Database adalah suatu komponen penting agar usaha tetap eksis. Optimalisasi pengelolaan database akan menunjang perkembangan bisnis, kita tahu bahwa persaingan bisnis semakin hari semakin ketat. Munculnya bisnis sejenis dengan inovasi yang sangat beragam tentunya menjadi sebuah tantang tersendiri. Oleh karena itu salah satu alternatif untuk bertahan dalam persaingan adalah pengelolaan database pelanggan dengan benar.
Di era bisnis digital yang sedang berkembang sangat pesat saat ini, database pelanggan merupakan suatu asset yang sangat berharga. Sukses atau tidaknya suatu usaha juga dapat dilihat dari seberapa banyak dan luasnya pelanggan yang dimiliki.Â
Untuk pelanggan sendiri dapat kita kategorikan menjadi 3 kelompok, yakni:
- Cold: Merupakan customer yang sama sekali belum kenal kita atau belum kenal produk kita
- Warm: Merupakan customer yang sudah mengenal kita/produk kita baik itu dari relasi customernya sendiri, iklan atau project marketing yang kita jalankan
- Hot: Merupakan customer yang sudah sangat mengenal tentang kita dan kualitas produk/jasa yang kita jalankan
Pada artikel kali ini, akan dibahas fitur apa saja yang terdapat pada aplikasi Keyboard Wabot yang dapat kita gunakan untuk mengelola database ada. Nah sebelum kita bahas lebih lanjut fitur-fiturnya mari kita terlebih dahulu membahas sedikit tentang aplikasi tersebut.
Banyak sekali fitur-fitur pada aplikasi ini yang dapat membantu para pebisnis online dalam menjalankan bisnisnya. Diantaranya:
- WhatsApp Form
- Keyboard Wabot & Auto Text
- Schedule Messege
- Auto Reply
- Manajemen Data Customer
- Export Import Kontak Otomatis
- Manajemen Data Operator
- Auto Follow Up
- Leads Magnet (Autoresponder)
- Template Promosi
- WA Link Generator
- Link Page
- API Key untuk Webhook & Whatsapp Gateway
- Ucapan Selamat Ulang Tahun Otomatis, dll
Nah banyak sekali kan fiturnya? Selanjutnya mari kita bahas fitur-fitur aplikasi Keyboard Wabot yang dapat membantu mengelola database pelanggan.
1. Fitur Leadmagnet (Autoresponder)
Apabila Anda belum mempunyai database pelanggan fitur ini bisa digunakan untuk menyaring pelanggan kategori 'cold' kedalam database pelanggan baru yang akan Anda buat. Dengan fitur ini Anda dapat membuat sebuah form yang dapat digunakan untuk mendapatkan data para calon pelanggan sebagai langkah pertama membangun database. Dengan fitur ini, Anda bisa mendapatkan data kontak orang-orang yang sekiranya tertarik dengan produk usaha Anda, kontak yang dimaksud bisa berupa email, nomor telepon/ nomor WhastApp, dan/atau alamat.
Fitur ini selain bisa bisa digunakan dalam proses membangun database pelanggan juga bisa digunakan untuk building list lain seperti:
1. Pembagian Freebis (Gratis tool, ebook atau semacamnya dengan syarat memberikan database nomor Whatsappnya).
2. Pendaftaran bagi para marketer yang mau ikut program training atau ecourse
3. Pendaftaran konsumen/member
4. Dan kebutuhan building list lainnya
5. Membangun database reseller atau dropshiper
2. Kontak & Group Kontak
Fitur ini berguna untuk menunjang data atau informasi jika Anda ingin menerapkan metode CRM(Customer Relationship Management) untuk meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan pada bisnis yang Anda jalankan, metode CRM bertujuan untuk mengenal pelanggan sekenal mungkin sehingga mampu berkomunikasi, dan mampu menghadirkan layanan dan produk sesuai dengan apa yang dimau oleh customer. Dalam hal ini, kuncinya adalah data, dan informasi tentang pelanggan. Pengolahan database customer ini bertujuan untuk mengenal pelanggan lebih dalam untuk membuat program pesaran yang sesuai.
Sebenarnya Anda bisa membangun database pelanggan melalui Whatsapp atau fitur Kontak bawaan yang sudah terdapat pada perangkat smartphone yang anda gunakan, hanya saja fiturnya terbatas. Anda hanya dapat menambahkan data kontak seperti nama dan nomor kontak saja, juga pengelompokan kontak yang terbatas dan cukup rumit. Sedangkan dengan menggunakan Wabot membangun database kontak Whatsapp menjadi lebih mudah.
*Â Group Kontak
Fitur ini digunakan untuk mengelompokan data kontak yang Anda punya. Dengan fitur ini Anda dapat melakukan pemetaan dan segmentasi terhadap data kontak dengan membentuk group-group tertentu, sehingga Anda dapat membuat program atau pemasaran sesuai segmennya. Anda dapat membuat pengelompokan berdasarkan kategori, seperti:
a. Apakah data kontak tersebut masuk ke pelanggan baru atau pelanggan lama.
b. Apakah data kontak tersebut termasuk ke prospek atau ke mitra bisnis,Â
c. Atau apakah data kontak tersebut merupakan pelanggan yang suka rewel(complain) terhadap layanan atau tidak, dan sebagainya.
Fitur ini berguna untuk menambahkan data-data pelengkap pada data kontak yang Anda miliki. Anda bisa menambahkan data pribadi kontak seperti:
a. Â Â Nama lengkap.
b. Â Â Jenis kelamin.
c. Â Â Tanggal lahir.
Menambahkan data pendukung seperti:
a. Â Â Nomor Whatsapp
b. Â Â Alamat tempat tinggal
c. Â Â Email
d. Â Â Sosial media (Instagram, Telegram, Web, Facebool, Linkedin)
e. Â Â Akun bisnis (Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Olshop ID)
Anda bisa menambahkan note dan riwayat kontak untuk menambahkan informasi lain yang bersangkutan dengan data kontak tersebut, juga dengan menambahkan data kontak ke Group Kontak yang sudah Anda buat.
4. Fitur Kirim Pesan
Selanjutnya fitur yang bisa digunakan untuk mengelola database pelanggan adalah fitur kirim pesan dan pesan terjadwal. Hampir sama seperti fitur auto follow up, fitur ini dapat Anda gunakan untuk melakukan promosi tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan kepada para pelanggan yang ada pada database pelanggan Anda. Ada 3 jenis pilihan untuk mengirimkan pesan dengan fitur pada aplikasi Keyboard Wabot ini:
- Pesan per Kontak, fitur kirim pesan biasa yang merupakan kirim pesan direct (langsung) kepada pelanggan
- Pesan per Group Kontak (Broadcast), fitur kirim pesan massal sekaligus ke semua kontak yang ada pada Group Kontak yang dibuat
- Pesan Terjadwal, sesuai namananya fitur ini digunakan apabila pesan ingin dikirimkan sesuai waktu yang ditentukan
5. Fitur Data Operator
Bagaimana? fitur-fiturnya sangat bermanfaat sekali bukan? Tunggu apalagi langsung download aplikasinya sekarang juga dan bangun database reseller Anda!
Untuk informasi lebih lanjut tentang penggunaan lengkap aplikasi bisa diakses di menu tutorial dalam aplikasi Keyboard Wabot.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H