Mempunyai data kontak customer yang besar merupakan suatu asset yang besar pula untuk kemajuan bisnis Anda. Namun, meskipun Anda mempunyai database customer yang besar tetapi tidak bisa mengoptimalkannya dengan baik maka akan percuma saja. Oleh sebab itu diperlukan manajemen data kontak yang baik supaya kita bisa mendapatkan potensi maksimal dari database kontak yang kita kelola.
Pada aplikasi Wabot sudah ada fitur-fitur manajemen data kontak untuk memudahkan para penggunanya memanajemen database customer yang mereka miliki. Fitur ini berguna untuk menunjang data atau informasi jika Anda ingin menerapkan metode CRM(Customer Relationship Management) untuk meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan pada bisnis yang Anda jalankan, metode CRM bertujuan untuk mengenal pelanggan sekenal mungkin sehingga mampu berkomunikasi, dan mampu menghadirkan layanan dan produk sesuai dengan apa yang dimau oleh customer.Â
Dalam hal ini, kuncinya adalah data, dan informasi tentang pelanggan. Pengolahan database customer ini bertujuan untuk mengenal pelanggan lebih dalam untuk membuat program pesaran yang sesuai.
Sebenarnya Anda bisa membangun database pelanggan melalui Whatsapp atau fitur Kontak bawaan yang sudah terdapat pada perangkat smartphone yang anda gunakan, hanya saja fiturnya terbatas. Anda hanya dapat menambahkan data kontak seperti nama dan nomor kontak saja, juga pengelompokan kontak yang terbatas dan cukup rumit. Sedangkan dengan menggunakan Wabot membangun database kontak Whatsapp menjadi lebih mudah.
Sekarang mari kita bahas fitur pada aplikasi Wabot yang bisa kita gunakan untuk mengolah data pelanggan Anda.
* Group Kontak
Fitur ini digunakan untuk mengelompokan data kontak yang Anda punya. Dengan fitur ini Anda dapat melakukan pemetaan dan segmentasi terhadap data kontak dengan membentuk group-group tertentu, sehingga Anda dapat membuat program atau pemasaran sesuai segmennya. Anda dapat membuat pengelompokan berdasarkan kategori, seperti:
a. Apakah data kontak tersebut masuk ke pelanggan baru atau pelanggan lama.
b. Apakah data kontak tersebut termasuk ke prospek atau ke mitra bisnis,Â
c. Atau apakah data kontak tersebut merupakan pelanggan yang suka rewel(complain) terhadap layanan atau tidak, dan sebagainya.
Untuk membuat Group Kontak pada aplikasi Wabot cara nya adalah:
Masuk ke aplikasi Wabot => Menu => Pilih Group Kontak => Pilih icon tambah(+) untuk membuat Group Kontak Baru => Isikan nama group dan deskripsi lengkap tentang group => Simpan.
![dokpri](https://assets.kompasiana.com/items/album/2020/01/13/gk-5e1bcfc3097f3678bd40dec2.png?t=o&v=770)
Fitur ini berguna untuk menambahkan data-data pelengkap pada data kontak yang Anda miliki. Anda bisa menambahkan data pribadi kontak seperti:
a. Â Â Nama lengkap.
b. Â Â Jenis kelamin.
c. Â Â Tanggal lahir.
Menambahkan data pendukung seperti:
a. Â Â Nomor Whatsapp
b. Â Â Alamat tempat tinggal
c. Â Â Email
d. Â Â Sosial media (Instagram, Telegram, Web, Facebool, Linkedin)
e. Â Â Akun bisnis (Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Olshop ID)
Anda bisa menambahkan note dan riwayat kontak untuk menambahkan informasi lain yang bersangkutan dengan data kontak tersebut, juga dengan menambahkan data kontak ke Group Kontak yang sudah Anda buat.
Untuk menambahkan Kontak baru pada aplikasi Wabot cara nya adalah:
a. Â Â Masuk ke aplikasi Wabot => Menu => Pilih Kontak => Pilih icon tambah(+) untuk membuat Kontak Baru => Isikan deskripsi lengkap tentang kontak yang Anda buat => Simpan.
![dokpri](https://assets.kompasiana.com/items/album/2020/01/13/k1-5e1bcff6097f3665830d45c3.png?t=o&v=770)
![dokpri](https://assets.kompasiana.com/items/album/2020/01/13/k2-5e1bd004097f367653773ae2.png?t=o&v=770)
b. Â Â Atau menggunakan cara kedua dengan cara Import Kontak dari data kontak yang sebelumnya sudah tersimpan di perangkat smartphone Anda. Caranya: Masuk ke aplikasi Wabot => Menu => Pilih Kontak => Pilih icon titik tiga di pojok atas sebelah kanan (menu Import Kontak) => Pilih data kontak yang ingin Anda import ke aplikasi Wabot.
![dokpri](https://assets.kompasiana.com/items/album/2020/01/13/k3-5e1bd029097f36152d4f5202.png?t=o&v=770)
Dengan demikian database kontak yang Anda miliki kini lebih teratur dengan data yang cukup lengkap untuk menunjang metode CRM yang Anda gunakan untuk terhubung dengan pelanggan. Anda juga bisa mengedit atau menambahkan informasi paling update seputar pelanggan, mulai dari keluhan, permintaan produk, dan jenis servis yang perlu ditingkatkan di riwayat kontak.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI