Mohon tunggu...
Kompasiana News
Kompasiana News Mohon Tunggu... Editor - Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana: Kompasiana News

Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana. Kompasiana News digunakan untuk mempublikasikan artikel-artikel hasil kurasi, rilis resmi, serta laporan warga melalui fitur K-Report (flash news).

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Artikel Utama

Ferrari 488 Pista Akhirnya Hadir di Indonesia

11 Mei 2019   13:42 Diperbarui: 11 Mei 2019   21:05 294
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
kompasiana.com/ Nugroho Dwi Yanto

Ferrari 488 Pista akhirnya hadir di Indonesia. Didatangkan oleh Ferrarti Jakarta, mobil itu dipamerkan di  arena parkir Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis, (09/05/2019) kemarin.

Ferrari 488 Pista merupakan penerus seri spesial Ferrari bermesin V8, seperti 360 Challenge Stradale, 430 Scuderia, dan 458 Speciale. Namanya menandai penghormatan terhadap kiprah Ferrari dalam motorsport yang tak tertandingi.

"Ferrari 488 Pista adalah sebuah produk yang sangat ditunggu-tunggu oleh klien-klien Ferrari di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia," jelas Indraguna Sutowo, CEO Ferrari Jakarta.

Supercar itu memiliki bobot lebih ringan sampai 90 kg, bobot keringnya diklaim mencapai 1.280 kg,  menggunakan mesin V8 yang paling bertenaga dalam sejarah Ferrari dapat menghasilkan 710 hp dengan torsi maksimal 770 Nm.

Kendaraan tersebut bisa dipacu dari diam hingga 100 km/jam dalam 2,85 detik, dengan kecepatan maksimal 340 km/jam.

Ferrari Pista 488 juga memanfaatkan performa aerodinamika, salah satunya mengadopsi desain S-Duct yang digunakan untuk mobil F1 dan desain diffuser tradisional.

Selain itu, spoiler belakang juga dibuat lebih tinggi dan panjang. Secara kolektif, intervensi tersebut membuat Ferrari 488 Pista punya downforce lebih baik sebesar 20%.

kompasiana.com/ Nugroho Dwi Yanto
kompasiana.com/ Nugroho Dwi Yanto

Ferrari 488 Pista mengadopsi teknologi Side-Slip Angle Control versi 6. SSC 6.0 yang menggabungkan semua sistem berikut ini: E-Diff3, F1-Trac, suspensi magnetorheological (SCM), dan Ferrari Dynamic Enhancer (FDE). FDE sendiri menggunakan perangkat lunak Ferrari untuk menyesuaikan tekanan rem pada kaliper.

Tambahan tingkat pengendalian ini menyempurnakan kinerja 488 Pista ketika melewati tikungan dan membuat pengendalian mobil menjadi lebih mudah serta intuitif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun