[caption caption="PT KCJ dan Kompasiana mengadakan blog competition bertema "Commuter Line, the Best Choice for Urban Transport"."][/caption]Apa persamaan antara PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) dan Kompasiana? Keduanya sama-sama menggunakan teknologi internet sebagai media yang efektif untuk menyebarkan informasi. Seiring dengan perkembangan teknologi internet, baik KCJ dan Kompasiana pun turut berkembang dari segi produk maupun layanan.
Setiap harinya, KCJ menerima saran dan keluhan dari para pelanggan melalui berbagai saluran. Namun, sebagian besar interaksi tersebut berlangsung di dunia maya melalui media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Ada pula pelanggan yang kerap berbagi cerita pengalaman baik atau buruk saat menggunakan jasa kereta rel listrik (KRL) Commuter Line dalam bentuk artikel yang diunggah ke blog atau situs lainnya.  Â
Kompasiana sendiri merupakan situs jurnalisme warga paling populer di Indonesia. Hingga saat ini, Kompasia telah memiliki lebih dari 290 ribu anggota yang lebih dikenal dengan nama Kompasianer. Ada sekitar 400 hingga 700 artikel yang diunggah oleh Kompasianer setiap hari, entah itu berupa laporan, opini atau jenis karya tulis lainnya.
Bahkan, Kompasiana juga memiliki sejumlah komunitas dengan bidang, latar belakang atau minat yang berbeda-beda. Dari sekian banyak komunitas unik, ada satu komunitas bernama Commuter Line Community of Kompasiana (CLICK) yang saat ini memiliki jumlah anggota sebanyak 150 Kompasianer.
Sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan, kali ini KCJ ingin melakukan sesuatu yang berbeda. Bersama Kompasiana, KCJ mengajak para Kompasianer untuk berbagi pengalaman seru naik KRL Commuter Line melalui blog competition di Kompasiana. Pengalaman tersebut mencakup beberapa hal, yaitu kualitas pelayanan KRL Commuter Line, keuntungan menggunakan KRL Commuter Line, dan perkembangan fasilitas, fitur serta layanan KRL Commuter Line dari tahun-tahun sebelumnya hingga saat ini.
Berikut rincian lengkapnya:
Syarat dan Ketentuan
- Peserta telah terdaftar sebagai anggota Kompasiana. Jika belum terdaftar, silahkan Anda registrasi dahulu di sini.
- Tulisan bersifat baru, orisinal (bukan karya orang lain atau hasil plagiat), dan tidak sedang dilombakan di tempat lain.
- Konten tulisan tidak melanggar Tata Tertib Kompasiana.
- Dapat mengirimkan lebih dari satu tulisan sesuai dengan aturan jeda tayang Kompasiana.
- Tulisan tidak mengandung unsur SARA atau berisikan informasi negatif mengenai sebuah brand atau jasa atau layanan atau perorangan.
- Tulisan berupa opini, ulasan, dan reportase seputar pengalaman seru naik KRL Commuter Line yang berbasis pada fakta.
- Pengalaman mencakup beberapa hal, yaitu kualitas pelayanan KRL Commuter Line, keuntungan menggunakan KRL Commuter Line, dan perkembangan layanan KRL Commuter Line dari tahun-tahun sebelumnya hingga tahun ini.
Mekanisme Lomba
- Tema: Commuter Line, the Best Choice for Urban Transport
- Periode: 23 November – 6 Desember 2015
- Peserta wajib mencantumkan tag: Best Choice for Urban Transport dan Cinta KRL dalam tiap tulisan.
- Peserta wajib men-share link artikel yang dilombakan melalui akun Twitter, dan mencantumkan hashtag #CintaKRL.
- Tulisan yang tidak sesuai dengan ketentuan dan tema lomba tidak dapat diikutkan lomba.
- Tulisan di luar tema akan dikeluarkan dari proses penjurian.
- Pemenang akan diumumkan pada 13 Desember 2015, bertepatan dengan penyelenggaraan Kompasianival 2015.
- KCJ berhak mempublikasikan karya tulis ketiga pemenang ke media lainnya dengan tetap menyebutkan nama penulis.
Hadiah
- Pemenang I: Uang tunai senilai Rp 3.000.000,-
- Pemenang II: Uang tunai senilai Rp 2.000.000,-
- Pemenang III: Uang tunai senilai Rp 1.000.000,-
Kirimkan karya tulis Anda, sebarkan informasi yang bermanfaat, dan menangkan hadiahnya! Untuk mengetahui event Kompasiana lainnya yang sedang berlangsung, silakan klik di sini.
Update: Kini, KCJ dan Kompasiana mengajak setiap Kompasianer sekaligus pengguna KRL, baik itu yang menggunakan Kartu Multi Trip (KMT), kartu uang elektronik maupun tiket harian berjamin, untuk berpartisipasi dalam blog competition ini. Jadi, mari meriahkan kompetisi ini dengan mengirimkan karya tulis Anda.
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H