Mohon tunggu...
Widiyatmoko
Widiyatmoko Mohon Tunggu... Wiraswasta - Aviation Enthusiast | Aerophile | Responsible Traveler

Penggemar pesawat berbagai jenis dan pengoperasiannya serta perkembangannya melalui membaca. Airport of Birth : HLP Current Airport : DPS

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Pesawat Listrik dalam Mengantarkan Industri Aviasi Menuju Keberlanjutan

23 Desember 2023   21:49 Diperbarui: 23 Desember 2023   21:55 111
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Jalan menuju Aviasi yang berkelanjutan bagi industri aviasi tidaklah mudah dan singkat, walau demikian bukan berarti tidak ada progress menuju ke sana.

Beberapa langkah sudah dapat memberikan harapan baru bagi industri aviasi untuk menjadi industri hijau seperti Sustainable Aviation Fuel (SAF) yang berasal dari bahan organik dan lainnya untuk menggantikan bahan bakar fosil.

Selaib dari SAF, terdapat pula langkah untuk menghijaukan langit biru yaitu dengan mengembangkan pesawat bertenaga listrik/baterai atau electric aircraft, namun pengembangannya pun disertai dengan berbagai tantangan.

Tantangan yang paling utama meliputi empat hal yaitu tenaga (power), berat (weight), energi (energy), dan range (daya jelajah), keempat tantangan inilah yang setidaknya belum terjawab secara maksimal walau dengan sudah tersedianya taksi udara dengan kendaraan yang kita kenal dengan eVTOL atau Electric Vertical Take Off and Landing.

Power atau tenaga sangat dibutuhkan oleh pesawat bersayap tetap untuk menghasilkan daya dorong (thrust) dan pesawat bersayap putar untuk menghasilkan daya angkat (lift), sedangkan ukuran power yang dibutuhkan bisa berbeda beda pada ukuran serta kapasitas pada masing masing pesawat.

Ini kemudian mengantarkan kita pada tantangan kedua yaitu berat (weight) karena semakin berat sebuah pesawat maka semakin besar tenaga yang dibutuhkan, terlebih pada pesawat berbadan lebar atau juga pada helikopter yang secara konsep mendapatkan daya angkat dengan melawan gaya gravitasi, yang artinya tenaga yang dibutuhkan harus lebih besar daripada gravitasi.

Namun faktor berat pada pesawat listrik jika berkaitan batas maksimum lepas landas pesawat atau Maximum Take Off Weight (MTOW) adalah tidak sama dengan pesawat berbahan bakar fosil, karena pada pesawat listrik power dihasilkan oleh baterai sedangkan pesawat berbahan bakar fosil dengan minyak dimana berat nya lebih ringan.

Tantangan ketiga yaitu energi. Untuk memahaminya dengan mudah adalah dengan melihat baterai pada smartphone kita dengan melihat berapa lama baterai itu dapat menghasilkan energi kepada smartphone kita, mungkin ada yang bisa bertahan sehsrian penuh namun ada pula yang hanya beberapa jam saja.

Dibutuhkan baterai yang dapat menyimpan energi untuk memberikan tenaga yang dibutuhkan oleh pesawat namun harus memperhatikan berat baterai tersebut karena akan mempengaruhi batas berat pesawat untuk take off.

Faktor baterai juga tidak hanya terletak pada daya energi nya saja tapi juga pada bagaimana energi itu didapat, apakah melalui pengisian di darat dengan cara mengisi layaknya pada baterai smartphone atau dengan solar ketika saat diudara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun