Pernah belanja online? Atau malah sedang menjalankan bisnis online shop?
Tidak bisa dipungkiri, sekarang ini siapa sih yang belum pernah belanja online? Hampir setiap orang yang menggunakan smartphone pernah membeli barang secara online. Mulai dari produk fashion, kosmetik, elektronik, hingga membeli makanan pun bisa dilakukan secara online.
Dikutip dari Statista.com, bahwa peningkatan e-commerce di Indonesia sebesar 62,2% pada tahun 2019 dan diperkirakan akan terus meningkat hingga 77,2% dalam tiga tahun kedepan.
Namun sayangnya, tidak sedikit dari mereka yang pernah membeli barang secara online tersebut, merasa was-was setelah barang dikirim oleh penjual, mereka sering menanyakan apakah paket akan aman sampai tujuan, khawatir apakah barang yang mereka beli bisa datang tepat waktu, ataupun hanya sekadar menanyakan posisi paket telah sampai dimana, dan berbagai macam kekhawatiran lainnya.
Padahal dalam hati kecil mereka selalu berharap bahwa barang pesanan mereka bisa diantarkan sampai tujuan tepat waktu dengan cepat dan aman. Dan ketika telah menunggu hari demi hari barang pesanan belum juga kian datang, terjadi keterlambatan pengiriman seperti kisaran waktu yang telah diberikan. Maka mulai timbullah perasaan was-was, khawatir, hingga muncul asumsi dari pembeli bahwa si Penjual tersebut kurang profesional. Kalau sudah begitu, siapa yang dirugikan ?
Tentu saja semua pihak yang akan terugikan. Sebagai seorang pembeli, akan merasa dirugikan karena barang pesanan mereka telat pengirimannya sampai tujuan. Sedangkan bagi seorang penjual, bisa juga sangat dirugikan karena akan berdampak pada reputasi penjual yang tidak profesional.
Di era industri 4.0 seperti sekarang ini, mau tidak mau semua pelaku bisnis dituntut untuk lebih cepat, inovatif dan kreatif.
Dan sadarkah Anda? Bahwa salah satu entitas yang menjembatani barang dari penjual bisa sampai ke tangan konsumen adalah jasa pengiriman atau yang sering disebut Logistik.
Sehingga, pihak Logistik pun, diharapkan untuk bisa mampu bertransformasi meningkatkan kreativitas dan pelayanannya agar selaras dengan tuntutan era digital seperti saat ini. Sebab merekalah yang secara langsung menangani pengiriman barang, menghantarkan barang penjual kepada pembeli.
Namun apa jadinya jika pihak logistik sendiri masih bertahan dengan cara pengiriman tradisionalnya, dan tidak ada inovasi untuk memperhatikan faktor-faktor kepuasan pelanggan tersebut.
Bisa dibayangkan, konsumen mendapatkan barang pesanan mereka dalam waktu yang lama, kepercayaan pembeli terhadap penjual semakin menurun, hingga akhirnya para pebisnis online atau e-commerce sulit mengalami peningkatan.
Pentingnya Pemanfaatan Teknologi Di Era Industri 4.0
Era Industri 4.0 adalah dimana teknologi dan informasi banyak mengambil peran dalam sebuah bisnis. Pemanfaatan teknologi seakan menjadi sebuah keharusan bagi setiap industri kreatif, agar tidak tertinggal oleh kemajuan zaman.
Penggunaan teknologi dan informasi yang baik akan bermanfaat untuk meningkatkan efektifitas pekerjaan, efisiensi waktu dan meminimalisir kesalahan. Pemanfaatan teknologi didalam industri logistik telah dilakukan oleh J&T Express.
J&T Express merupakan perusahaan jasa pengiriman ekspres yang lebih menitikberatkan pada perkembangan teknologi dalam oprasionalnya dan memfokuskan layanannya untuk para pebisnis online e-commerce di Indonesia.
Dengan mengusung slogan 'Express Your Online Business', J&T Express senantiasa melakukan inovasi dan memanfaatkan teknologi untuk mendukung para pebisnis online mengekspresikan bisnis mereka dengan aman dan nyaman, serta bebas rasa khawatir.
Penggunaan teknologi dalam bisnisnya membuat J&T Express memiliki kelebihan dan keunggulan tersendiri yang membedakannya dengan perusahaan lainnya. Lantas apa saja inovasi dan penggunaan teknologi yang dilakukan JT Express dalam bisnisnya?
J&T Express Hadir Sebagai "Pahlawannya Pengiriman di Era Industri 4.0"
Berikut ini 7 Fakta Mengapa J&T Express Menjadi Pilihan Tepat Para Pebisnis Online untuk Mengirimkan Barang Dagangan Mereka ke Tangan Para Konsumen Di Era Industri 4.0
1. Beroperasi Selama 365 Hari dalam setahun
Artinya, J&T Express tidak mengenal hari libur. Tanggal merah dan hari libur nasioal pun ia tetap beroperasi menerima dan mengirimkan paket setiap pelanggan. Ini merupakan suatu keuntungan tersendiri bagi konsumen yang ingin membeli barang secara online.
Disisi lain, kecepatan dan ketepatan waktu pengiriman menjadi faktor utama yang diinginkan setiap pelanggan. Sebab alasan penting inilah J&T Express memulai inovasinya dengan beroperasi tanpa mengenal hari libur. Tujuannya jelas, agar paket bisa sampai ke tangan konsumen lebih cepat.
Sedangkan, untuk biaya pengiriman di JT Express juga lebih terjangkau. J&T Express tidak melakukan perang harga yang bisa mempengaruhi kualitas pelayanan. Paket bisa sampai ditangan konsumen tepat waktu itu merupakan sesuatu yang sudah lebih dari cukup bagi konsumen.
2. Mampu Menjangkau Hingga ke Seluruh Pelosok Nusantara
Hal lain yang sering dikeluhkan para pembeli online adalah jauhnya lokasi kantor cabang jasa pengiriman yang letakknya di pusat kota dan masih jauh dari pelosok desa. Sebab masih ada beberapa konsumen yang harus terpaksa mengambil sendiri paket di kantor cabang jasa pengiriman tersebut.
Meskipun baru berumur 4 Tahun, J&T Express telah memiliki lebih dari 2000 titik antar (Drop Point) yang tersebar di seluruh Nusantara. Infrastruktur inilah yang memudahkan JT Express mampu menjangkau konsumen hingga ke pelosok Nusantara.
Berbeda dengan jasa logistik lainnya, JT Express hanya 1 konter tiap kecamatan, artinya tidak ada mitra atau pihak ketiga. Karena JT Express ingin secara langsung menyapa setiap pelanggannya.
3. Menggunakan Teknologi Mesin Sortir Otomatis dan Realtime Tracking System
Mesin Sortif otomatis ini dilengkapi teknologi scan barcode otomatis, conveyor belt sebagai penunjang jalur paket, mampu menyortir hingga 30.000 paket per jam dan membagi ke dalam 180 destinasi dalam satu putaran.
Yohanes, Cargo and Operation Manajer J&T Express, mengatakan bahwa 99,9% kerja mesin ini akurat. “Saat ini error margin nya hanya nol koma sekian persen, dulu sebelum memakai ini bisa mencapai 1-2%,” pungkasnya.
Yohanes menjelaskan lebih lanjut, bahwa di gudang sortir JT Express juga menggunakan mesin X-ray sendiri untuk memangkas waktu proses sortir hingga 2-3 jam. Tentunya, penggunaan alat ini sudah mendapat regulasi dari Kementrian Perhubungan dan pihak bandara. Inilah rahasia mengapa proses sortir paket di gudang JT Express bisa lebih cepat dan efisien.
Selain itu Real-time tracking system dapat melacak proses pergerakan paket secara lebih detail, seperti posisi paket dimana, tanggal, jam, dan operatornya. Sehingga konsumen bisa mengetahui dan memprediksi kapan paket akan sampai ditujuan.
Tidak cukup sampai disitu, pemasangan CCTV di setiap Drop Point juga diadakan untuk memantau proses internal dan distribusi pengiriman paket guna mendukung keamanan proses pengiriman.
4. Menawarkan Layanan Gratis Jemput Paket di Tempat
Bagi sebagian besar orang, waktu sekecil apapun sangatlah berarti. Maka dalam dunia bisnis ada pepatah yang berbunyi, "time is money". Hal semacam ini sepertinya sangat diperhatikan oleh pihak J&T Express. Ia ingin agar para pebisnis online bisa lebih berfokus pada pengembangan bisnis online mereka, dan urusan pengiriman paket biarkan J&T Express yang bekerja.
Dengan layanan gratis jemput paket di tempat tanpa syarat minimum, artinya pelanggan tidak perlu lagi untuk mendatangi drop point atau kantor cabang untuk mengirimkan paket.
Cukup memesan layanan ini melalui website www.jet.co.id, Call Center 021 80661888 atau melalui Aplikasi. Kemudian sprinter J&T Express akan mengambil paket ke tempat anda sehingga lebih efisien waktu dan tenaga.
5. Menyediakan Aplikasi Mobile dan Website
Kemudahan tracking pengiriman merupakan salah satu kenyamanan tersendiri bagi para pengguna jasa logistik. Oleh karenanya, J&T Express menyediakan Aplikasi Mobile berbasis Android dan IOS untuk memudahkan pelanggan mengakses informasi seputar pegiriman paket sehingga bebas rasa khawatir.
Dalam Apllikasi J&T Express bisa ditemui beberapa fungsi yang memudahkan pengguna, antara lain:
- Lacak Resi (Tracking) Pengiriman lebih detail
- Fitur Drop Off untuk memesan layanan Gratis Jemput Paket di Tempat
- Cek Harga Ongkos Kirim lebih mudah
- Mencari Lokasi Cabang Drop Point terdekat
- FAQ (tanya jawab), bantuan
- dan masih banyak lagi fitur lainnya
Pelanggan juga dapat melacak status pengiriman melalui website www.jet.co.id
6. Memiliki Layanan Hotline 24 Jam dalam Sehari
Kemudahan dalam menghubungi pihak ekspedisi menjadi pertimbangan selanjutnya untuk para pelanggan. JT Express memiliki layanan hotline costumer yang bisa dihubungi 1x24 jam setiap hari. Selain itu JT Express juga aktif di berbagai media sosial untuk berbagi edukasi, pengetahuan, pemberitahuan, tips, dan lain sebagainya.
7. Memberikan Fasilitas Klaim Asuransi yang Cepat (3 hari)
Faktor terakhir yang menjadi pertimbangan costumer dalam memilih jasa pengiriman adalah adanya jaminan keamanan barang saat proses pengiriman. Faktor keamanan ini meliputi adanya jaminan jika paket konsumen rusak atau bahkan hilang. Dan J&T Express memberikan jaminan keamanan berupa proses klaim asuransi yang cepat.
Semua keuntungan diatas merupakan misi J&T Express untuk membantu mengakselerasi perkembangan bisnis para pebisnis online
Maka tidak salah jika J&T Express mengusung slogan "Express Your Online Business". Mengingat banyak sekali manfaat dan keuntungan yang didapat para pebisnis online untuk mengekspresikan bisnis mereka dengan aman, nyaman, dan tanpa khawatir. Begitupun bagi para konsumen untuk lebih cepat menerima paket mereka dengan bebas khawatir pula.
Terbukti saat momen HARBOLNAS 12:12 2019 kemarin, J&T Express berhasil memaksimalkan 10 Juta paket pengiriman. Sungguh #PahlawannyaPengiriman .
Berpedoman pada keinginan setiap konsumen yang membeli barang secara online diantaranya waktu pengiriman yang cepat, biaya ongkos kirim yang relatif murah, kemudahan lacak paket, dan adanya jaminan keamanan. Rasanya menggunakan jasa pengiriman J&T Express sebagai #SahabatPengiriman adalah keputusan yang tepat bagi para Pebisnis Online.
Sekarang boleh Anda bayangkan, ketika para pembeli menginginkan jasa pengiriman seperti J&T Express, namun mereka tidak menemukan yang mereka inginkan (alias anda tidak menyediakannya), maka bisa jadi mereka akan lebih memilih mencari toko lain yang menyediakan jasa pengiriman tersebut. Sangat disayangkan, bukan?
Dengan segudang fitur dan manfaat yang ditawarkan J&T Express kepada para pelanggannya, maka tidak heran jika J&T Express menjadi pilihan tepat sebagai partner jasa Logistik di Era Industri 4.0 yang aman, nyaman, dan bebas khawatir.
Sumber referensi:
- Penetrasi e-Commerse Indonesia
- Pengoperasian Mesin Sortir Otomatis
- JT Express Maksimalkan 10 Juta Pengiriman saat Harbolnas 12;12
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H