Oleh: Najwa Khabiza Egaikmal - Content Writer Intern Growth CenterÂ
Coworking space adalah ruang kerja yang disediakan untuk orang-orang dari berbagai background dan perusahaan agar dapat bekerja dalam ruang yang sama. Coworking space yang berbayar bisa disewakan perhari, perminggu, bahkan perbulan.Â
Biasanya, coworking space menyediakan ruang kerja perseorangan, ruang meeting, bahkan ruang private tergantung kebutuhan orang atau perusahaan.Â
Kalau dari sisi perusahaan, konsep seperti ini juga mulai ngetren karena meringankan beban operasional kantor, perusahaan bisa menyewa saja coworking space untuk kebutuhan pekerjaan dan mendapatkan fasilitas nyaman.
Apalagi, setelah mengalami pandemi yang panjang, preferensi kerja orang Indonesia mulai berubah. Menurut studi Cisco tahun 2022, 84% pekerja Indonesia lebih suka bekerja hybrid, menjadi angka paling tinggi di antara negara ASEAN lainnya. Â
Makanya, selain disewakan perusahaan, coworking space juga sering dipakai oleh individu seperti pelajar, freelancer, pekerja yang WFA (Work From Anywhere), dan berbagai background lainnya. Tidak heran, coworking space di Indonesia pada tahun 2018 saja 80%-nya di Jawa dan setengahnya ada di Jakarta, menjadi yang terbanyak se-Indonesia.
Meskipun banyak juga orang yang bekerja di kafe atau di tempat makan, tetapi distraksi jauh lebih besar terasa. Coworking space menawarkan lingkungan kerja yang lebih produktif, tenang, dan mendukung.
Baca Juga: Manajemen Konflik di Tempat Kerja: Hadapi dengan Kepala Dingin!
Manfaat Coworking Space untuk PekerjaÂ
Mengetahui fasilitas dan kenyamanan yang ditawarkan sama coworking space, apakah ada manfaat signifikan yang lebih deep buat pekerja? Yuk, kita bahas!Â
ProduktivitasÂ
Penelitian menunjukkan bahwa coworking space memberikan kemajuan dalam bekerja.
Alasannya, di coworking space, setiap pekerja mendapatkan kebebasan untuk mengendalikan pekerjaan mereka, tidak di bawah "otonomi" perusahaan. Maksudnya, mereka bebas bekerja dengan tempo istirahat yang mereka mau, memilih suasana private atau open, dan intensitas sosialisasi yang dilakukan.
Desain dan suasana kerja di coworking space juga meminimalkan kebisingan untuk mendukung fokus tetapi di saat yang bersamaan juga fleksibel dan lebih santai.Â
Hal ini karena kamu bebas untuk memilih berinteraksi sebanyak atau sesedikit apa dengan orang lain.Â
Di ruangan di mana orang-orang sama-sama bekerja, kamu akan terpantik semangat dan motivasi juga dalam bekerja. Apalagi, fasilitas yang diberikan coworking space terbilang mendukung.
Menjalin networking dengan pekerjaÂ
Coworking space menjadi tempat ideal untuk membangun networking dengan pekerja-pekerja lain. Ruang kerja yang fleksibel juga membangun kesempatan untuk bertukar ide dan bahkan peluang kerja sama. Apalagi coworking space berisi orang-orang dengan background dan perusahaan berbeda, ini memungkinkan kolaborasi terbangun.
Nah lewat kolaborasi seperti ini, kamu bisa membangun professional growth.
Kesehatan mental!
Bicara tentang work life balance, coworking space adalah environment yang tepat. Pasalnya, seorang expert mengatakan bekerja di coworking space itu jauh lebih baik untuk mental daripada di rumah. Melalui koneksi yang dibangun dan kesesuaian kebutuhan yang diatur oleh diri sendiri, orang bisa merasa lebih damai dan minim stress.
Balik lagi, semua ini karena kenyamanan dan fleksibilitas yang ditawarkan oleh coworking space.Â
Rekomendasi Coworking Space Murah di Jakarta
Do's and Don'ts Kerja di Coworking SpaceÂ
Nah, sebelum pergi bekerja di coworking space, tentu kamu harus tau do's and dont's-nya. Yuk, kita bahas!
Do's:Â
1. Memanfaatkan fasilitas dengan bijakÂ
Setiap coworking space memang memiliki fasilitas yang berbeda. Tapi pada umumnya, fasilitas ini bisa menunjang kebutuhan kerja kamu. Tanya kepada penyedia coworking space untuk fasilitas yang kamu butuhkan supaya kamu bisa menggunakannya dengan maksimal.Â
Selain maksimal, kamu juga harus bijak menggunakannya. Karena coworking space ini adalah ruang kerja bersama, kamu harus menggunakannya dengan baik dan bertanggung jawab untuk menghormati kebutuhan pekerja lain juga.Â
2. Berinteraksi dengan pekerja lain
Berinteraksi dapat membantumu membangun jaringan profesional. Tapi, pastikan interaksi yang dibangun tidak mengganggu produktivitas ya. Belajarlah sebanyak-banyaknya dari orang lain dengan sharing dan kolaborasi. Berinteraksi juga bikin kamu jadi lebih termotivasi dalam bekerja.
3. Berpakaian dengan nyaman
Meskipun tempat ini fleksibel, tetapi tetap gunakan pakaian yang membuat nyaman untuk bekerja. Kamu juga harus tetap berpenampilan profesional supaya bisa menjaga citra positif yang mengundang kolaborasi dengan orang lain.Â
Don'ts:
1. Mengganggu kenyamanan
Jangan lakukan kebisingan yang tidak perlu sehingga mengganggu kenyamanan. Fokus pekerja akan terganggu jika kamu melakukan ini. Gunakan fasilitas dengan apik, hindari bernyanyi saat mendengarkan lagu, dan gunakan ruang diskusi untuk ngobrol atau rapat.
2. Mengabaikan kebutuhan diri
Meskipun coworking space sangat nyaman untuk bekerja, kamu tetap harus memperhatikan kebutuhan diri. Jaga makan dan istirahat untuk keseimbangan hidup yang lebih baik.Â
3. Menggunakan ruang lain tanpa izin
Setiap ruangan pasti punya mekanisme sendiri untuk dipinjam. Oleh karena itu, jangan sampai menggunakan ruangan lain di luar dari yang kamu sewa untuk kenyamanan satu sama lain.
Coworking space dalam banyak hal menjadi alternatif dan terobosan baru bagi model atau metode bekerja perusahaan. Tidak heran saat ini banyak perusahaan yang mempertimbangkan menggunakan sistem coworking space untuk menghemat dan menekan biaya gedung sehingga menjadi efektif dan efisien.
Bagi pekerja, bekerja dengan fasilitas dan interior yang ada di coworking space mungkin dapat membuat lebih rileks dan santai. Karena itulah coworking space bisa menjamur di mana-mana, khususnya di daerah produktif seperti Jakarta.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H