Mohon tunggu...
Komang Jnani Wijaya
Komang Jnani Wijaya Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa

melukis adalah hobyy saya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Business Model Canvas: Usaha Gorengan sekitar Kampus

16 Desember 2023   09:23 Diperbarui: 16 Desember 2023   09:28 257
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Business Model Canvas : Usaha Gorengan di sekitar kampus Undiksha

Dalam menjalankan suatu usaha ataupun bisnis,seorang tentunya harus memiliki strategi dalam membangun dan menjalankan bisnisnya agar tetap bisa berkembang menjadi bisnis yang lebih baik. Namun, tidak hanya sebuah strategi saja. Manajemen bisnis, sistem dan analisis bisnis sangat diperlukan serta berbagai komponen yang termuat di dalamnya. Untuk menggapai semua itu diperlukan sebuah model bisnis yang efektif dan efesien dalam mencakup aspek-aspek penting bisnis. Salah satu model bisnis yang terbukti efektif dan efesien dalam mencangkup maupun menjelaskan sebagian besar aspek penting dalam bisnis adalah business model Canvas.

Apa itu Business Model Canvas ?

Business model Canvas merupakan sebuah alat alat (tool) yang ada dalam strategi manajemen bisnis usaha yang digunakan untuk menerjemahkan konsep, keuangan, konsumen dalam bentuk element-element visual. Bisnis model canvas memiliki sebuah keuntungan yaitu membagi hal-hal atau beberapa element penting dalam bisnis ke dalam beberapa focus yang lebih jelas. Memudahkan para pemilik bisnis dan pelaku bisnis untuk menerapkan aspek bisnis secara lebih jelas kedalam perusahaan.


Berikut contohBusinessModel Canvas: Usaha Gorengan sekitar Kampus Undiksha 

Penjelasan dan contoh elment-element yang terdapat dalam BusinessModel Canvas

Dalam membuatBusinessModel Canvas terdapat sembilan element penting yang harus disertakan, berikut penjelasan dan contohnya :

1. Customer Segment

Customer segment merupakan element yang menyatakan segmen atau target dari produk yang dimiliki. Pada element customer segment contohnya seperti mahasiswa, pegawai undiksha ataupun semua kalangan di masyarakat.

2. Value Propositions

Value Propositions merupakan nilai jual produk atau kwalitas layanan yang diberikan oleh usaha yang dimiliki. Pada element value propositions berisi tentang bagaimana keunikan dari produk atau jasa yang ditawarkan dan bagaimana potensi pengembangan produk di masa depan. Contohnya seperti produk gorengan selalu digoreng dengan minyak baru.

3. Channel

Channel merupakan sebuah sarana interaksi antara konsumen dengan wirausaha sebagai tujuan untuk melakukan promosi, penawaran produk dan jasa yang disediakan. Pada element channel ini contohnya seperti membuat akun media sosial produk, mempromosikan lewat instagram, wa, ataupun membuat banner produk.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun