Mohon tunggu...
KKN TEMATIK10
KKN TEMATIK10 Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKN Tematik 10 Angkatan XX Unuversitas Nurul Huda OKU Timur

Halo Semuanya selamat datang, terimakasih telah berkunjung ke profil kami !

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Praktik Mengajar di SMK Nurul Huda

11 Agustus 2024   11:35 Diperbarui: 11 Agustus 2024   11:38 102
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pada hari Jumat tanggal 26 April 2024, telah dilaksanakan kegiatan praktek mengajar di kelas X (Sepuluh) SMK Nurul Huda Sukaraja dengan pokok bahasan Dasar Akuntansi.


A. Situasi Pelaksanaan Pembelajaran

 (antara lain : setting kelas, media pembelajaran, projek)

Kondisi kelas :peserta didik mulanya berani berulah (ada yang celometan), namun seiring pembelajaran berlangsung peserta didi terlihat fokus pada materi dan kegiatan yang dilakukan.

B. Hasil Observasi Pembelajaran

TemuanTentangkegiatnPembelajaran

Kegiatan pendahuluan

(1) mengondisikan kelas, menata bangku (2) salam, (3) apersepsi dan mengulang materi yang pernah dipelajari (4) pemberian motivaasi.

Kegiatan inti

Peserta didik membaca dan mencermati bersama panduan guru. Kemudian, peserta didi mengamati materi dengan tayangan web media, mengamati materi dengan tayangan video pembelajaran.

Kegiatan akhir

(1) Penguatan akhir dari guru mengenai pembelajaran hari ini
(2) tindak lanjut : guru menampilkan kegiatan lanjutan untuk materi dasar akutansi.


Temuan tentang kegiatan

Pengamatan

Ada siswa yang tertidur, tidak mengikuti instruksi guru untuk memperhatikan materi dan tidak ikuta ktif dalam proses pembelajan.

C. Masalah Atau Kendala Yang Muncul Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Dan Alternatif Pemecah Masalahnya

Peserta didik tidur : di dekati dan di instruksikan untuk cuci muka
Peserta didik tidak memperhatikan : guru berkeliling sambil mengecek satu per satu Peserta didik yang tidak memperhatikan.
Pesrta tidak aktif dalam pembelajaran :ubah strategi yang kiranya mampu mengaktifkan semua peserta didik.

D. Pelajaran Berharga Yang Dapat Dipetik dari Pelaksanaan Pembelajaran

Adapun kurikulum dan strategi pembelajaran yang digunakan, guru perlu dan harus memberikan perhatian pada semua peserta didi dikelas secara merata. Jika hal tersebut dilakukan oleh guru, peserta didik akan termotivasi dan merubah sikap pasif menjadi aktif.

Link Materi: https://bit.ly/DasarAkutansiRegaUNUHA

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun