Mohon tunggu...
KKN DesaSangkanurip
KKN DesaSangkanurip Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa Program Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Kuningan Tahun 2024

Mahasiswa Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Desa Sangkanurip Universitas Muhammadiyah Kuningan' Tahun 2024

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Tingkatkan Produktivitas UMKM, Mahasiswa KKN Adakan Workshop Digital Marketing

16 Agustus 2024   00:16 Diperbarui: 16 Agustus 2024   00:19 13
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi kegiatan workshop digital marketing yang diusung Mahasiswa Program KKN Universitas Muhammadiyah Kuningan yang bertempat di GOR Desa/dokpri

(Kuningan, Selasa 13/08/2024). Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Kuningan (UMK) Desa Sangkanurip telah menggelar kegiatan Workshop Digital Marketing untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang bertempat di Gor Graha Dasawala di Desa Sangkanurip Kecamatan Cigandamekar Kabupaten Kuningan.

Dengan mengusung tema “Optimalisasi Media Sosial untuk Pemasaran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)” workshop tersebut bertujuan untuk membekali para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk memahami strategi Digital Marketing serta keterampilan dalam memanfaatkan Teknologi Digital untuk pengembangan usaha dan peningkatan perekonomian. Dalam kegiatan ini Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) turut mengundang Kepala Desa Sangkanurip dan Perangkat Desa serta Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Desa Sangkanurip. 

Bapak Gunawan Wibiksana selaku Kepala Desa Sangkanurip dalam sambutannya menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan workshop ini. “...Dengan adanya Workshop Digital Marketing sebagai sarana penunjang bagi produk bapak ibu untuk meningkatkan penghasilan dan produktivitas Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Desa Sangkanurip, maka dari itu kami selaku Perangkat Desa mendukung penuh kegiatan yang diusung oleh Mahasiswa program KKN Universitas Muhammadiyah Kuningan ini...” –Ujarnya.

Dokumentasi kegiatan workshop digital marketing yang diusung Mahasiswa Program KKN Universitas Muhammadiyah Kuningan yang bertempat di GOR Desa/dokpri
Dokumentasi kegiatan workshop digital marketing yang diusung Mahasiswa Program KKN Universitas Muhammadiyah Kuningan yang bertempat di GOR Desa/dokpri

Workshop ini diisi oleh Ketua Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kabupaten Kuningan, Bapak Asep Mahpudin, M.Kom selaku Narasumber pada sesi penyampaian materi. Beliau menyampaikan akan potensi besar terhadap permasalahan produk pada beberapa media sosial. Menurut data yang beliau paparkan dalam sesi penyampaian materinya terdapat data per-Januari 2024 bahwa dari 385 miliar pengguna sosial media 90,9 % media sosial yang paling sering digunakan yaitu WhatsApp.

Dokumentasi kegiatan workshop digital marketing yang diusung Mahasiswa Program KKN Universitas Muhammadiyah Kuningan yang bertempat di GOR Desa/dokpri
Dokumentasi kegiatan workshop digital marketing yang diusung Mahasiswa Program KKN Universitas Muhammadiyah Kuningan yang bertempat di GOR Desa/dokpri

Beliau juga memberikan edukasi terhadap pengoptimalan media sosial dalam manajemen pemasaran produk meliputi; WhatsApp, Instagram dan Tiktok. Selanjutnya, pemaparan terkait strategi Digital Marketing, yaitu Teori Marketing Mix meliputi; menentukan dan mengidentifikasi produk, menentukan harga produk, tempat point of sales, dan komunikasi produk ke pelanggan sebagai bentuk pengaplikasian Teori Marketing Mix (Product, Price, Place, Promotion). 

Selain menyampaikan Teori Marketing Mix, beliau juga menjelaskan mengenai jenis-jenis Content Pillar. “...Content Pillar merupakan point utama dalam strategi per-kontenan yang berfungsi sebagai pemandu dalam memberi garis besar tema konten yang menarik perhatian khalayak umum. Yaitu; Promotional, Entertainment, Educational, dan Conversational” –sambungnya.

Dalam kegiatan Workshop ini diikuti oleh 50 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dari setiap Dusun Desa Sangkanurip. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang hadir di kegiatan ini bergerak pada bidang yang variatif. Yaitu; makanan khas/oleh-oleh desa, produksi hasil bumi, pakaian, tekstil, kebutuhan sehari-hari dan usaha kaki lima.

Pada kegiatan Workshop Digital Marketing ini tidak hanya sekedar sesi penyampaian materi akan tetapi para audiens juga diberikan edukasi dan dasar pelatihan terkait pembuatan desain konten promosi produk dengan memanfaatkan aplikasi Canva sebagai aplikasi editing yang mudah dipahami. 

Mahasiswa program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang mengusung kegiatan workshop ini akan memberikan tindak lanjut dengan kunjungan ke beberapa Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) guna membantu dalam menyusun dan mendesain konten promosi produk yang dijual oleh pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) tersebut.

Akhir kata kami selaku mahasiswa KKN berharap dengan adanya Workshop Digital Marketing ini yang bertema “Optimalisasi Media Sosial untuk Pemasaran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)” dapat menunjang serta membantu dan juga meningkatkan tingkat produktivitas pada pemasaran bagi UMKM dalam pengoptimalisasian, pemanfaatan serta manajemen media sosial. 

Penulis: Sinta S, Ayub Z, Juwita F, Fatimah A, M.D Aufa A, Topan S.M

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun