Kuliah Kerja Nyata - Era milenial merupakan bagian dari perkembangan era digital, pesatnya perkembangan jaman yang semakin canggih menuntut sumber daya manusia yang semakin peka terhadap kemajuan media online.Â
Membaca situasi yang berkembang Tim Pengabdian Masyarakat 46 yang terdiri dari 10 mahasiswa dari berbagai jurusan menyelenggarakan kegiatan Workshop digitalisasi marketing dengan tema "Penerapan digital marketing guna memperluas pangsa pasar pada UMKM wilayah Kelurahan Kedungdoro, Kecamatan Tegalsari, Kota Surabaya", pada hari Senin 18/06/2022.
Acara yang digelar oleh Kelompok 46 KKN Tematik MBKM Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur berupa pelatihan digitalisasi marketing mengenai pendaftaran dan penggunaan aplikasi Google My Business, dengan mengundang pembicara CEO and Founder Kreatiful, Harjuno Yumatri Utomo sebagai narasumber.
Secara umum pengertian digital marketing adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media digital atau internet. Tujuan digital marketing adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat. Ini menjadi kesempatan menjangkau konsumen melalui perangkat, platform, media, data, dan teknologi digital.
Dalam pelatihan digital marketing, dihadiri oleh 30 peserta UMKM dan ibu-ibu PKK Kelurahan Kedungdoro yang sangat antusias dalam jalannya forum.
Saat kegiatan workshop berlangsung, Harjuno Yumatri Utomo sebagai narasumber juga sekaligus CEO and Founder Kreatiful ini memberikan wawasan dan berbagi pengalaman terkait pengembangan platform penjualan online.Â
Harjuno Yumatri Utomo juga menuturkan bahwa "penggunaan google my business ini sangat membantu dalam pemasaran digital para UMKM, karena nantinya aplikasi akan terhubung langsung dengan lokasi atau tempat UMKM melakukan usahanya. Serta di dalam google my business terdapat review atau penilaian pelanggan selama membeli atau memakai jasa UMKM."
Memperhatikan aspek kesuksesan berbisnis online sangat tinggi, Harjuno Yumatri Utomo mengajak para UMKM melakukan pemasaran dengan cara memanfaatkan teknologi yang ada agar tidak tertinggal.
Dalam setiap kegiatan seperti ini tidak hanya momentum atau sekedar kegiatan saja pastinya ada pengamatan dan evaluasi lebih lanjut terutama dalam pengembangan UMKM di kelurahan Kedungdoro yang sedang dilakukan Kelompok 46 KKN Tematik MBKM.Â
Sebagai ketua Nadya Novelia Rahmadanti menuturkan "Digital marketing menjangkau target pelanggan dengan lebih efisien dan efektif melalui media digital yang ada. Dengan begitu, digital marketing diharapkan dapat merangkul konsumen secara lebih cepat, tepat dan luas."
Dalam kegiatan ini juga bertujuan untuk membuka pikiran setiap orang kepada perkembangan teknologi, dengan itulah kita berpijak dan melakukan penjualan secara mudah dan cepat.
"Harapan dari kegiatan ini akan mempermudah UMKM dalam proses pemasaran digital agar tidak tertinggal dengan UMKM lainnya, dan menciptakan UMKM yang kreatif  juga memiliki mental tangguh."
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H