Mohon tunggu...
kknt133kepanjenlor2022
kknt133kepanjenlor2022 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Kelompok 133

Informasi Kegiatan Kelompok 133 KKNT MBKM UPN "Veteran" Jawa Timur 2022 di Kelurahan Kepanjenlor, Kota Blitar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Berbeda, Begini Pondasi KKN UPN Veteran Jawa Timur Mengembangkan UMKM

2 Juni 2022   15:00 Diperbarui: 2 Juni 2022   15:28 334
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Dalam mengembangkan dan memajukan UMKM yang ada di tiap Kelurahan, setiap Kelompok Mahasiswa KKN yang dikirim UPN Veteran Jawa Timur memiliki cara masing-masing yang berbeda-beda. Salah satu contohnya adalah seperti yang dilakukan Kelompok KKN 133 ini, yang dimulai dengan re-branding sebagai pondasi awal dari rentetan program pengembangan  UMKM yang ada di Kepanjenlor. 

Berdasarkan Survei yang telah dilaksanakan, Kelompok KKN 133 sepakat memilih 3 UMKM Potensial untuk dikembangkan lebih dalam melalui program re-branding. Lalu untuk 3 UMKM yang terpilih adalah sebagai berikut ; Rambak Barat Stadion dari RW04, Wedang Secang dari RW06, dan Manisan Belimbing Wuluh dari RW06 juga. Selain karena memiliki potensi, 3 UMKM diatas dipilih karena memenuhi syarat pemenuhan target program dari re-branding itu tersendiri.   

Apa itu re-branding ? re-branding adalah penciptaan tampilan dan nuansa baru untuk produk atau perusahaan yang sudah mapan. Tujuan umum dari rebranding adalah untuk mempengaruhi persepsi pelanggan tentang produk atau layanan atau perusahaan secara keseluruhan dengan merevitalisasi merek dan membuatnya tampak lebih modern dan relevan dengan kebutuhan pelanggan.

Kegiatan re-branding yang dilaksanakan Kelompok KKN 133 meliputi ; nama produk, logo produk, desain supergrafis produk dan kemasan produk. Mengubah aspek-aspek diatas adalah bentuk upaya mendekatkan diri pada konsumen agar produk selalu relevan dengan perkembangan zaman. Dengan melakukan re-branding ini juga dapatmemberikan banyak nilai positif baru seperti konsumen baru, ciri khas baru dan juga value yang baru.

Dokpri
Dokpri

Kegiatan re-branding dimulai dari UMKM "Rambak Barstad" (nama produk dari Rambak Barat Stadion) yang semula memiliki logo dan desain supergrafis kemasan namun sudah nampak tidak relevan dengan perkembangan jaman, kelompok KKN 133 akhirnya melakukan re-branding logo dan desain supergrafis agar dapat terlihat lebih modern dan relevan dengan mata pelanggan. 

Tidak hanya itu, kemasan yang sebelumnya sama seperti produk rambak lain pada umumnya pun diubah dan ditambahkan stiker identitas dengan desain baru yang modern tentunya.

Dokpri
Dokpri

Dilanjut dengan re-branding dari UMKM "Manisan Belimbing Wuluh", tentu akan melalui proses desain ulang logo beserta supergrafis nya dengan tujuan yang sama dengan yang sudah dijelaskan diatas. 

Akan tetapi berbeda dengan produk sebelumnya, untuk produk Manisan ini melakukan pergantian kemasan total agar lebih menarik dan menjual dibanding kemasan sebelumnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun