangat senang dengan bisnis anda.
3. Lakukan Kegiatan Upsell Untuk Menambah Penjualan Anda
Cara ini banyak dilakukan pada minimarket hingga restaurant makanan. Saat seorang customer hendak membayar pesanan yang mereka pilih, kasir biasanya akan menawarkan promo yang sedang berjalan saat ini untuk membuat customer merasa rugi apabila melewatkan promosi tersebut. Karena itulah strategi ini dinilai sangat efektif untuk menambah penjualan produk hanya dengan waktu yang singkat.
4. Lakukan Optimasi Terhadap Promosi Bisnis Anda
Anda tidak harus menggunakan iklan yang mahal agar bisnis yang anda jalankan ramai dengan pengunjung. Sebaliknya, anda pun bisa menggunakan teknik promosi yang bersifat gratis seperti pengoptimalan SEO yang akan membuat website anda muncul dalam peringkat pertama Google tanpa harus mengeluarkan biaya sedikit pun.Â
Namun, apabila ingin mengeluarkan biaya sedikit, anda bisa mencoba untuk memanfaatkan layanan iklan internet seperti Google ads, Facebook ads, Instagram ads, dan lain lain.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H