Mohon tunggu...
Widiyatmoko
Widiyatmoko Mohon Tunggu... Wiraswasta - Aviation Enthusiast | Aerophile | Responsible Traveler

Penggemar pesawat berbagai jenis dan pengoperasiannya serta perkembangannya melalui membaca. Airport of Birth : HLP Current Airport : DPS

Selanjutnya

Tutup

Parenting Artikel Utama

Memilih Maskapai untuk Anak-anak

4 September 2022   18:38 Diperbarui: 19 September 2022   15:31 567
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Penumpang  Anak Anak (Rahul Singh/pexels.com)

Teknologi sudah memudahkan kita untuk memesan tiket di internet baik yang langsung ke pihak maskapai maupun melalui platform lainnya seperti travel apps, akan tetapi adakalnya kita memerlukan informasi tambahan yang penting dan mungkin hanya bisa didapat dari website maskapai atau menghubungi maskapai melalui telepon.

Salah satu informasi tersebut adalah layanan tambahan atau khusus apa yang disediakan sebuah maskapai kepada pengguna angkutan udara yang melakukan perjalanan dengan putera puteri mereka khususnya yang berumur 12 tahun kebawah.

Melakukan penerbangan jarak jauh dengan pesawat dengan anak anak memerlukan perhatian ekstra bagi orang tua sehingga adakalanya para orang tua tidak banyak mendapatkan istirahat yang cukup karena harus secara bergantian memperhatikan putera puteri mereka selama penerbangan.

Maskapai menangkap itu semua dengan menyediakan berbagai layanan baik di bandara maupun selama penerbangan mulai dari aktivitas yang edukatif hingga hiburan dan akan membuat anak anak tetap sibuk dengan keasyikan mereka dan tidak merasa bosan.

Beberapa layanan dari maskapai bisa berupa paket keluarga dimana ada potongan harga untuk balita dibawah 2 tahun dan dibawah 12 tahun serta beberapa layanan lainnya.

1.Ruang Bermain Anak di Bandara

Beberapa maskapai memiliki ruang bermain anak di bandara hub mereka masing masing dimana anak anak dapat bermain sambil menunggu keberangkatan, namun tidak semua maskapai memiliki ruang bermain ini dibandara hub mereka.

2. Konter Check-in Khusus Keluarga

Konter khusus yang biasa kita temui adalah konter khusus untuk penumpang kelas bisnis/utama atau juga anggota dari program loyaty mereka, akan tetapi beberapa maskapai ada yang secara khusus menyediakan konter check-in khusus keluarga sehingga tidak perlu mengantri panjang seperti penumpang lainnya.

3. Urutan Prioritas saat naik pesawat.

Setiap maskapai memiliki sistem boarding berbeda beda terutama pada urutannya yang berdasarkan nomor kursi ataupun jenis kelas, namun ada beberapa maskapai yang memasukan keluarga dalam priority boarding, dimana selalu berlaku untuk penumpang dengan kebutuhan khusus.

4. Inflight Entertainment (IFE)

Layar dihadapan kursi kita biasanya berisi segala jenis hiburan mulai dari musik hingga film dan hiburan untuk anak berupa games, konten dari IFE akan berbeda beda dari satu maskapai dengan lainnya.

5. Inflight babysitter

Bagi para orang tua yang ingin mendapatkan isitirahat cukup tanpa mengkhawatirkan putera puteri mereka dalam penerbangan jarak jauh, beberapa maskapai menyediakan layanan berupa babysitter selama penerbangan yang akan menjaga putera puteri kita selama kita berisitirahat, layanan ini biasanya termasuk dalam paket keluarga yang ditawarkan oleh beberapa maskapai.

6. Gifts

Beberapa maskapai ada yang memberikan gifts kepada anak anak yang didalamnya bisa bervariasi mulai dari buku mewarnai hingga permainan sehingga akan membuat anak anak tenang dan asyik dengan kegiatannya sesaat mereka duduk dikursi.

Terbang dengan anak anak memerlukan perhatian tambahan mulai dari bandara (foto: Wikimedia Commons)
Terbang dengan anak anak memerlukan perhatian tambahan mulai dari bandara (foto: Wikimedia Commons)

7.Layanan tambahan

Beberapa maskapai menyediakan layanan khusus untuk anak anak dimana umumnya seperti penghangat air botol untuk susu hingga selimut, namun beberapa maskapai juga membolehkan penumpang keluarganya untuk membawah kursi bayi seperti pada car seat tanpa biaya dalam artian tidak dihitung dalam jumlah berat bagasi yang diperbolehkan.

8.Menu Makanan

Dalam paket keluarga terdapat menu makanan khusus untuk amak anak yang bisa dipesan sebelumnya, hal ini bisa membuat orang tua memesan makanan yang sesuai dengan kesukaan dan selera putera puteri mereka.

Ini hanya beberapa jenis layanan khusus keluarga yang disediakan oleh beberapa maskapai, kemungkinan ada layanan lainnya yang secara khusus disediakan oleh sebuah maskapai.

Dan bila kita berpergian dengan kelas bisnis maupun utama maka jenis dan kualitas layanannya pun akan berdampak pula pada paket keluarga tak terkecuali pada putera puteri kita.

Untuk itu bila berpegian dengan putera puteri kita khususnya untuk penerbangan jarak jauh ada baiknya menanyakan jenis layanan keluarga ataupun ketersediaan paket keluarga ke maskapai terlebih dahulu, karena jika paket keluarga tidak tersedia di travel apps maka jalan satu satunya adalah melakukan pesanan langsung kepada maskapai tersebut.

Beberapa maskapai juga membolehkan anak anak terbang sendiri tanpa ditemani (unccompanied minors) namun masing masing juga menentukan kebijakan masing masing terutama pada batasan umur.

Referensi : Satu Dua Tiga Empat

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun