A. Manajemen KomunikasiÂ
Manajemen Komunikasi memiliki beberapa pengertian menurut Para Ahli yaitu :
Michael Kaye : Individu / manusia mengelola proses komunikasi dengan mengoptimalisasikan Sumber Daya Komunikasi dan teknologi yang ada
Parag Diwan : Proses penggunaan berbagai sumber daya komunikasi secara terpadu melalui proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengontrolan unsur-unsur komunikasi untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.
Ega dan Cowan : Pengaplikasian penggunaan sumber daya manusia dan teknologi secara optimal untuk meningkatkan dialog diantara manusia.
B. Konsep Dasar dan Pengertian
1. Konsep Dasar Manajemen
Dasar manajemen bisa dibilang sebagai seni, sebagai ilmu pengetahuan, sebagai proses yang menghasilkan berbagai sumber daya dengan pencapaian tujuan dari manajemen itu sendiri.
Adapun proses-proses manajemen yang mengarahkan pada pencapaian tujuan organisasi yaitu :
1. Â Planning yaitu menetapkan ssaran atau tujuan.merumuskan strategi dan mengembangkan Subrencana.
2. Â Organizing yaitu menentukan apa yang perlu dilaksanakan, cara pelaksanaan, dan siapa yang melakukan.