Tidak dipungkiri kreativitas muncul saat kondisi atau posisi terdesak. Namun tak jarang kreativitas keluar dari kepala seseorang karena kemampuan melihat peluang. Muncul lewat kepedulian terhadap sesama sebab memiliki keinginan untuk maju atau sukses bersama.
Orang-orang semacam itu adalah orang yang memiliki kualitas lebih dibanding yang lain. Kualitas diperoleh karena pengetahuan. Tidak hanya lewat pendidikan tetapi juga karena pengalaman atau  keadaan yang menuntutnya berhasil mengatasi aneka rintangan dan hambatan.Â
Akibatnya gagasan kreatif muncul dan menggerakkan untuk berbuat sesuatu. Dengan melakukan atau mewujudkan dalam tindakan atau aksi nyata yang bermanfaat bagi banyak orang.
Beruntunglah kampung wisata Rejowinangun, selanjutnya saya sebut desa wisata Rejowinangun Yogyakarta memiliki sumberdaya yang kreatif. Mampu menangkap kesempatan bernama peluang sebagai sesuatu yang bermanfaat secara ekonomis bagi warga.
Mampu menjadi motor penggerak warga untuk saling bersinergi guna mengembangkan desa. Tanpa sumberdaya mumpuni, ide dan gagasan baik dan bermanfaat pasti akan sulit terwujud. Maka tidak heran jika Adira Finance memberi dukungan kegiatan positif untuk kemajuan desa Rejowinangun Yogyakarta.
Upaya membentuk atau menjadikan Rejowinangun sebagai desa wisata ramah berkendara dan tempat terselenggaranya Festival Kreatif Lokal (FKL). Acara FKL berlangsung awal November 2022 di pelataran parkir Timur Kebun Binatang Gembira Loka.
Desa wisata Rejowinangun Yogyakarta cakupannya cukup luas, sebagian lokasinya langsung bersebelahan dengan kebun binatang Gembira Loka Yogyakarta. Dimana wisatawan dari berbagai kota dan kelompok umur seperti tidak pernah habis berkunjung ke salah satu tujuan wisata favorit di Yogya.
Musim liburan seolah menjadi masa memanen rezeki bagi warga desa wisata Rejowinangun dari para wisatawan saat berkunjung ke Gembira Loka. Membelanjakan di warung atau pedagang asongan yang ada di sekitar kebun binatang.