Bagaimana rasanya ketika artikel kita menjadi headline atau Artikel Utama di Kompasiana ? pastinya sangat menggembirakan dan membanggakan terlebih bila artikel tersebut dipersiapkan dengan matang -- seakan terbayar waktu dan jerih payah kita.
Artikel utama memang merupakan apresiasi dari Kompasiana terhadap artikel yang menurut kriteria Kompasiana patut menyandang gelar sebagai artikel utama.
Artikel utama juga bisa menjadi feeder dan trigger trafik ke artikel kita yang akan berdampak pada unique views yang dijadikan dasar sebagai perhitungan K-rewards setiap periode satu bulannya -- yang pada akhirnya akan menambah saldo gopay kita bila UV kita banyak.
Ini adalah pencapaian kita sebagai penulis dan sesuai namanya, K-rewards adalah sebagai apreasi dari Kompasianer atas kinerja kita sebagai anggota keluarga besar Kompasiana.
Selain artikel utama dan K-rewards, apalagi yang bisa kita raih selama menjadi warga Kompasiana ?
Sebenarnya ada hal lain selain dari cuan yang dapat kita raih di Kompasiana sebagai penulis yaitu personal branding di jagad maya -- tidak hanya di Kompasiana.
Ada suatu waktu penulis mendarat di halaman utama salah satu mesin pencari (MSN) dan menemukan artikel dari pak Irwan Rinaldi (/iwanrinaldi) dengan judul "Ada Rencana ke Jerman? Baca Dulu Insight Germany". Judul artikel pak Irwan ini tampil di feed news di halaman utama mesin pencari tersebut sudah tentu ini indikasi dari berbobotnya artikel pak Irwan sehingga dipilih sebagai salah satu artikel pilihan yang terpampang di etalase mesin pencari tersebut.
Sudah tentu tampilnya artikel tersebut menjadi feeder trafik yang efektif dengan mengingat pengunjung dari mesin pencari M ini, namun sebenarnya ini juga bisa dikatakan bahwa artikel kita membangun brand kita sebagai penulis.
Lain lagi pada mesin pencari om G yang jumlah pengunjungnya paling banyak dari semua situs didunia menurut statisa, jika artikel kita berada di halaman pertama pada hasil pencarian dari sebuah kata kunci atau istilah kerennya adalah Search Engine Result Page (SERP) maka itu pertanda sangat, sangat baik. Om G juga memiliki situs khusus untuk news yang bisa menjadi ajang bagi kita untuk membangun brand kita (branding).
Apabila kita menulis dengan konsisten pada satu genre maka sangat besar kemungkinannya beberapa (dan bahkan banyak) artikel kita berada di tab berita/news dari hasil pencarian kata kunci "artikel (nama bidang/genre)", misalnya jika kita spesialis artikel kesehatan maka jika orang memasukkan kata kunci "artikel kesehatan" maka kemungkinan besar --baik di tab berita maupun gambar akan menampilkan artikel artikel kita.
Penulis pun bersyukur beberapa artikel penulis tampil di mesin pencari om G untuk hasil pencarian artikel yang sesuai dengan genre yang penulis berada.
Memang ini bisa tercapai bila kita memasang tag genre pada setiap artikel, semisal artikel kesehatan ataupun kesehatan saja.
Akan tetapi kekuatan domain authority dari Kompasiana ada dibelakang sebagai faktor utama -- dan kuatnya domain authority Kompasiana.com adalah juga karena partisipasi para Kompasianer yang memperkuat Page Authority (PA).
Domain Authority adalah penilaian yang berdasarkan Page Authority yang dikembangkan oleh salah satu situs spesialis Search Engine Optimization (SEO).
Domain Authority Kompasiana.com adalah 81 dari skala 1-100 sedangkan Page Authority halaman utama Kompasiana bertengger dikisaran 60 Â sehingga segala jenis konten (artikel) di Kompasiana akan lebih besar kemungkinannya tampil di halaman terdepan untuk setiap hasil pencarian kata kunci.
Maka tak heran jika kita masukkan semua kata kunci artikel+genre, misalnya artikel kuliner, artikel kesehatan, artikel aviasi, artikel pariwisata dan lainnya, kompasiana selalu berada atas halaman pertama pada hasilnya, begitu pula kata kunci genre tanpa artikel, namun bila tidak maka hanya menandakan masih sedikitnya jumlah artikel pada genre tersebut.
Ini semua berarti bahwa personal brand kita berkembang kuat karena Kompasiana, begitu pula kuatnya domain authority Kompasiana.com adalah salah satu hasil dari partisipasi dan rasa memiliki terhadap Kompasiana, singkatnya ada ada keeadaan win-win antara kompasianer dan kompasiana yang terbangun.
Penulis sendiri menggunakan akun ini sejak Agustus 2022 dan selama 14 bulan ini menghasilkan 75 artikel utama yang berarti sekitar 5 artikel utama per bulannya, tentunya masih banyak Kompasianer yang memproduksi AU lebih banyak dari penulis per bulannya, namun dari sisi penulis, penampilan beberapa artikel di hasil pencarian di mesin pencari dari kata kunci adalah yang lebih utama karena beberapa alasan.
Pertama karena penulis memang pada dasarnya menyukai seluk beluk pesawat, kedua karena penulis sangat suka membagi ide, solusi dan lainnya melalui tulisan mengenai seluk beluk pesawat dan pengoperasiannya.
Dengan berada di mesin pencari pada kata kunci yang sesuai dengan genre artikel kita, maka ada kemungkinan orang akan mengenal kita lebih jauh melalui artikel artikel kita yang kerap nongol di tab berita dan gambar di mesin pencari.
Hanya saja diperlukan konsisten, dalam arti tidak perlu memasang target per harinya - hanya diperlukan konsistensi pada genre nya selain dari memberikan tag genre tanpa dan dengan awalan "artikel ataupun berita".
Dan dari sini akan terbangun pula personal brand kita sebagai penulis (di Kompasiana) pada genre dimana kita berada.
Namun itu bergantung pada masing masing Kompasianer pastinya, mungkin ada yang memiliki preferensi pada UV sehingga trafik menjadi hal utama untuk agar mendapat K-rewards di awal bulan, dan mungkin ada pula yang "hit and run" (pencet tombol tayang dan off she/he goes) atau malah semua nya termsuk membangun personal brand kita sebagai penulis serta ada yang untuk menyalurkan hobi.
Satu hal yang pasti adalah dengan menjadi bagian dari Kompasiana, ada banyak hal yang kita dapat kembangkan bersama dengan saling memberikan manfaat antara Kompasiana dan Kompasianer dalam bingkai win-win.
Menulis di Kompasiana memberikan kita pilihan dan preferensi, ada cuan, ada AU dan lainnya serta ada pula personal brand, dan tidak ada salahnya jika kita ingin menggapai semuanya atau hanya fokus pada satu pilihan.
Bagi yang ingin membangun personal brand, bisa memulai dengan genre yang digemari serta memasang tag nya misalnya kesehatan, kuliner dan artikel kesehatan, artikel kuliner dan seterusnya.
Referensi :
- moz.com/learn/seo/domain-authority
- moz.com/learn/seo/page-authority
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H