Mohon tunggu...
KKN UIN WS Sragen
KKN UIN WS Sragen Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

KKN MIT 14 UIN Walisongo Semarang 2022 Kelompok 42 Kel. Jatibatur, Kec. Gemolong, Kab. Sragen

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Artikel Opini - Inovasi Pengolahan Pangan Lokal (Kacang Tanah) Hasil Potensi Desa Jatibatur dan Strategi Pemasarannya

22 Agustus 2022   20:40 Diperbarui: 22 Agustus 2022   20:42 867
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Jatibatur merupakan sebuah daerah yang terletak di Kecamatan gemolong Kabupaten sragen. Desa Jatibatur menghasilkan hasil bumi yang melimpah. Hasil bumi tersebut diantaranya singkong, kacang tanah, jagung, tebu, padi dan lain sebagainya. Dengan melimpahnya hasil bumi tersebut masyarakat langsung menjualnya ke distributor maupun langsung ke pasar dengan harga yang relatif murah. 

Masyarakat belum bisa mengolah hasil bumi tersebut menjadi sebuah produk baru yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Dengan adanya mahasiswa KKN MIT DR UIN walisongo kelompok 42 mengadakan sebuah pelatihan pengolahan dan pemasaran produk olahan hasil bumi. 

Pelatihan tersebut diharapkan dapat membantu perekonomian masyarakat dan mengedukasi masyarakat bahwa hasil bumi dapat diolah menjadi berbagai macam makanan.

Kacang tanah merupakan hasil bumi terbanyak yang dihasilkan di desa jatibatur. Kacang adalah salah satu jenis tanaman palawija yang dapat memenuhi peningkatan gizi, terutama sebagai sumber protein dan lemak nabati. (Bamban et al., 2020) Kacang tanah memiliki banyak manfaat. 

Berikut manfaat kacang tanah yang telah penulis rangkum dari beberapa sumber, diantaranya untuk mencegah penyakit jantung, menurunkan kolestrol, mencegah resiko stroke, melancarkan pencernaan, membangun dan memperbaiki sel tubuh serta dapat meningkatkan memori otak.

Selain dapat langsung dikonsumsi, kacang tanah dapat diolah menjadi beberapa produk makanan, antara lain kacang telur, selai kacang, cokelat kacang, kacang karamel dan berbagi olahan lainnya. Kacang yang telah diolah dapat menambah nilai ekonomis dan nilai guna kacang itu sendiri.

 Oleh karena itu kegiatan pengabdian mahasiswa UIN Walisongo mempunyai tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam pengolahan kacang tanah yang diolah menjadi cokeelat kacang dan kacang karamel.

Cokelat kacang merupakan produk olahan yang mudah dipraktekan oleh masyarakat. Dikarenakan alat dan bahan yang digunakan dapat ditemukan dengan mudah dan murah di desa Jatibatur. Alat yang digunakan untuk membuat olahan coklat kacang diantaranya kompor, wajan, panci, cup bolu kecil, sendok dan kemasan produk. 

Sedangkan bahan yang dibutuhkan hanya kacang sangrai, coklat batang dan springkel. Kemudian produk olahan kedua yaitu kacang karamel. Alat yang butuhkan yaitu kompor, wajan, sutil dan bahan yang digunakan antara lain kulit pangsit, kacang sangrai , gula pasir, minyak, air.

Peserta pelatihan dan pendampingan pembuatan produk olahan coklat kacang dan kacang karamel adalah generasi muda, ibu-ibu, yang ada di Desa Jatibatur yang pekerjaannya mayoritas adalah petani.

Setelah mendapatkan keterampilan pengolahan kacang tanah menjadi coklat kacang dan kacang karamel , peserta juga dibekali dengan digital marketing dan pengetahuan manajemen usaha yang baik. Hal tersebut bertujuan agar produk yang dihasilkan masyarakat dapat berkelanjutan dan menjadi usaha yang dapat meningkatkan kesejahteran masyarakat.

Pada era digitalisasi ini, kegiatan komunikasi pemasaran dapat dengan mudah dilakukan melalui media digital. Pemasaran dengan media digital tidak membutuhkan banyak dana. Perusahaan kecil (startup) maupun UKM juga mampu melakukan kegiatan pemasaran tersebut. 

Media digital dapat dikatakan sebagai media yang efektif dan efisien. Dikarenakan selain dengan dana yang cukup hemat, informasi dapat diperoleh kapanpun, dimanapun. (Octavia & Sari, 2019)

Digital marketing yang disosialisasikan yaitu shopee. Shopee adalah platfrom e -- commerce yang ada di beberapa negara salah satunya Indonesia. Pada aplikasi shopee penjual dan pembeli dapat melakukan transaksi dengan mudah , cepat dan aman. Shopee mempunyai rekening bersama untuk menerima uang pelanggan sebelum diberikan ke penjual setelah pelanggan menerima barang. (Mulyoagung-bojonegoro, 2021)

Pengolahan hasil bumi yang dikombinasikan dengan pemasaran yang tepat akan memberikan stimulus yang positif untuk keberlanjutan bisnis yang di rancang.(Anah et al., 2020) Dengan adanya pengolahan kacang tanah dapat memberikan pengaruh yang baik untuk masyarakat diantaranya menambah ketrampilan , wawasan serta dapat membuka lapangan pekerjaan. Selain itu dapat menambah nilai guna dari kacang tanah tersebut.

Oleh: Luthfiyah

Mahsisawa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

UIN Walisongo Semarang

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun