Mohon tunggu...
KKN MIT 18 Posko 59
KKN MIT 18 Posko 59 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UIN Walisongo Semarang

Kami adalah Mahasiswa UIN Walisongo Semarang, akun ini akan berisi aktivitas kami selama KKN di Desa Cepokomulyo, Kec. Gemuh, Kab. Kendal

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pelatihan Digital Marketing sebagai Strategi Meningkatkan Penjualan UMKM Desa Cepokomulyo, Kab. Kendal

13 Agustus 2024   15:41 Diperbarui: 13 Agustus 2024   15:41 52
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cepokomulyo- Kab.Kendal. Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) MIT ke-18 Tematik UIN Walisongo Semarang meluncurkan inisiatif sebuah workshop "Strategi Digital Marketing di Era 5.0 untuk pengembangan UMKM" di desa Cepokomulyo, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal. Workshop dilaksanakan pada hari Senin 4 Agustus 2024 di Balai Desa Cepokomulyo (04/08)

Di era sekarang ini, digitalisasi sangat diperlukan untuk para pelaku UMKM. Selain untuk meningkatkan penjualan dari produk mereka, digitalisasi berguna untuk membranding atau memperkenanklan produk ke masyarakat yang lebih luas. Di desa Cepokomulyo, UMKM cukup banyak seperti Konveksi Jeans, Keripik, Catering, Fashion, MUA dan masih banyak lagi. Namun, Mahasiswa KKN MIT Posko 59 menyadari bahwa di desa tersebut masih belum mengoptimalkan penjualan melalui platform-platform digital. 

Tujuan dari workshop tersebut adalah untuk memberikan informasi kepada pelaku UMKM mengenai penjualan produk dari mereka dengan memanfaatkan digital marketing seperti era sekarang ini. Dalam pelatihan ini, mahasiswa KKN bekerjasama dengan salah satu dosen Polines dan dosen praktisi UIN Walisong Semarang sekaligus seorang Entrepreneur di bidang F&B.

Salah satu aspek penting dari pelatihan ini adalah pelaku UMKM dapat membuat Google Profile Business sehingga produk mereka mudah dicari oleh konsumen dan mempromosikan produk melalui platform digital seperti, Instagram, Facebook dan TikTok. 

"Semoga dengan pelatihan ini, bapak ibu semua semangat jualan dan rajin bikin konten buat menarik konsumen. Kalau masih belum bisa bikin konten ajak kerjasama influence Kendal untuk bekerjasama" ujar Pak Misbakhul Arezzqi, S.E., M.M. selaku narasumber dari workshop tersebut.

Melalui kolaborasi antara Mahasiswa KKN, Perangkat Desa, dan Pelaku UMKM Desa Cepokomulyo pelatihan tersebut berjalan dengan baik dan mendapat antusias yang begitu tinggi dari para pelaku UMKM. Sehingga, dapat membantu warga maupun UMKM untuk meningkatkan penjualan dari produk mereka.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun