Mohon tunggu...
KOMARIAH
KOMARIAH Mohon Tunggu... Guru - ABDI NEGARA DI SDN KEDUNGSUKUN 01

Saya adalah salah satu calon guru penggerak angkatan ke-7 dari Kabupaten Tegal.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi

23 Februari 2023   01:16 Diperbarui: 23 Februari 2023   01:26 6287
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN

MODUL 2.1

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Perkenalkan saya Komariah,S.Pd.SD calon guru penggerak angkatan 7 Kabupaten Tegal..

Dalam kesempatan kali ini saya akan menulis tentang jurnal refleksi dwi mingguan modul 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi menggunakan model 4 F yaitu Fact ( Peristiwa ), Feeling ( Perasaan ), Finding ( Pembelajaran ) dan Future ( Penerapan ).

Fact ( Peristiwa )

Proses Pendidikan Guru Penggerak meliputi Pelatihan secara daring, Lokakarya dan Pendampingan oleh Pengajar Praktik. Pelatihan secara daring melalui LMS ( Learning Management Sistem) menggunakan alur MERDEKA ( Mulai dari Diri, Eksplorasi Konsep, Ruang Kolaborasi, Demonstrasi Kontekstual, Elaborasi Pemahaman dan Aksi Nyata.

Pembelajaran  modul 2.1 ini dimulai pada tanggal 8 Februari 2023 dengan kegiatan pretest . Pada awal modul 2.1 di bagian mulai dari diri saya membuat refleksi diri tentang bagaimana seorang guru dapat mengelola kelas dan memenuhi kebutuhan belajar anak yang beragam. Saya disuruh  membayangkan kondisi kelas yang saya ajar saat ini, saya diminta menjelaskan tantangan-tantangan yang dihadapi dalam proses pembelajaran di kelas serta tindakan-tindakan yang dilakukan untuk mengatasi tantangan tersebut

Pada tahap eksplorasi konsep forum diskusi saya membuat diagram frayer untuk mengukur sejauh mana pemahaman saya terkait materi pembelajaran yang dapat memenuhi kebutuhan peserta didik. Saya diharapkan mampu menganalisis kebutuhan belajar anak, setelah itu menuliskan notes dan menjawab pertanyaan dari setiap laman yang ada di eksplorasi konsep.

Berikutnya Ruang Kolaborasi bersama Ibu Fasilitator yaitu Ibu Evy Sumiati,M.Pd. Pada pertemuan 1 Kami kelompok A1 dan B1 dibagi dibagi lagi menjadi 3 Kelompok  yaitu A1,A2 dan A3 untuk mendiskusikan, menganalisis dan memaparkannya tentang skenario pembelajaran yang ada di LMS. Kelompok kami mendapat tugas untuk menganalisis skenario pembelajaran Tk SD apakah kebutuhan belajar anak sudah terpenuhi atau tidak. 

Pada kegiatan Ruang Kolaborasi ke 2 kami mendapat tugas untuk mempresentasikan hasil diskusi kami dan kelompok lain memberi tanggapan/ umpan balik. Seru sekali rasanya bisa berbagi dengan kelompok lain. Banyak mendapat pemahaman baru, apalagi teman-teman saya dari kelompok lain adalah orang-orang yang hebat, pengalamannya banyak sehingga saya mendapatkan ilmu baru dari mereka. Selesai diskusi kelompok hasilnya diunggah di LMS.

Selanjutnya  membuat Demonstrasi Kontekstual, kami ditantang untuk membuat RPP berdiferensiasi. Pengalaman pertama membuat RPP berdiferensiasi merasa kesulitan, membuat 1 RPP  memakan waktu hampir  dua hari. Mungkin karena ini hal baru jadi masih kesulitan. Tetapi saya yakin lama-kelamaan akan menjadi hal yang mudah untuk membuat RPP berdiferensiasi. RPP diunggah untuk dianalisis oleh CGP lain. Mendapat umpan balik dari teman membuat saya tahu bagian RPP mana yang perlu disempurnakan.

Elaborasi Pemahaman bersama instruktur Bapak Suhartono pada hari Selasa pukul 13.00 hingga 14.30. Dipertemukan dengan rekan CGP lain kurang lebih 40 orang, ini kelas besar yang diampu oleh 4 orang pengajar praktik. InsyaAllah semakin paham dengan pembelajaran berdiferensiasi.

Selanjutnya Koneksi Antar Materi yaitu kami diberi tugas untuk mengaitkan materi modul 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi dengan modul yang sudah kami pelajari sebelumnya. Kemudian melakukan refleksi dengan menjawab pertanyaan -- pertanyaan pemantik.

Yang terakhir Aksi Nyata, kami mendapat tugas untuk merencanakan pembelajaran berdiferensiasi. Meskipun tidak diunggah di LMS namun nanti akan dipantau langsung oleh Pengajar Praktik pada saat Pendampingan Individu.

Feeling ( Perasaan )

Bersyukur mendapat ilmu baru yang belum pernah saya dapatkan sebelumnya. Pada modul 2.1 ini saya mendapatkan banyak ilmu tetang pembelajaran berdiferensiasi  dan harapan saya dapat mewujudkan pembelajaran berdiferensiasi di kelas yang saya ampu serta  konsisten melakukannya. Dan saya memiliki semangat baru untuk segera membagikan materi ini kepada teman sejawat di sekolah saya. Memang bukan hal mudah melakukan pembelajaran berdifernsiasi, membutuhkan kreatifitas untuk merancang pembelajaran. Namun segala sesuatu jika dipelajari kemudian dipraktikkan insyaallah akan menjadi mudah karena sudah terbiasa.

 Finding ( Pembelajaran )

 banyak hal yang saya dapatkan dalam pembelajaran di modul ini diantaranya yaitu :

  • Pembelajaran berdiferensiasi adalah suatu usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memilih kebutuhan belajar individu setiap murid
  • Pembelajaran berdiferensiasi mempunyai tujuan yang jelas .Guru merespon kebutuhan murid, lingkungan belajar efektif,  manajemen yang efektif dan penilaian berkelanjutan
  • Kebutuhan murid ada tiga aspek yaitu persiapan belajar, minat belajar dan profil belajar murid

Strategi pembelajaran berdiferensiasi terbagi menjadi tiga yaitu:

  • Diferensiasi konten
  • Diferensiasi proses
  • Diferensiasi produk

  • Kesiapan belajar ( Readiness ) adalah kapasitas untuk mempelajari materi
  1. Minat merupakan suatu keadaan mental yang menghasilkan respon terarah pada suatu situasi atau objek tertentu yang menyenangkan dan memberikan kepuasan diri
  2. Profil belajar mengacu pada cara-cara bagaimana kita sebagai individu paling baik belajar

Sesuai dengan Filosofi KHD dan Nilai Guru Penggerak sebagai seorang guru harus mampu menyajikan pembelajaran diferensiasi untuk memenuhi hak-hak murid di kelas .

Future ( Penerapan )

Setelah mempelajari modul ini saya akan memetakan kebutuhan peserta didik saya di kelas dan merencanakan pembelajaran berdiferensiasi untuk memenuhi hak belajar mereka di kelas. Saya juga akan sharing dan berkolaborasi dengan rekan sejawat dan orang yang lebih berpengalaman tentang pembelajaran berdiferensiasi serta tidak lupa mengimbaskan pengetahuan ini kepada rekan guru lain di sekolah . Bersama-sama melakukan perubahan demi kemajuan peserta didik agar tujuan pendidikan dapat tercapai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun