Mohon tunggu...
Kompasiana News
Kompasiana News Mohon Tunggu... Editor - Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana: Kompasiana News

Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana. Kompasiana News digunakan untuk mempublikasikan artikel-artikel hasil kurasi, rilis resmi, serta laporan warga melalui fitur K-Report (flash news).

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Storytelling, Kunci Membangun Bisnis dengan Narasi

2 November 2024   19:30 Diperbarui: 2 November 2024   22:55 33
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Creative Storyteller Handoko Hendroyono membagikan pengalamannya dalam membangun bisnis dengan storytelling.

Hal tersebut disampaikannya saat menjadi narasumber di Kompasianival 2024: Every Story Matter, di Chillax, Sudirman, Jakarta, Sabtu (02/11/2024).

Handoko mengatakan bahwa storytelling adalah hal yang sangat penting. Hal itu pula yang ia gunakan kala membangun M Bloc Space.

"Sotrytelling penting banget. M Bloc Space, misalnya. Ini sebenarnya dibangun atas imajinasi dan narasi," katanya.

Selain storytelling, Handoko mengungkapkan bahwa kultur Jaksel tak kalah penting saat membangun M Bloc Space.

Salah satu aspek yang menjadi bagian dari budaya ini, lanjutnya, adalah musik. Pasalnya pengalaman yang berhubungan erat dengan musik menjadi elemen dalam kultur Jaksel.

"Musik adalah ekspresi kekinian tentang spirit kultur Jaksel saat ini. Ada juga spirit jalan kaki. Gaya anak muda sekarang sudah seperti itu," ujarnya.

Sama seperti M Bloc Space, Filosofi pun demikian. Dikatakan Handoko Filosofi Kopi merupakan buah karya sebuah imajinasi dan narasi tentang kopi yang sangat kaya di Nusantara.

"Itulah yang kita jahit menjadi sebuah film," sebutnya.

Handoko mengungkapkan bahwa tulisan merupakan sebuah literasi dan ide. Hasil sebuah tulisan bisa menjadi sebuah modal untuk berbisnis dengan cerita.

"Tulisan adalah literasi dan ide. tulisan itu sebenarnya membangun sebuah universe. Universe biasanya dekat dengan pembaca. Itu modal yang kuat menjadi sebuah bisnis," katanya.

Kompasianival sendiri merupakan ajang kopi darat para content creator dan blogger terbesar di Indonesia.

Tahun ini Kompasianival mengangkat tema "Every Story Matters".

COO Kompasiana Nurulloh mengatakan tema “Every Story Matters” bertujuan untuk memberikan kesadaran bagi banyak orang, terutama konten kreator dan netizen, akan pentingnya dan berpengaruhnya sebuah cerita sekaligus berdampak baik bagi semua orang.

"Melalui tema ini juga tersemat ajakan bagi para blogger atau konten kreator untuk terus menarasikan cerita-cerita baik yang dapat memberikan manfaat di tengah kebisingan percakapan di internet," katanya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun