Mohon tunggu...
Widiyatmoko
Widiyatmoko Mohon Tunggu... Wiraswasta - Aviation Enthusiast | Aerophile | Responsible Traveler

Penggemar pesawat berbagai jenis dan pengoperasiannya serta perkembangannya melalui membaca. Airport of Birth : HLP Current Airport : DPS

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Pesawat L-1011 dan DC-10 dalam Sejarah Pesawat Berbadan Lebar

9 April 2023   05:25 Diperbarui: 9 April 2023   06:26 1485
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : Pinterest.com

Kedua pesawat ini sama sama memiliki tiga mesin jet yang terletak di bagian ekor pesawat yang mengurangi kebisingan mesin pesawat yang umumnya terdapat di bagian sayap pesawat

Keduanya juga lahir karena adanya permintaan dari berbagai maskapai yang membutuhkan pesawat jet penumpang dengan ukuran lebih kecil dari Boeing B 747 namun juga dapat terbang lintas Samudera Atlantik Utara yang mengbubungkan kota kota di Amerika Utara dan benua Eropa.

Kedua pesawat ini adalah Lockheed L-1011 Tristar dan Douglas DC-10 (sekarang Mcdonnell Douglas) dan menjadi pengisi gap bagi para maskapai pada hal kapasitas antara Boeing B 707 dan B 747.

Kapasitas B 707 adalah 181-200 kursi dan untuk B 747 adalah 416 kursi (3 kelas) atau 524 kurrsi (2 kelas), sedangkan untuk L-1011 antara 250-400 kursi dan untuk DC-10 adalah 250-380 kursi tergantung jumlah kelas penerbangan.

Douglas DC 10 lebih dulu masuk ke pasar baru kemudian disusul oleh Lockheed L-1011 Tristar (sekarang Lockheed Martin), sebabnya adalah karena pihak Lockheed harus mendesain dari nol.sedangkan pihak Douglas tidak demikian.

Ini karena desain pesawat yang digunakan pada DC 10 adalah desain mereka pada kompetisi CX-HLS dari Angkatan Udara Amerika yang menginginkan pesawat kargo militer berkapasitas besar.

Keduanya berbentuk serupa namun tak sana, pembedanya adalah pada letak mesin tengahnya dimana L-1011 mesinnya seperti mwnyatu dengan badan pesawat sedangkan DC 10 mesinnya lebih terlihat menyatu dengan ekor pesawat.

Mengapa kita membahas kedua pesawat yang sudah tidak diproduksi dan dioperasikan lagi ?

Karena perlu diketahui bahwa era pesawat berbadan lebar dalam sejarah penerbangan komersial berjadwal tidak hanya Boeing B 747 tetapi juga kehadiran dari  kedua pesawat ini.

Ketiga pesawat inilah yang telah menghiasi langit di seluruh dunia dan mengangkut jutaan orang serta jutaan ton kargo antar kota, antar negara, antar pulau dan antar benua serta lintas samudera dari awal tahun 1970 an hingga pertengahan tahun 1990 an atau setidaknya hingga kehadiran dari Airbus A 300 pada tahun 1974.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun