Mohon tunggu...
kknumkemloko
kknumkemloko Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mengabdi untuk Negeri dan Masyarakat

SEMOGA MENJADI KELOMPOK YANG BERMANFAAT DAN BERMARTABAT

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKN UM 2021 Buat Media Pembelajaran untuk Membantu Pemahaman Siswa Kelas 4 dan 5 MI Darul Ulum 2 Desa Kemloko

25 Juli 2021   10:01 Diperbarui: 25 Juli 2021   10:09 342
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Oleh: Mahasiswa KKN UM 2021

Kemloko (23/7/2021). Salah satu program kerja mahasiswa KKN UM di Desa Kemloko yaitu pembuatan media pembelajaran untuk kelas 4 dan 5 MI Darul Ulum 2 Desa Kemloko.

Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik.

Media Pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi dalam proses belajar mengajar sehingga dapat merangsang perhatian dan minat siswa untuk belajar. Media pembelajaran memberikan manfaat dalam pembelajaran di kelas, diantaranya meningkatkan perhatian siswa, motivasi siswa, meningkatkan efektifitas pembelajaran dan penyesuaian dengan tingkat perkembangan siswa.

Sebelum pembuatan media pembelajaran, perwakilan dari mahasiswa KKN UM Desa Kemloko melakukan wawancara di salah satu sekolah yang berada di Desa Kemloko yaitu MI Darul Ulum 2.  Wawancara tersebut dilakukan bersama dengan Kepala Sekolah serta Wali Kelas 4 pada tanggal 5 Juli 2021.

Oleh: Revita (Mahasiswa KKN UM)
Oleh: Revita (Mahasiswa KKN UM)

"Iya mbak, dari kami sendiri itu kesulitan ketika akan mengajarkan materi keberagaman materi IPS pada kelas 4, selain siswa sendiri juga terkadang kesulitan ketika memahami materi perkalian dan pembagian pada pembelajaran matematika" kata Wali Kelas 4.

"Nanti untuk media yang dibutuhkan oleh sekolah bisa dikoordinasikan lagi dengan Bu Tika (Wali Kelas 4) bersama wali kelas 5 mbak" kata Kepala Sekolah MI Darul Ulum 2.

Oleh: Raditya Ningrum.(Mahasiswa KKN UM)
Oleh: Raditya Ningrum.(Mahasiswa KKN UM)

Berdasarkan hasil wawancara dan juga koordinasi antara Wali Kelas 4 dan 5 tersebut, mahasiswa KKN UM akhirnya memilih media pembelajaran "Ular Tangga Keberagaman" serta "Poster Sistem Pernapasan". Dibuatnya media pembelajaran "Ular Tangga Keberagaman" diharapkan siswa bisa memahami materi pembelajaran dengan baik. 

Cara bermain media "Ular Tangga Keberagaman" pun sama dengan bermain permainan ular tangga pada biasanya sehingga dengan adanya media ini maka pembelajaran yang berlangsung bisa menyenangkan dan membuat siswa menjadi tidak mudah bosan.

Untuk pembuatan poster mengenai sistem pernapasan manusia sebagai media pembelajaran kelas 4 bertujuan untuk memberikan visualisasi kepada siswa seperti apa bagian-bagian organ tubuh yang termasuk dalam sistem pernapasan. Selain itu, siswa dapat mengetahui letak-letak alat pernapasan manusia tersebut. 

Dengan melihat poster sistem pernapasan manusia juga membantu siswa dalam mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan sistem pernapasan manusia serta memberikan rasa ingin tahu fungsi daripada setiap alat-alat pernapasan manusia. Siswa akan lebih mudah memahami suatu materi Ilmu Pengetahuan Alam apabila mereka secara langsung mengamati objek tersebut seperti gambar alat sistem pernapasan manusia.

Ditulis Oleh: Indah Purnama S., Veni Cristiana D, Devita Lutfi, & M. Aldi P.R.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun